Cara Masuk AAU: Prospek Karir, Syarat, dan Alur Pendaftarannya

Akademi Angkatan Udara (AAU) merupakan sekolah penerbangan kemiliteran Republik Indonesia yang memiliki peran penting dalam pertahanan udara negara. Nah, bagaimana cara masuk AAU ini?

Ditulis Oleh Nofa

On November 30, 2023
"

Baca

Cara Masuk AAU – Akademi Angkatan Udara atau bisa disingkat AAU menjadi sekolah penerbangan kemiliteran unggulan yang ada di Indonesia. Pendidikannya bertujuan untuk mencetak perwira Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara (TNI AU). Dengan tujuan ini pula, lembaga akademi ini menerapkan program ikatan dinas yang selama pendidikannya gratis dan lulusannya langsung diangkat menjadi CPNS.

Mengenal Akademi Angkatan Udara

Akademi Angkatan Udara (AAU) menyediakan program pendidikan di bidang penerbangan dengan berfokus pada beberapa bidang keahlian, seperti penerbangan itu sendiri, navigasi, teknik dan lainnya. Karena pendidikan ini juga menerapkan sistem kemiliteran, tentunya mereka juga menanamkan nilai-nilai nasionalisme yang kuat kepada peserta didiknya.

Contohnya nilai-nilai kepemimpinan, kedisiplinan, serta menanamkan rasa dedikasi yang tinggi untuk bisa menghadapi berbagai situasi dan tugas darurat di masa depan nanti. Dengan begitu lulusannya akan menjadi sumber daya manusia yang unggul, berkomitmen, siap dalam mengemban tugas dan profesional.

Baca juga: Jurusan di STPI Curug: Sejarah dan Fasilitasnya yang Super Lengkap

Untuk lembaga pendidikan ini didirikan pada 15 November 1945 dan merupakan bagian dari TNI Angkatan Udara. Berlokasi di Jl Raya Solo – Yogyakarta, Maredan, Sendangtirto, Kec. Kalasan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281.

Memiliki Motto Vidya Karma Vira Pakca, yang artinya “Vidya” (ilmu pengetahuan), “Karma” (perbuatan, amal perjuangan, bakti), “Vira” (sifat kesatria, berani, jujur dan bijaksana), dan “Pakca” (sayap, melindungi, mengemban tugas dan menjaga).

Program studi yang disediakan, antara lain:

  • Teknik Aeronautika Pertahanan
  • Teknik Elektronika Pertahanan
  • Teknik Manajemen Industri Pertahanan

Prospek Karir Lulusan AAU

Meskipun lulusan AAU ini sudah jelas akan menjadi TNI Angkatan Udara, namun untuk posisi karir yang bisa dikerjakan ada beberapa peluang, seperti:

  • Penerbang: menerbangkan pesawat tempur atau juga transportasi militer di angkatan udara
  • Teknisi: menjadi teknisi dalam teknologi dan maintenance pesawat angkatan udara
  • Tenaga Kesehatan: mengabdi sebagai tenaga medis di angkatan udara untuk yang tertarik mendalami bidang kesehatan
  • Keamanan: berkontribusi dalam menjaga keamanan dan pertahanan negara

Syarat-Syarat Pendaftaran

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
  3. Setia kepada NKRI dan menaati Pancasila serta UUD 1945
  4. Berusia minimal 17 tahun 9 bulan dan maksimal 22 tahun saat waktu pendaftaran
  5. Bersedia menandatangani surat perjanjian bermaterai untuk mengikuti program ikatan dinas pertama keprajuritan selama 10 tahun
  6. Bersedia untuk ditempatkan di seluruh wilayah NKRI
  7. Tidak sedang kehilangan hal sebagai prajurit berdasarkan putusan pengadilan dengan kekuatan hukum tetap
  8. Tidak ada catatan kriminal tertulis dari kepolisian RI
  9. Membawa kartu BPJS/KIS/Kartu Jaminan Kesehatan yang masih aktif, surat keterangan bebas COVID-19 dari Rumah Sakit setempat, dan sertifikat vaksin COVID-19
  10. Laki-laki atau perempuan, bukan berstatus TNI/Polri maupun PNS
  11. Lulusan SMA/MA jurusan IPA, SMK penerbangan jurusan airframe powerplant dan avionics, atau sekolah luar negeri yang setara SMA jurusan IPA
  12. Bagi lulusan sekolah luar negeri wajib memiliki ijazah penyetaraan SMA IPA yang sudah disahkan Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen) Kemendikbudristek
  13. Belum pernah menikah dan sanggup untuk tidak menikah selama masa pendiikan
  14. Sudah mendapatkan persetujuan dari orang tua/wali
  15. Orang tua atau wali bersedia menandatangani surat pernyataan tidak melakukan suap/kolusi pada pihak manapun
  16. Calon peserta yang sudah bekerja secara tetap sebagai karyawan atau pegawai wajib, untuk:
    • Menyertakan surat persetujuan dari kepala jawatan bersangkutan
    • Bersedia diberhentikan dari status pegawai atau karyawan jika diterima menjadi taruna/taruni AAU
  17. Ketentuan nilai:
    • Lulusan 2018, nilai UN rata-rata minimal 46,00
    • Lulusan 2019, nilai UN rata-rata minimal 47,50
    • Lulusan 2020, nilai rata-rata rapor semester 1-6 minimal 70 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, Fisika, dan tidak mendapat nilai lain di bawah 60.
    • Lulusan 2021 – 2023, nilai rata-rata rapor semester 1-6 minimal 75 untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Biologi, Matematika, Kimia, Bahasa Inggris, Fisika, dan tidak mendapat nilai lain di bawah 65.
  18. Untuk calon pendaftar yang memiliki keterampilan khusus seperti menguasai bahasa Inggris, Rusia, Prancis, Korea, Cina dan bahasa lainnya diharapkan melampirkan sertifikat/piagam serta berprestasi minimal juara tingkat nasional
  19. Wajib mengikuti dan lulus pemeriksaan/pengujian administrasi, skrining dokumen, kesehatan umum, kesehatan jiwa, kesamaptaan jasmani, akademik, Tes Potensi Akademik (TPA), penelitian personel, dan observasi kemampuan bahasa asing secara tertulis maupun wawancara

Cara Daftar Taruna AAU

  1. Mendaftar melalui situs http://diajurit.tni-au.mil.id/register atau mendaftar langsung di tempat
  2. Isi data diri dengan benar, lalu lanjutkan login di situs http://diajurit.tni-au.mil.id/login_auth dengan username dan password yang sudah diverifikasi di email
  3. Lengkapi biodata, mulai dari data diri, pendidikan, orang tua dan data penghargaan
  4. Cetak kartu Daftar Online
  5. Mendatangi lanud yang ditunjuk untuk melakukan daftar ulang, dan membawa dokumen asli beserta 2 lembar salinannya:
  6. Akta Kelahiran atau surat kenal lahir berlegalisir pejabat berwenang
  7. Ijazah pendidikan terakhir sesuai persyaratan, dan sudah dilegalisasi pejabat berwenang sesuai dengan Permendiknas No. 59 Tahun 2008
  8. Melampirkan surat keterangan kelas 12 SMA/MA/Sederajat dari kepala sekolah, bagi yang belum lulus sekolah
  9. KTP calon pelamar
  10. KTP orang tua/wali
  11. KK orang tua/wali
  12. Pas Foto hitam putih ukuran 4 x 6 (2 lembar)
  13. Surat pendaftaran online yang sudah dicetak

Untuk menjadi taruna AAU, kamu sebaiknya bisa mempersiapkan diri dan pastikan sebelum mendaftar sudah sesuai dengan syarat-syarat yang ditentukan. Jadi itu dia informasi lengkap cara masuk AAU. Maksimalkan persiapan dan jadi TNI AU dengan ikut Bimbel Kedinasan AAU di Indonesia College, yuk! Kamu akan dapat pelatihan yang sesuai dengan tentor yang profesional. Ada juga Bimbel Kedinasan lainnya, lho!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTINDEPHUBPOLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *