5 Tips Lolos Tes Wawancara Sekolah Kedinasan, Bonus Contoh Pertanyaan!

Calon taruna akan melewati berbagai jenis seleksi masuk saat pendaftaran, salah satunya tes wawancara sekolah kedinasan. Kira-kira contohnya apa dan apa saja tipsnya?

Ditulis Oleh Nofa

On January 3, 2024
"

Baca

Tes Wawancara Sekolah Kedinasan –  Dalam menjalani seleksi masuk sekolah kedinasan, kamu akan melewati beberapa proses termasuk tes wawancara. Tentunya tes wawancara ini lebih menantang karena akan dilakukan secara langsung/lisan dengan pengujinya. Banyak juga yang merasa tidak fokus dan menjawab dengan gagap karena grogi. Nah, berikut kami berikan tips-tips untuk lolos tes wawancara sekolah kedinasan.

Contoh Pertanyaan dalam Tes Wawancara Sekolah Kedinasan

Sebelum membahas tips-tipsnya, kamu harus tau pertanyaan-pertanyaan apa saja yang biasanya akan ditanyakan oleh penguji saat wawancara.

1.    Pertanyaan dalam Tes Wawancara Masuk Kedinasan Tentang Diri Sendiri

Untuk di fase awal, kamu pasti akan ditanyai seputar identitas kamu. Cara kamu memperkenalkan diri juga pasti akan dinilai karena semakin baik kamu mengenalkan diri, artinya semakin baik juga kamu mengenal diri kamu sendiri. Berikut beberapa pertanyaannya:

  • Coba ceritakan tentang dirimu.
  • Lulusan dari sekolah mana?
  • Organisasi apa yang pernah kamu ikuti?
  • Apa keahlian yang kamu miliki di luar akademik?
  • Apa kelebihan dan kekurangan kamu?
  • Mengapa kami harus menerima kamu?

Baca juga: Sekolah Kedinasan Poltekim: Prodi, Seleksi Masuk dan Persyaratannya

2.    Pertanyaan dalam Tes Wawancara Masuk Kedinasan Tentang Loyalitas dan Komitmen

Kemudian wawancara akan berlanjut dengan pertanyaan-pertanyaan yang menguji loyalitas dan komitmen kamu sebagai calon taruna/taruni. Berikut beberapa contoh pertanyaannya.

  • Apakah kamu bersedia tidak menikah selama masa pendidikan?
  • Apakah kamu siap untuk ditempatkan di daerah terpencil dan jauh dari tempat tinggal?
  • Apakah kamu siap untuk menjalani ikatan dinas yang merupakan program pendidikan dalam jangka waktu tertentu?
  • Apakah kamu siap membawa nama baik ikatan dinas dan juga perguruan tinggi yang bersangkutan?
  • Apakah kamu siap mengabdi untuk negara?
  • Apakah kamu siap menyelesaikan studi tepat waktu?

Tips Lolos Tes Wawancara Sekolah Kedinasan

Dalam menjalani tes wawancara ini, ada beberapa tips yang bisa kamu persiapkan untuk diterapkan dalam sesi wawancara nanti, yaitu:

1.    Menggunakan Pakaian yang Sopan dan Sesuai

Kesan pertama yang baik akan lebih membawa peluang besar untuk lolos. Jadi pastikan kamu datang dengan menggunakan pakaian yang sesuai dengan ketentuan, rapi dan sopan pastinya. Biasanya dalam pengumuman, pihak kampus akan memberikan ketentuan busana, yang biasanya diharuskan memakai kemeja putih, celana bahan hitam, dan sepatu berwarna hitam. Untuk peserta putri yang berkerudung juga diharuskan memakai kerudung warna hitam.

Pastikan juga untuk memakainya dengan rapi, sudah disetrika dan tidak lecek. Selain pakaian, kamu juga harus on time atau tepat waktu, ya!

2.    Menjaga Sikap

Tips selanjutnya adalah dengan menjaga sikap, apalagi saat berhadapan dengan para penguji. Tunjukkan sikap sopan, dan usahakan untuk selalu tersenyum ramah. Menatap mata para penguji juga jadi poin penting untuk memberikan sikap yakin dan percaya diri, lho.

Tapi jangan sampai dengan sikap percaya diri kamu ini membuat kamu terkesan sombong. Jadi kamu tetap harus mengontrol diri kamu supaya tidak berlebihan. Hindari untuk melakukan hal-hal yang tidak penting, seperti memainkan jari tangan, kaki yang terus bergerak, atau melihat-lihat sekitar. Jadi pandangan mata kamu juga harus lurus dan yakin.

3.    Menonjolkan Kemampuan Bahasa dan Keterampilan

Kemampuan bahasa yang baik juga bisa jadi faktor pendukung untuk meloloskan kamu dalam tahap wawancara, lho. Ini bisa jadi semacam prestasi, dan tidak hanya kemampuan bahasa saja. Contohnya kalau kamu merupakan atlet yang terbiasa menekuni olahraga bahkan pernah mengikuti kejuaraan, kamu bisa menonjolkan itu dengan cara penyampaian yang baik dan tidak terkesan sombong tentunya.

4.    Menjawab dengan Jujur

Menjawab pertanyaan dengan percaya diri memang bagus, tapi jangan lupa kalau penguji juga akan menilai kejujuran kamu. Jadi jawablah pertanyaan yang diberikan dengan jawaban sebetulnya, tidak perlu melebih-lebihkan yang tidak ada. Karena kalau kamu menjawab dengan kebohongan, nantinya kamu juga yang akan rugi dan kesusahan untuk membuktikannya.

5.    Mempersiapkan Diri dengan Matang

Karena tes wawancara akan berbentuk pertanyaan lisan yang harus langsung dijawab di depan penguji, kamu wajib sekali mencari kisi-kisi apa saja yang biasanya akan ditanyakan. Lalu untuk memperlancar diri kamu dalam menjawab, kamu bisa berlatih di depan cermin untuk membuat simulasi wawancara. Kamu bisa juga meminta bantuan teman atau saudara kamu untuk berlatih layaknya penguji dan peserta.

Jadi itu dia contoh pertanyaan dan tips lolos tes wawancara sekolah kedinasan. Kalau kamu ingin belajar dengan lebih maksimal, Indonesia College siap membantu kamu untuk lolos seleksi kedinasan. Tentornya profesional dan berhasil meloloskan ratusan siswa di PTK favorit! Yuk gabung, ada banyak pilihan Bimbel Kedinasan juga, lho.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *