Serba-Serbi Sekolah STPN: Pendidikan, Prospek Kerja dan Pendaftarannya

Sekolah STPN merupakan sekolah pertanahan yang menyelenggarakan pendidikan secara terpadu dengan prospek kerja yang menjanjikan. Berikut informasi selengkapnya mengenai STPN ini.

Ditulis Oleh Nofa

On December 4, 2023
"

Baca

Sekolah STPN – Dalam banyaknya aspek darat yang penting untuk dipelajari dan juga menjadi aspek penting kemasyarakatan, ilmu pertanahan masuk dalam salah satu aspek tersebut. Terdapat satu perguruan tinggi pertanahan yang diselenggarakan langsung oleh Badan Pertanahan Nasional RI dan berlokasi di Jl. Tata Bhumi No. 5, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta, 55293. Namanya STPN, dan berikut penjelasan lebih lanjut mengenai sekolah pertanahan ini.

Serba-Serbi Sekolah STPN

Berdiri sejak tahun 1963 dan menjadi salah satu perguruan tinggi kedinasan tertua di Indonesia. Pada mulanya, lembaga pendidikan ini menggunakan nama Akademi Agraria. Bernaung di bawah Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN).

Meskipun sekolah ini merupakan sekolah kedinasan, tapi sekolah ini tidak menerapkan program ikatan dinas sebagaimana kebanyakan perguruan tinggi kedinasan lain. Jadi tidak ada jaminan bahwa setelah lulus nanti alumninya bisa langsung diangkat menjadi CPNS atau ditempatkan di kementerian/lembaga pemerintahan secara resmi.

Baca juga: Mengenal Akademi Angkatan Laut: Prodi, Pangkat AAL, dan Cara Masuknya

Meski begitu, lulusannya tetap memiliki kesempatan yang besar untuk bisa berkarir di pemerintahan atau bahkan membuka jasa sendiri. Nah, untuk program studinya disediakan dua pilihan, sebagai berikut:

Program Studi:

  1. D-I PPK (Pengukuran dan Pemetaan Kadastral) : Akreditasi A dari BAN-PT No. 14002/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-I/XII/2021
  2. D-IV Pertanahan : Akreditasi B dari BAN-PT No. 14022/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/ST/XII/2021

Sistem Pendidikan

Sekolah Tinggi Pertanahan Negara (STPN) ini menjadi satu-satunya sekolah kedinasan yang berfokus pada pertanahan dengan menyelenggarakan pendidikan secara komprehensif, dan menekuni secara spesifik mengenai keahlian ini.

Dengan perspektif ini, STPN juga menyelenggarakan pembelajaran dengan porsi 40% teori dan 60% praktik. Untuk mata kuliah yang diajarkan sendiri bisa dikelompokkan menjadi 3 klasifikasi, yakni: Mata Kuliah Umum (MKU), Mata Kuliah Dasar Keahlian (MKDK), dan Mata Kuliah Keahlian (MKK).

Mahasiswa diwajibkan mengikuti mata kuliah baik yang teoritis maupun praktiknya. Untuk praktiknya sendiri selain dilaksanakan di laboratorium dan melalui Praktik Kerja Lapangan (PKL), mahasiswa wajib juga mengikuti Kuliah Kerja Nyata Pertanahan Terpadu – Praktik Tata Laksana Pertanahan (KKNPT-PTLP) yang dilaksanakan di kantor-kantor pertanahan BPN RI guna memantapkan kemampuan mahasiswa untuk bisa menerapkan di ruang lingkup profesinya nanti.

Prospek Kerja Lulusan STPN

  • Mengikuti Tes CPNS atau PPPK atau PPNPN (Pegawai Pemerintah Non Pegawai Negeri) sesuai dengan formasi yang tersedia di Kementerian ATR/BPN, dan juga di kementerian/lembaga lain atau juga di pemerintah daerah
  • Bekerja di Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) baik secara individu maupun kelompok atau perusahaan
  • Bekerja pada Kantor Jasa Surveyor Berlisensi (KJSB) sebagai Surveyor maupun Asisten Surveyor Kadastral (ASK) Berlisensi
  • Bekerja di Kantor Jasa Penilai Publik (KJPP)
  • Bekerja di Kantor Pejabat Pembuat Akta Tanah (PPAT)
  • Bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam Pengelolaan Aset Tanah/Properti
  • Pengusaha Jasa untuk Layanan Bidang Agraria/Pertanahan dan Tata Ruang
  • Bekerja pada Pengembang Properti

Persyaratan Umum

  • Pria/Wanita Warga Negara Indonesia
  • Sehat jasmani dan rohani, tidak mengalami buta warna total
  • Bebas dari ketergantungan narkoba serta memenuhi standar kesamaptaan dibuktikan dengan tes kesehatan dan kesamaptaan yang dilaksanakan pada seleksi tahap akhir
  • Tidak bertato/bekas tato, tidak bertindik/bekas tindik di telinga atau di anggota tubuh lain, kecuali karena ketentuan adat/agama (Bagi wanita tidak diperbolehkan bertindik lebih dari sepasang dan diperbolehkan hanya di telinga)
  • Berusia tidak kurang dari 15 tahun, dan tidak lebih dari 23 tahun pada masa pendaftaran bagi lulusan SMA/MA/SMK/sederajatnya, dan tidak kurang dari 15 tahun serta tidak lebih dari 23 tahun pada masa pendaftaran bagi lulusan program Diploma I PPK
  • Tidak menuntut untuk diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS)
  • Khusus untuk peserta dari jalur kerja sama pemerintah daerah, persyaratan lainnya ditentukan berdasarkan perjanjian kerja sama

Tata Cara Pendaftaran

  1. Melakukan registrasi online di website penerimaan.stpn.ac.id
  2. Membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 175.000 sesuai dengan nomor BRIVA (BRI Virtual Account)
  3. Mengisi formulir pendaftaran online dengan lengkap
  4. Mengunggah berkas:
    • Pas foto (latar belakang foto biru untuk D-I PPK, dan latar belakang foto merah untuk D-IB Pertanahan)
    • Scan ijazah/surat keterangan lulus (bagi lulusan tahun 2023)
    • Scan transkrip nilai untuk pendaftar dari program studi D-I PPK
    • Scan rapor kelas X (semester I dan semester II); kelas XI (semester I dan semester II); kelas XII (semester I dan semester II untuk lulusan tahun 2022 dan sebelumnya)
    • Scan KTP/KK
    • Scan konversi nilai matematika (untuk rapor yang harus dikonversi nilainya)
    • Scan surat pernyataan bermaterai Rp 10.000 (sesuai yang dipersyaratkan di pengumuman)
  5. Cetak kartu ujian (sesuai dengan rentang waktu yang ditentukan di pengumuman)
  6. Untuk lebih detail lihat di pengumuman tentang Seleksi Penerimaan Taruna Baru (SPTB) jalur umum STPN tahun akademik 2023/2024

Alur Pendaftaran Tahun 2023/2024

No.PelaksanaanTanggal
1Pendaftaran dan Seleksi Administrasi Online13 April – 24 Juni 2023
2Pengumuman Hasil Seleksi Administrasi dan Jadwal Ujian CBT27 Juni 2023
3Seleksi Ujan Tulis menggunakan Computer Based Test (CBT)4 – 8 Juli 2023
4Pengumuman Hasil Seleksi Ujian Tulis Computer Based Test11 Juli 2023
5Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Akhir (Cadangan)24 Juli 2023
6Pemanggilan dan Seleksi Tahap Akhir (Cadangan)21 – 22 Juli 2023
7Pengumuman Hasil Seleksi Tahap Akhir (Lulus Utama)20 Juli 2023
8Seleksi Tahap Akhir (Tes Kesehatan, Kesamaptaan, Wawancara dan Validasi Berkas)13 – 15 Juli 2023
9Daftar Ulang/Registrasi Online (Lulus Utama dan Cadangan)20 Juli – 11 Agustus 2023
10Masuk Asrama14 – 16 Agustus 2023
11Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Taruna Baru (PKKTB)21 – 25 Agustus 2023
12Awal Pendidikan/Perkuliahan28 Agustus 2023

**untuk jadwal pendaftaran tahun 2024 belum ada pengumuman terbaru, untuk informasi lengkapnya bisa cek secara berkala di website resmi https://penerimaan.stpn.ac.id/.

Demikian informasi seputar sekolah STPN yang berlokasi di Yogyakarta ini. Silahkan cek website resmi untuk informasi lebih lanjut. Semoga bermanfaat.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTINDEPHUBPOLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *