Lulusan Baru Ingin Masuk PKN STAN? Ketahui Dulu Yuk Lulusan PKN STAN Kerja Apa!

PKN STAN jadi sekdin yang banyak peminat dan persaingannya sangat ketat. Kira-kira lulusan PKN STAN kerja apa nantinya ya?

Ditulis Oleh Nofa

On March 26, 2024
"

Baca

PKN STAN Kerja Apa –  PKN STAN menjadi sekolah kedinasan di bidang keuangan yang menjadi incaran banyak lembaga pemerintahan. Lulusan STAN juga berpeluang besar untuk menjadi ASN yang bisa ditempatkan di banyak lembaga pemerintahan baik negeri maupun daerah. Yuk kita simak, kira-kira lulusan PKN STAN bisa kerja apa saja?

Pilihan Program Studi PKN STAN

Pada penerimaan mahasiswa baru (PMB) tahun 2023 lalu, PKN STAN hanya menawarkan 3 program studi saja dengan jenjang Diploma IV dengan melalui sistem seleksi sekolah kedinasan, yaitu:

  • Diploma IV akuntansi sektor publik
  • Diploma IV manajemen keuangan negara
  • Diploma IV manajemen aset publik.

Selain Diploma IV, sebenarnya PKN STAN masih membuka jurusan di jenjang Diploma III, namun pendaftarannya hanya berlaku bagi alumni yang merupakan lulusan program Diploma I.

Jadi Lulusan PKN STAN Kerja Apa?

PKN STAN menjadi sekolah kedinasan yang lulusannya bisa menjadi CPNS di berbagai instansi pemerintahan. Untuk sebagian besarnya, lulusan STAN banyak ditempatkan di Kementerian Keuangan, namun ada juga penempatan di instansi pemerintahan lain, seperti:

Baca juga: Cek! Ini Sekolah Kedinasan yang Boleh Mata Minus

1.    Direktorat Jenderal Pajak (DJP)

Perpajakan tentu membutuhkan seseorang yang paham di bidang keuangan, terutama dalam pajak. Nah lulusan PKN STAN bisa juga dibutuhkan di kantor DJP untuk merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang perpajakan sesuai dengan kebijakan yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan, dan menyesuaikan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

2.    Direktorat Bea dan Cukai

Kebutuhan selanjutnya akan lulusan PKN STAN adalah di bidang kepabeanan dan cukai, yang kemungkinan besar lulusannya akan ditempatkan di pelabuhan atau juga di bandara.

3.    Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN)

Selanjutnya Direktorat Jenderal Kekayaan Negara atau DJKN juga setiap tahunnya akan banyak membutuhkan lulusan-lulusan PKN STAN untuk bertugas merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang kekayaan negara, piutang negara dan lelang, yang akan disesuaikan dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku.

4.    Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN)

Lembaga pemerintahan Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPBN) juga akan menerima banyak lulusan PKN STAN dalam formasi CPNS, yang akan ditugaskan dalam merumuskan dan melaksanakan kebijakan di bidang perbendaharaan negara, dengan berdasarkan kebijakan dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

5.    Instansi Pemerintah Lainnya

Tidak cuma di lembaga pemerintahan tadi, karena instansi pemerintah lain juga masih banyak yang akan membutuhkan lulusan PKN STAN untuk mengisi posisi yang dibutuhkan. Instansinya antara lain:

  • Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian
    • Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman
    • Kementerian Pertahanan
    • Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional
    • Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas)
    • Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
    • Badan Pemeriksa Keuangan
    • Badan Pengawasan dan Pembangunan Keuangan
    • Badan Narkotika Nasional.

Rata-Rata Gaji Lulusan PKN STAN

Gaji CPNS akan menyesuaikan pada masing-masing golongan. Nah lulusan PKN STAN golongannya akan berbeda setiap jenjang pendidikan. Berdasarkan PMK Nomor 226/PMK.01/2020, lulusan program D3 STAN akan diangkat menjadi CPNS golongan IIC. Sementara untuk lulusan D1 STAN ada di golongan IIA. Lulusa D4 akan berada di golongan IIIA, disamakan dengan lulusan S1.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 15 Tahun 2019 tentang Perubahan Ke-delapan Belas atas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977, nominal gaji lulusan STAN adalah sebagai berikut:

  • Lulusan PKN STAN program D1: Rp 2.022.200-Rp 3.373.600 (PNS golongan IIa)
  • Lulusan PKN STAN program D3: Rp 2.301.800-Rp 3.665.000 (PNS golongan IIc)
  • Lulusan PKN STAN program D4: Rp 2.579.400-Rp 4.236.400 (PNS golongan IIIa)

Tapi di samping gaji pokok tersebut, lulusan STAN juga masih akan mendapatkan tunjangan. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 156 Tahun 2014, tunjangan kinerja terkecil di instansi pemerintahan Kemenkeu RI adalah tukin jabatan kelas 1, yakni Rp 2.575.000. Sedangkan untuk tukin terbesar merupakan tukin jabatan kelas 27, yang nominalnya sebesar Rp 46.950.000.

Jadi sudah ada bayangan kan lulusan PKN STAN kerja apa nantinya? Terbukti prospek karirnya sangat cerah. Yuk segera menyusul dengan daftar seleksi PKN STAN. Karena seleksinya sangat ketat, kamu bisa maksimalkan persiapan kamu dengan ikut Bimbel STAN di Indonesia College. Materinya lengkap akurat dan dibimbing tentor yang profesional! Sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun, lho!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *