Sekolah Kedinasan Poltekim: Prodi, Seleksi Masuk dan Persyaratannya

Sekolah kedinasan Poltekim menjadi salah satu PTK yang paling banyak diminati. Yuk cari tau informasi mengenai Poltekim ini.

Ditulis Oleh Nofa

On December 30, 2023
"

Baca

Sekolah Kedinasan Poltekim – Poltekim atau Politeknik Imigrasi merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Republik Indonesia. Pada awalnya, Poltekim didirikan pada tahun 1962, tepatnya 21 Desember. Namun sempat terhenti dan pada akhirnya pada tahun 2000 difungsikan kembali. Sebelumnya Poltekim memiliki nama Akademi Imigrasi (AIM).

Lokasinya saat ini berada di Jalan Raya Gandul No. 4, RT. 07 / RW. 08, RT.5/RW.6, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat 16514.

Pilihan Program Studi

Poltekim menyediakan 4 pilihan program studi dengan program vokasi atau diploma, mulai dari Diploma III sampai dengan Diploma 4. Visi yang dimiliki oleh Poltekim adalah menjadikan Sumber Daya Manusia Imigrasi yang memiliki kecerdasan intelektual, emosial, dan juga kecerdasan spiritual.

Sedangkan untuk Misinya adalah menanamkan nilai-nilai juang untuk membentuk sikap pembiasaan beribadah, berakhlak mulia, belajar terus menerus, berkarya, bermanfaat, bersahaja dan juga bersih hati. Berikut pembagian program studinya:

Baca juga: Mengulik Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

1.    Program Studi D-IV Manajemen Teknologi Keimigrasian

Program studi ini sudah terakreditasi “Sangat Baik” dengan surat keputusan Nomor 2531/SK/BAN-PT/Ak-PKP/ST/IV/2020. Tujuannya adalah untuk menghasilkan lulusan yang unggul dalam akademik dan profesional yang mampu merancang, menganalisis dan mengimplementasikan teknologi informasi serta jaringan terutama dalam bidang keimigrasian.

2.    Program Studi D-IV Hukum Keimigrasian

Program studi ini terakreditasi “Baik” dengan SK Nomor 13313/SK/BAN-PT/Akred/ST/XII/2021. Tujuan dari prodi ini adalah menghasilkan lulusan yang berkualitas yang menguasai ilmu hukum keimigrasian untuk memecahkan permasalahan hukum keimigrasian dan mendorong adanya inovasi atau perkembangan hukum keimigrasian baru yang lebih responsif dan juga bermanfaat bagi masyarakat.

3.    Program Studi D-IV Administrasi Keimigrasian

Program studi ini juga sudah terakreditasi “Baik” dengan surat keputusan Nomor 13134/SK/BAN-PT/Akred/ST/XII/2021. Tujuannya adalah menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman dan berbagai macam kompetensi yang relevan dengan Administrasi Keimigrasian. Lulusannya diharapkan bisa memenuhi kebutuhan dan pekerjaan bidang keimigrasian lokal, nasional, regional maupun internasional.

4.    Program Studi D-III Keimigrasian

Pilihan program studi terakhir ada Keimigrasian yang ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan teknis dalam menerapkan, mengembangkan, serta menyebarluaskan pengetahuan dan keterampilan teknis substantif Keimigrasian yang mampu berfikir analitik dan konseptual dalam mengembangkan Keimigrasian.

Tes Seleksi Masuk Poltekim

  1. Seleksi Administrasi (Verifikasi Berkas Unggah)
  2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD), meliputi:
    • Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
    • Tes Intelegensia Umum (TIU)
    • Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
  3. Seleksi Lanjutan, meliputi:
    • Seleksi Kesehatan
    • Seleksi Kesamaptaan
    • Seleksi Tulis Psikotes dan Wawancara Psikotes
    • Seleksi Wawancara, Pengamatan Fisik dan Keterampilan (WPFK)

Persyaratan Pendaftaran

Dalam seleksi masuknya, Poltekim yang merupakan sekolah kedinasan ini menerapkan beberapa persyaratan yang akan menyeleksi calon mahasiswanya. Berikut beberapa persyaratan umumnya:

  1. Warga Negara Republik Indonesia (Laki-laki/Perempuan);
  2. Pendidikan SLTA / Sederajat;
  3. Usia minimal 17 tahun dan maksimal 23 tahun 0 bulan 0 hari pada awal (dibuktikan dengan Akta Kelahiran/surat keterangan lahir);
  4. Tinggi Badan bagi Laki-laki minimal 170 cm, sedangkan bagi Perempuan minimal 160 cm, dengan berat badan seimbang (ideal) dan akan diukur saat tes kesehatan oleh Tim Medis yang telah ditunjuk Panitia;
  5. Berbadan sehat, tidak ada kecacatan fisik maupun mental, bebas HIV/AIDS, bebas Narkoba, penglihatan normal (tidak kacamata atau softlens), tidak tuli, tidak bisu, tidak buta warna, dan tidak pernah mengalami patah tulang;
  6. Bagi Laki-laki tidak bertato/bekas tato dan tidak memiliki tindik / bekas tindik di anggota tubuh manapun;
  7. Bagi Perempuan tidak bertato/bekas tato dan tidak memiliki tindik / bekas tindik pada anggota badan selain di telinga (sepasang);
  8. Belum pernah menikah (baik secara negara, adat maupun agama) dan dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah/ Kepala Desa setempat dan sanggup untuk tidak menikah selama mengikuti pendidikan;
  9. Bagi perempuan belum pernah melahirkan, dan bagi laki-laki belum pernah memiliki anak biologis;
  10. Bersedia untuk ditempatkan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Imigrasi dan Pemasyarakatan di seluruh wilayah Indonesia;
  11. Tidak sedang menjalani ikatan dinas / pekerjaan dengan instansi / perusahaan lain;

Demikianlah informasi seputar sekolah kedinasan Poltekim. Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk ikut seleksi, maksimalkan diri dengan ikut Bimbel Kedinasan Poltekim di Indonesia College yang sudah memiliki tentor profesional, yuk! Lembaga kami juga sudha berpengalaman lebih dari 30 tahun, lho. Ada Bimbel Kedinasan lainnya juga, tunggu apa lagi!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *