Lagi Mempersiapkan Tes Mental Ideologi untuk Jadi TNI/Polisi? Intip Contoh Pertanyaannya Berikut

Persiapan masuk kedinasan Akmil, Polri maupun Unhan selain harus mempersiapkan tes fisik, ada juga tes mental ideologi. Yuk ketahui seputar tes ini dan bagaimana contoh pertanyaannya?

Ditulis Oleh Nofa

On January 31, 2024
"

Baca

Tes Mental Ideologi – Dalam persiapan masuk Akmil, Polri maupun Unhan, tidak hanya fisik saja yang harus dipersiapkan. Melainkan mental yang juga akan dites nantinya dengan tes mental ideologi. TNI dan Polisi sendiri merupakan abdi negara yang berperan penting dalam menjaga keamanan negara Republik Indonesia. Maka dari itu seleksi masuk TNI dan Polisi sangat ketat dan akan memerlukan banyak tes demi menjaring kandidat terbaik yang bisa berkontribusi dalam mengamankan negara.

Pengenalan Singkat Tes Mental Ideologi

Tes mental ideologi ini merupakan penilaian kondisi jiwa calon peserta terhadap bagaimana cara pandang, cita-cita, nilai serta keyakinannya yang ingin disampaikan di kehidupan nyata dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Kamu yang sedang mempersiapkan diri, harus memahami tentang Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.

Kamu juga bisa mempelajari seputar hukum, perundang-undangan, dan memperluas wawasan nusantara, serta sadar bela negara Indonesia. Sebenarnya tes ini akan menyerupai tes mental kepribadian (PMK) yang digunakan dalam seleksi calon anggota TNI.

Baca juga: Macam-Macam Seleksi Kesamaptaan Sekolah Kedinasan

Nah bentuk tesnya akan dibagi dalam dua jenis, yakni tes tertulis dan wawancara. Keduanya sama-sama penting dalam penilaian calon anggota. Beberapa hal yang harus diperhatikan saat akan melangsungkan tes, antara lain:

  1. Berpenampilan Rapi: dengan memperhatikan kerapihan dab kebersihan seragam yang dikenakan. Penampilan akan selalu menjadi sorotan pertama yang memberikan kesan baik/buruknya.
  2. Perawatan Rambut: sebelum menjalani tes, pastikan untuk merapikan rambut dengan mencukur pendek untuk pria dan wanita.
  3. Tegas dalam Berbicara: baik saat memperkenalkan diri maupun saat menjawab pertanyaan, pastikan untuk menjawab secara tegas dan jelas serta tidak ragu-ragu.
  4. Tetap Tenang: rasa gugup dan tegang pasti ada, apalagi saat menghadap penguji. Tapi ketenangan akan sangat dinilai untuk menilai bahwa kamu siap menghadapi berbagai situasi nantinya.
  5. Pandangan Tajam: ini akan memastikan kamu fokus dalam sesi wawancara.
  6. Hindari Gerakan Tidak Perlu: banyak orang yang gampang terdistraksi/terganggu dan melakukan gerakan yang tidak perlu secara spontan. Sebisa mungkin hindarilah, hindari gerakan tambahan yang tidak perlu, seperti memainkan jari atau kaki.
  7. Posisi Duduk Siap: meskipun kamu harus bersikap tenang, tapi pastikan kamu untuk mempertahankan posisi siap baik saat duduk maupun dalam setiap pergerakan. Namun jangan terlalu kaku juga.

Materi Tes Mental Ideologi TNI/POLRI

Akan ada beberapa materi tes yang harus kamu persiapkan, berikut pembagiannya beserta contoh pertanyaannya:

1.    Materi Seputar TNI/POLRI

Materi pertama yang akan diujikan akan seputar ambisi kamu untuk menjadi TNI/Polri. Penguji akan menilai dari beberapa pertanyaan, contohnya seperti:

  • Sudah berapa kali kamu mencoba mendaftar TNI/Polri?
  • Apa tujuan mendaftar TNI/Polri?
  • Apakah kamu memiliki saudara di lingkungan TNI/Polri? Dan lain sebagainya.

2.    Materi Keagamaan

Tentunya materi ini akan berisi pertaanyaan-pertanyaan seputar hal umum berbau keagamaan. Contohnya:

  • Ada berapa agama yang diakui di Indonesia dan apa saja kitabnya serta apa nama tempat ibadahnya?
  • Sebutkan rukun iman (bagi yang beragama Islam)
  • Sebutkan rukun islam (bagi yang beragama Islam), Apakah kamu dapat membaca Al-Qur’an (bagi islam) atau kitab sucimu? dan lain sebagainya.

3.    Materi Seputar Pancasila dan Komunis

Untuk materi ini akan membahas seputar dasar-dasar kenegaraan dan nasionalisme calon taruna. Contoh soalnya adalah sebagai berikut:

  • Apa dasar negara Indonesia?
  • Apa itu Pancasila?
  • Apa lambang negara Indonesia?
  • Terdiri dari berapa Sila dalam Pancasila ?
  • Sebutkan Apa itu UUD 1945?
  • Terdiri dari berapa alenia UUD 1945?
  • Coba sebut dan bacakan Pembukaan UUD 1945!
  • Apa pendapatmu tentang amandemen pada batang tubuh UUD 1945?
  • Pendapatmu tentang di lakukannya amandemen pada batang tubuh UUD 1945?
  • Jelaskan alasannya Apa itu Komunisme?
  • Siapa pencetus Komunisme?, dan lain sebagainya.

Jadi itu dia informasi seputar pengenalan tes mental ideologi dan contoh pertanyaan yang biasa diberikan oleh penguji. Kalau kamu sedang mempersiapkan diri masuk Akmil atau Polri, pastikan untuk memaksimalkan kemampuan kamu dengan ikut Bimbel Kedinasan Akmil dan Akpol di Indonesia College. Materinya akurat, tentor profesional dan sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun. Ada bimbel kedinasan lainnya juga, jangan sampai ketinggalan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *