Mengenal Politeknik Ketenagakerjaan: Visi Misi, Prodi dan Tahapan Tesnya

Politeknik Ketenagakerjaan merupakan sekolah kedinasan yang dikelola langsung oleh kementerian Ketenagakerjaan. Yuk cari tau selengkapnya mengenai sekolah kedinasan ini!

Ditulis Oleh Nofa

On January 20, 2024
"

Baca

Politeknik Ketenagakerjaan – Polteknaker menjadi perguruan tinggi kedinasan yang dikelola oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia. Namun, sekolah kedinasan ini tidak menerapkan program ikatan dinas, yang artinya tidak ada jaminan jadi ASN untuk lulusannya nanti. Untuk saat ini sekolah ini berlokasi di Jl. Pengantin Ali No.71A, RT.7/RW.6, Ciracas, Kec. Ciracas, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Lalu dalam sistem pendidikannya apa saja yang akan dipelajari? Polteknaker akan memberikan pengajaran mengenai disiplin ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang terkait dengan ketenagakerjaan.

Kementerian Ketenagakerjaan memiliki tujuan dalam membentuk Polteknaker ini yaitu ingin berkontribusi sekaligus mengembangkan sistem pendidikan vokasi di bidang ketenagakerjaan dengan 3 prodi, supaya bisa menghasilkan SDM yang profesional pada aspek ketenagakerjaan sebagai solusi mengatasi masih tingginya angka perselisihan industrial dan menurunkan angka kecelakaan kerja.

Baca juga: Tidak Semuanya Taruna! Ini 3 Jenis Panggilan Untuk Mahasiswa Kedinasan

Visi Misi

Setiap lembaga pendidikan pasti akan memiliki visi dan misi sebagai patokan atau pandangan dalam memperbaiki kualitas pendidikannya. Berikut visi dan misi dari polteknaker:

VISI

Menjadi Politeknik Unggul untuk Menghasilkan Sumber Daya Manusia yang mampu menangani bidang Ketenagakerjaan dalam Persaingan Era Global

MISI

  • Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang ketenagakerjaan
  • Melakukan penelitian terapan di bidang ketenagakerjaan
  • Melakukan kegiatan pengabdian masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat di bidang Ketenagakerjaan
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di Bidang Ketenagakerjaan, Berakhlak Mulia, Mandiri, Profesional dan Berdaya Saing
  • Mendharmabaktikan keahlian di bidang Ketenagakerjaan dan memperkuat kemitraan dengan dunia usaha/industri

Program Studi di Politeknik Ketenagakerjaan

Polteknaker saat ini menyediakan 3 pilihan program studi, yakni:

1.    D-IV Relasi Industri

Memiliki daya tampung 30 mahasiswa dengan pembagian 9 untuk Seleksi Berdasarkan Prestasi) dan 21 untuk (Seleksi Berdasarkan Tes). Untuk program studi D-IV Relasi Industri (RI) ini sudah memiliki Akreditasi Baik.

Tujuan dalam didirikannya program studi ini adalah untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang kompeten dan profesional di bidang ketenagakerjaan, khususnya dalam hubungan industrial. Kurikulumnya digunakan dengan mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Negara (SKKNI) di bidang hubungan industrial.

2.    D-IV Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Prodi K3 ini memiliki daya tampung yang sama dengan prodi Relasi Industri. Yakni jumlah total kuota masuk 30 mahasiswa. 9 mahasiswa untuk yang berhasil masuk jalur Seleksi Berdasarkan Prestasi (SBP) dan 21 untuk mahasiswa jalur masuk Seleksi berdasarkan Tes (SBT).

Untuk program studi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) ini sudah memiliki Akreditasi Baik. Tujuan dari diadakannya program studi ini adalah untuk mencetak SDM yang kompeten dan profesional dalam bidang ketenagakerjaan, khususnya di bidang keselamatan dan kesehatan kerja. SDM ini nantinya juga bisa berguna baik di pemerintahan maupun dunia industri/usaha.

3.    D-III Manajemen Sumber Daya Manusia

Terakhir ada program studi Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) yang memiliki daya tampung 30 mahasiswa, dengan pembagian yang sama yakni 9 mahasiswa dari jalur masuk Seleksi Berdasarkan Prestasi (SBP) dan 21 mahasiswa dari jalur masuk Seleksi Berdasarkan Tes (SBT).

Program Studi MSDM ini sudah memiliki Akreditasi Baik. Untuk kurikulum ditetapkan dengan mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) dan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) bidang Manajemen Sumber Daya Manusia berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor 149 tahun 2020.

Rangkaian Tes Seleksi PMB berdasarkan Tes

Nah untuk kamu yang berencana melanjutkan di Polteknaker, kamu bisa mempersiapkan diri untuk menjalani rangkaian tes seleksi masuk. Tahapannya antara lain sebagai berikut:

  • UTBK (Ujian Tulis Berbasis Komputer) bertujuan untuk mengukur potensi kognitif, penalaran matematika, literasi dalam Bahasa Indonesia, dan literasi dalam Bahasa Inggris;
  • LGD (Leaderless Group Discussion);
  • Essay;
  • Psikotes;
  • Wawancara Orang Tua/Wali;

Demikianlah informasi seputar Politeknik Ketenagakerjaan, mulai dari program studi sampai dengan rangkaian tes seleksi masuknya. Jadi rencana kamu mau masuk di prodi mana?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *