28 Sekolah Kedinasan yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK, Lulus Langsung CPNS!

Kamu gagal mendaftar sekolah kedinasan karena gagal dalam nilai UTBK? Ini sekolah kedinasan yang tidak menggunakan nilai UTBK.

Ditulis Oleh Nofa

On April 27, 2024
"

Baca

Sekolah Kedinasan yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK – UTBK menjadi salah satu seleksi masuk perguruan tinggi yang harus diikuti lulusan SMA/SMK sederajat untuk masuk perguruan tinggi incaran. Namun ternyata, sebagian sekolah kedinasan juga sudah mulai menerapkan syarat menggunakan nilai UTBK dalam pendaftaran.

Tentu ada sebagian calon peserta yang merasa keberatan karena keputusan ini. Tapi tenang, masih ada banyak pilihan sekolah kedinasan yang tidak menggunakan nilai UTBK. Yuk simak penjelasannya sampai habis!

Daftar Sekolah Kedinasan yang Tidak Menggunakan Nilai UTBK

UTBK merupakan singkatan dari ujian tulis berbasis komputer yang dilaksanakan oleh panitia Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru/Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (SNPMB BPPP). Skor yang didapatkan setelah melaksanakan tes UTBK bisa digunakan oleh lulusan SMA/SMK sederajat untuk mendaftar di PTN dengan melalui jalur SNBT (Seleksi Nasional Berdasarkan Tes) dan juga mendaftar sekolah kedinasan.

Sekolah kedinasan yang sudah menerapkan nilai UTBK sebagai syarat pendaftarannya adalah PKN STAN dan juga Poltek SSN. Sedangkan sekolah kedinasan yang belum menggunakannya antara lain:

Baca juga: Mau Lanjut Pendidikan di Kota Pelajar? Ini Referensi Sekolah Kedinasan yang Ada di Jogja

Kementerian Perhubungan (Kemenhub):

Kemenhub menjadi kementerian yang memiliki banyak sekali pilihan sekolah kedinasan dengan pembagian di matra darat, laut dan udara. Semuanya belum menerapkan ketentuan menggunakan nilai UTBK sebagai syarat pendaftarannya. Di antara banyaknya sekolah kedinasan Kemenhub, berikut rinciannya yang sudah tersebar di seluruh Indonesia:

  1. Politeknik Transportasi Darat Indonesia
  2. Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) Madiun
  3. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ) Tegal
  4. Politeknik Transportasi Sungai, Danau, dan Penyeberangan Palembang (Poltektrans SDP) Palembang
  5. Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali
  6. Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta
  7. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar
  8. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya
  9. Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang
  10. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sumatera Barat
  11. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Banten
  12. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Malahayati Aceh
  13. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Barombong
  14. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sorong
  15. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Sulawesi Utara
  16. Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) Curug
  17. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Makassar
  18. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan
  19. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya
  20. Akademi Penerbang Indonesia (API) Banyuwangi
  21. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Jayapura
  22. Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Palembang

Kementerian Hukum dan HAM

Kemenkumham juga memiliki 2 sekolah kedinasan yang sama-sama belum menerapkan ketentuan menggunakan nilai UTBK sebagai syarat pendaftarannya. 2 sekolah kedinasan tersebut di antaranya:

  • Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)
  • Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Kementerian Dalam Negeri

Kemudian ada Kemendagri yang memiliki satu sekolah kedinasan yang dinaunginya. Peserta didik dalam sekolah kedinasan ini biasanya disebut sebagai Praja. Sekolah kedinasannya yakni:

  • IPDN (Institut Pemerintahan Dalam Negeri)

Badan Intelijen Negara (BIN)

Tidak hanya kementerian saja, BIN sebagai lembaga pemerintahan non kementerian juga memiliki sekolah kedinasan yang akan menghasilkan lulusan di bidang intelejen untuk berkontribusi dalam hal keamanan negara. Sekolah kedinasannya yaitu:

  • Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Badan Pusat Statistik (BPS)

lembaga pemerintahan non kementerian di bidang Statistik juga berkontribusi dalam menyumbang sekolah kedinasan. BPS ini belum menerapkan nilai UTBK sebagai syarat pendaftarannya. Sekolah kedinasannya yaitu:

  • Politeknik Statistika STIS

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG)

Lembaga pemerintahan BMKG ini juga memiliki satu sekolah kedinasan yang lulusannya akan langsung ditarik untuk bekerja di unit BMKG dengan penempatan di seluruh Indonesia. Sekolah kedinasannya yakni:

  • Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Jadi bagi kamu yang batal mendaftar di IPDN maupun Poltek SSN karena tidak memiliki nilai UTBK, bisa beralih ke sekolah kedinasan lainnya dari referensi di atas. Untuk kamu yang butuh bimbel masuk Kedinasan, Indonesia College sangat recommended untuk kamu coba karena sudah berhasil meloloskan ribuan siswanya ke sekolah kedinasan impian. Materinya lengkap efektif dan tentornya profesional. Yakin masih ragu?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *