Sekolah Kedinasan Polstat STIS: Prodi, Fasilitas, Prospek Kerja dan Persyaratannya

Sekolah kedinasan Polstat STIS menjadi pendidikan wajib untuk bisa berkerja menjadi ASN di BPS. Cek informasi selengkapnya di sini!

Ditulis Oleh Nofa

On November 24, 2023
"

Baca

Sekolah Kedinasan Polstat STIS – Sekolah kedinasan statistika menjadi salah satu sekolah incaran untuk melanjutkan pendidikan. Apalagi dengan adanya jaminan kerja dan diangkat menjadi PNS setelah lulus. Biaya pendidikannya pun gratis karena sudah ditanggung oleh pemerintah. Yuk kenal lebih lanjut mengenai sekolah kedinasan Polstat STIS ini!

Seputar Politeknik Statistika STIS

Politeknik Statistika (Sekolah Tinggi Ilmu Statistika) adalah kepanjangan dari Polstat STIS. Perguruan tinggi kedinasan ini berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik Republik Indonesia (BPS RI). Lokasinya sendiri ada di Jl Otto Iskandardinata No 64C Rt 1 Rw 4, Bidara Cina, Kec. Jatinegara, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

Program Studi

  • D3 Statistika
  • D4 Statistika
  • D4 Komputasi Statistik

Selama pendidikan, kamu tidak akan membayar biaya kuliah, kecuali biaya pendaftaran di awal. Kamu juga akan mendapatkan seragam gratis beserta dengan atributnya, kecuali untuk tas. Untuk fasilitas yang tersedia sendiri ada laboratorium, ruang kesenian, perpustakaan, klinik, mesin absen fingerprint, auditorium dan kantin.

Prospek Kerja Lulusan Polstat STIS

Lulusan Politeknik Statistika STIS memiliki prospek kerja yang baik, dan sudah dijamin oleh instansi/lembaga Badan Pusat Statistik itu sendiri. Nah masing-masing program studinya memiliki prospek kerja sebagai berikut:

1.    Lulusan D3 Statistika

Karena sejak awal pendidikan, program studi ini sudah menerapkan program ikatan dinas, maka lulusannya bisa dijamin diangkat menjadi CPNS dengan golongan II/c dan bisa ditempatkan di kantor BPS di wilayah Indonesia. Untuk lebih tepatnya lulusan D3 Statistika akan menjadi Koordinator Statistik Kecamatan (KSK).

Dalam melaksanakan tugasnya, KSK akan berada di bawah komando BPS kabupaten/kota. Kemampuan yang harus dimiliki adalah menggunakan software statistik seperti Ms. Excel dan SPSS serta bisa menginterpretasikannya.

2.    Lulusan D4 Statistika

Nah untuk prospek kerja program studi ini, nantinya bisa menjadi tenaga perencana survei atau sensus, pengolahan data hasil survei/sensus, dan analisis statistik. Untuk lulusan dengan peminatan ekonomi akan melakukan kegiatan statistik, seperti: statistik harga-harga, produk domestik bruto, produktivitas industri dan pertanian, dan sistem neraca secara integrasi dan komprehensif.

Untuk peminatan sosial dan kependudukan sendiri akan melakukan kegiatan statistik seperti: proyeksi penduduk, kemiskinan, pengangguran, kerawanan sosial, kondisi kesehatan, sanitasi dan lingkungan, dan penyusunan indeks pembangunan manusia. Nah untuk lulusannya pun akan diangkat menjadi CPNS dengan penempatan di seluruh wilayah BPS di Indonesia, baik di pusat, provinsi maupun kabupaten/kota.

3.    Lulusan D4 Komputasi Statistik

Selanjutnya lulusan program studi ini ditujukan untuk bisa menjadi ahli komputasi statistik yang paham akan pengetahuan jaringan, pemrograman komputer dan juga pengolahan data dengan kombinasi metode stastitik dan algoritma data mining.

Contohnya penguasaan official statistics, aplikasi statistik, penerapan teknologi informasi dan pengembangan sistem informasi statistik. Lulusannya akan langsung menjalani magang di BPS, sambil persiapan pemberkasan untuk diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di BPS seluruh wilayah Indonesia.

Persyaratan Umum Pendaftaran Polstat STIS

  • Sehat jasmani dan rohani, dengan artian bisa bekerja dan beraktivitas di dalam maupun di lapangan, serta bebas narkoba.
  • Tidak buta warna (total/parsial), sedangkan untuk penderita rabun dengan menggunakan kacamata/lensa kontak (minus atau plus) bisa ditoleransi dengan ukuran maksimal 6 dioptri.
  • Merupakan lulusan atau siswa kelas 12 SMA/SMK/Sederajatnya di bidang Teknologi Informasi
  • Memiliki nilai Matematika (Umum) dan bahasa Inggris minimal 80,00 (Skala 1 s/d 100) atau 3,20 (skala 1,00 s/d 4,00) di ijazah atau nilai raport semester gasal untuk kelas 12
  • Minimal Usia 16 tahun dan maksimal 22 tahun saat pendaftaran
  • Berstatus lajang atau belum menikah, dan bersedia tidak menikah selama masa pendidikan sampai dengan pengangkatan PNS
  • Tidak sedang menjalankan ikatan dinas dengan instansi lain
  • Bersedia mematuhi peraturan Polstat STIS
  • Bersedia menandatangani Surat Perjanjian Ikatan Dinas (SPID) untuk yang lulus seleksi
  • Bersedia ditempatkan sesuai pilihan formasi penempatan saat pendaftaran ketika sudah lulus nanti
  • Bersedia tidak mengajukan pindah lokasi penempatan selama 7 tahun sejak diangkat menjadi PNS, kecuali jika ada kebutuhan organisasi

Jadi bagaimana, menarik sekali bukan untuk melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan Polstat STIS ini? Kamu jadi mau ambil program studi apa? Yuk maksimalkan diri kamu supaya lolos seleksi dengan ikut Bimbel Kedinasan Polstat STIS di Indonesia College. Tentor kami ahli di bidangnya dan lembaga kami berpengalaman lebih dari 30 tahun. Tunggu apa lagi! Banyak Bimbel Kedinasan lainnya juga.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTINDEPHUBPOLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *