Mengulik Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung menjadi sekolah kedinasan sosial yang berada di bawah naungan Kementerian Sosial. Pendidikan ini menyelenggarakan program vokasi atau diploma, dan juga magister.

Ditulis Oleh Nofa

On December 28, 2023
"

Baca

Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung – Poltekesos Bandung merupakan perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang secara resmi berada di bawah naungan Kementerian Sosial. Didirikan pada 1 September 1964 dan terletak di Jl. Ir. H. Juanda No.367, Kelurahan Dago, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40135. Lembaga ini menjadi lembaga pendidikan tertua di Indonesia yang menyelenggarakan Pendidikan Profesional Pekerjaan Sosial.

Poltekesos Bandung juga sudah terakreditasi “Baik Sekali” berdasarkan Surat Keputusan No 247/SK/BAN-PT/Akred/PT/III/2021. Yuk gali lebih dalam informasi seputar Poltekesos Bandung ini!

Sejarah Berdirinya Poltekesos Bandung

Tahun 1954, dimulai dengan Kursus Dinas Sosial A (KSDA), menjadi Kursus Kejuruan Sosial Tingkat Tinggi (KKST) pada 1957. Lalu pada 1964, dibentuk Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) menyelenggarakan Program Sarjana Muda Kesejahteraan Sosial.

Hingga 1970, STKS hanya menawarkan Pendidikan Profesional Pekerjaan Sosial setingkat Sarjana Muda. Kemudian akhirnya pada 1971, program ditingkatkan menjadi Sarjana (S-1). Tapi pada 1985, program sarjana muda dihapus. Jadi STKS menyelenggarakan program Diploma III dan Sarjana, dan sejak 1989/1990, menjadi Program Diploma IV.

Baca juga: 6 Pilihan Jurusan Politeknik AUP Jakarta dan Informasi Lengkap Lainnya

Pengakuan resmi STKS oleh Departemen Sosial RI datang pada 1991. Pada tahun 2000, lembaga pendidikan ini diizinkan untuk membuka dua jurusan baru yakni: Rehabilitasi Sosial dan Pengembangan Sosial Masyarakat. Status Kedinasan STKS Bandung dikukuhkan pada 2001 melalui Keputusan Presiden RI, dan STKS saat itu berada di bawah naungan Departemen Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial RI.

Setelah Departemen Sosial RI kembali pada 2001, STKS Bandung kembali menjadi Perguruan Tinggi Kedinasan di bawahnya. Mulai 2006/2007, program studi Profesi Pekerjaan Sosial (Sp-1) dibuka dengan dua konsentrasi, serta Program Pendidikan Pascasarjana dengan Institut Pertanian Bogor.

Pada 2018, STKS membuka Program Studi Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial serta Program Studi Rehabilitasi Sosial. Dan pada Juli 2019, berganti status menjadi Politeknik Kesejahteraan Sosial sesuai rekomendasi Kemristekdikti.

Program Pendidikan Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung

Poltekesos Bandung saat ini sudah menyelenggarakan Program Diploma IV dan juga Magister. Berikut lebih lengkapnya:

1.    Program Studi D-IV Pekerjaan Sosial

Program studi ini jadi program studi pertama Poltekesos Bandung, karena bermula dari masih bernama STKS Bandung yakni pada dengan gelar Ahli Kesejahteraan Sosial (A.K.S). Kemudian tahun 1999 lulusan Program Pendidikan Diploma IV Pekerjaan Sosial memperoleh gelar Sarjana Sains Terapan (S.ST) dan pada 2015 lalu berubah menjadi gelar Sarjana Terapan Pekerjaan Sosial (S.Tr.Sos) yang berlaku sampai sekarang.

2.    Program Studi D-IV Perlindungan dan Pemberdayaan Sosial

Program studi ini merupakan salah satu syarat yang diberikan oleh Keputusan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor: 436/KPT/I/2018,  untuk pengajuan perubahan kelembagaan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) menjadi Politeknik Kesejahteraan Sosial, dan berhasil diresmikan pada bulan Juli 2019.

3.    Program Studi D-IV Rehabilitasi Sosial

Program studi ini juga merupakan salah satu syarat untuk pengajuan perubahan kelembagaan Sekolah Tinggi Kesejahteraan Sosial (STKS) menjadi Politeknik Kesejahteraan Sosial, yang kemudian diresmikan pada bulan Juli 2019.

4.    Program Studi S2 Pekerjaan Sosial

Selain program pendidikan Diploma IV, Poltekesos Bandung juga sudah menyediakan program magister terapan atau S2 untuk para alumni Pekerja Sosial yang ingin lebih mendalami keilmuan pekerjaan sosial.

Fasilitas Penunjang yang Disediakan

Untuk menunjang pendidikan supaya para mahasiswanya bisa nyaman dan ilmunya terserap secara maksimal, Poltekesos Bandung menyedikan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan, seperti:

  1. Ruang Kuliah
  2. Ruang Ujian
  3. Laboratorium Profesi Pekerjaan Sosial
  4. Laboratorium Bahasa
  5. Laboratorium Komputer
  6. Perpustakaan dan Instalasi
  7. Auditorium
  8. Ruang Kelas
  9. Sarana Kesenian
  10. Auditorium
  11. Ruang TIPD (Teknologi Informasi dan Pangkalan Data)
  12. Gedung Rektorat
  13. Kendaraan Operasional
  14. Ruangan Pertemuan
  15. Ruang Security
  16. Layanan Publik Disabilitas
  17. Lahan Parkir Kendaraan untuk Mahasiswa dan Pegawai
  18. ATM Center
  19. Ruangan Unit Kegiatan Mahasiswa
  20. Poliklinik

Nah, demikianlah informasi seputar Politeknik Kesejahteraan Sosial Bandung, mulai dari sejarah, program pendidikan sampai dengan fasilitasnya. Bagaimana, apakah kamu tertarik melanjutkan di Poltekesos Bandung ini?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *