Tidak Semuanya Taruna! Ini 3 Jenis Panggilan Untuk Mahasiswa Kedinasan

Sekolah kedinasan menerapkan panggilan yang berbeda kepada mahasiswanya. Berikut 3 panggilan untuk mahasiswa kedinasan yang perlu kamu tau.

Ditulis Oleh Nofa

On January 17, 2024
"

Baca

Panggilan Untuk Mahasiswa Kedinasan – Mahasiswa adalah panggilan untuk peserta didik di bangku perkuliahan. Tapi klasifikasi instansi perkuliahan sendiri memiliki beberapa jenis, yakni Perguruan Tinggi Negeri, Swasta dan Kedinasan. Nah untuk PTN dan PTS, peserta didik biasa dikenal dengan mahasiswa. Tapi untuk Kedinasan, memiliki panggilan yang berbeda-beda menyesuaikan instansinya. Yuk cari tau panggilan-panggilannya!

3 Jenis Panggilan untuk Mahasiswa Kedinasan

Sekolah kedinasan merupakan tingkat perguruan tinggi yang sistem pendidikannya cukup berbeda dengan perguruan tinggi negeri dan swasta. Tingkat kedisiplinan sekolah kedinasan jauh lebih tinggi, karena memang ditujukan untuk menyiapkan calon-calon abdi negara. Jadi mereka akan dibentuk untuk patuh dan taat serta cinta tanah air. Berikut 3 panggilan untuk mahasiswa kedinasan:

1.     Taruna

Panggilan pertama yang menjadi mayoritas sebutan di PTK adalah Taruna, dan Taruni untuk peserta didik wanita. Panggilan ini berlaku di sekolah-sekolah kedinasan berbasis Matra Militer. Taruna/Taruni ini juga akan mendapatkan pendidikan On the Job Training (OJT) sebagai bekal dalam terjun ke dunia kerja nantinya.

Sekolah kedinasan yang menerapkan panggilan taruna/taruni ini antara lain: AKMIL, Kemenhub, Akpol, Poltekim, Poltekip, STMKG, dan STIN. Nantinya lulusannya akan berperan dalam menjaga keamanan negara di berbagai sektor.

Baca juga: Kenalan dengan Poltekpel Sulut: Jurusan dan Persyaratan Pendaftarannya

2.     Praja

Sekolah kedinasan yang menggunakan sebutan Praja ini adalah Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN).  Setelah lulus nanti mereka akan memiliki pamong praja; pamong berarti pelayan, pegawai, pengurus, pengasuh; dan praja berarti rakyat, atau masyarakat. Jadi tugas utama mereka memang akan menjadi pegawai masyarakat di instansi pemerintahan dalam negeri.

Ada beberapa tingkatan penyebutan Praja ini, antara lain:

  • Muda Praja: merupakan tingkatan awal untuk mahasiswa baru di IPDN. Sistem pendidikannya adalah penanaman, yang berarti akan ditanamkan sebuah mindset sebagai langkah paling awal.
  • Madya Praja: merupakan tingkatan kedua di IPDN yang artinya juga tingkat menengah. Sistem pendidikan madya akan meningkat, karena mereka akan mendapatkan pembelajaran.
  • Nindya Praja: merupakan tingkat tiga yang diharapkan bisa menerapkan ilmu yang sudah dipelajari dalam tingkatan muda dan madya sebelumnya.  
  • Wasana Praja/Praja Utama: merupakan tingkatan akhir di IPDN yang artinya sama dengan dewasa. Diharapkan praja menjadi manusia seutuhnya dengan ilmu yang matang dan bisa diterapkan di kehidupan.

3.     Mahasiswa

Tidak hanya berlaku di perguruan tinggi negeri dan swasta saja, panggilan mahasiswa juga berlaku di sekolah kedinasan seperti di PKN-STAN dan Polstat STIS.  Mahasiswa ini memiliki peran dalam perubahan yang memiliki legalitas untuk berkomunikasi langsung dengan pemimpin pemerintahan. Bedanya dengan Taruna dan Praja, Mahasiswa bisa berkontribusi di sektor swasta dan bisa juga membuka usaha sendiri.

Ketiga jenis panggilan ini tentunya berkesempatan besar untuk menjadi ASN setelah lulus nanti. Dengan 3 panggilan yang berbeda itu juga, mereka akan berkarir di bidang yang berbeda-beda juga.

Taruna akan berfokus pada pertahanan negara, praja akan berkarir dengan menjalankan amanah atau tugas penting dalam pemerintahan negara, dan mahasiswa bisa berkontribusi dalam negara dan swasta. Ketiga panggilan ini juga sangat populer yang mewakilkan setiap lembaga pendidikannya.

Mereka juga akan mengemban tanggung jawab besar, karena pendidikannya akan ditanggung langsung oleh negara. Maka dari itu diharapkan nantinya lulusannya bisa menjadi SDM yang unggul dan mengabdi kepada negara.

Demikian informasi seputar 3 jenis panggilan untuk mahasiswa kedinasan. Kalau kamu sedang mempersiapkan diri masuk sekolah kedinasan, bisa maksimalkan bekal kamu dengan ikut Bimbel Kedinasan di Indonesia College. Tentornya profesional dan sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Jangan sampai ketinggalan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *