Tahapan Ini Banyak Menggugurkan Peserta! Apa Itu SKD Kedinasan?

Pendaftaran sekolah kedinasan memiliki beberapa tahapan, salah satunya adalah SKD. Apa itu SKD kedinasan? Yuk simak pembahasannya!

Ditulis Oleh Nofa

On April 1, 2024
"

Baca

Apa Itu SKD Kedinasan – Dalam mendaftar sekolah kedinasan, kamu dan para peserta lainnya akan melalui beberapa tahapan seleksi mulai dari administrasi, SKD, tes kesehatan dan kesamaptaan, psikotes dan wawancara, serta pantukhir. Beberapa juga sudah mulai menerapkan hasil UTBK-SNBT. Namun dalam semua tahapan itu, SKD menjadi tahapan yang paling banyak menggugurkan peserta, lho.

Mengenal Apa Itu SKD Kedinasan

SKD biasanya digunakan pada seleksi CASN atau CPNS, namun berlaku di seleksi masuk sekolah kedinasan karena pendidikan sekdin akan mempersiapkan mahasiswa/taruna/prajanya untuk mengabdikan diri menjadi CASN setelah lulus nanti dengan penempatan di lembaga pemerintahan pusat maupun daerah.

SKD Kedinasan merupakan singkatan dari Seleksi Kemampuan Dasar yang merupakan salah satu tahapan seleksi sekolah kedinasan yang berbasis CAT atau Computer Assisted Test bagi calon taruna, praja dan juga mahasiswa sekolah kedinasan tergabung dalam sistem seleksi sekolah kedinasan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Baca juga: Wajib Diperhatikan! Ini Syarat Tinggi Badan Sekolah Kedinasan 2024

Tujuan dari seleksi SKD ini di antaranya adalah untuk menggali pengetahuan, keterampilan, sikap dan juga perilaku calon taruna, praja dan mahasiswa seputar wawasan nasional, regional dan juga internasional. Tahapan ini berguna juga untuk menguji kemampuan verbal, kuantitatif, penalaran, adaptasi, pengendalian diri, integritas, inisiatif dan juga semangat berprestasi peserta.

Dari tahapan Seleksi Kemampuan Dasar (SKD) ini, terdapat 3 pembagian tes yakni Tes Karakteristik Pribadi (TKP), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan juga Tes Wawasan Kebangsaan (TWK). Untuk lamanya tes SKD berlangsung sudah ditetapkan melalui keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KepmenPANRB) RI No 137 Tahun 2023, yang berlangsung selama 100 menit.

Jumlah Soal dan Bobot Nilai SKD

Dari 3 pembagian tes SKD, TKP akan terdiri dari 45 soal, TIU berjumlah 35 soal, dan TWK 30 soal. Setiap jenis tesnya akan diberi bobot dan nilai ambang batas yang berbeda setiap soalnya. Setiap peserta diwajibkan untuk bisa melampaui nilai ambang batas dan juga masuk dalam urutan peraih terbaik sesuai ketentuan yang dapat lanjut ke tahapan selanjutnya.

  • Untuk bobot nilai TIU dan TWK: Nilai jawaban benar poin 5, sedangkan jawaban salah atau tidak menjawab bernilai 0
  • Untuk bobot nilai TKP: Nilai jawaban benar maksimal 5, dan paling rendah adalah 1, sedangkan yang tidak menjawab bernilai 0

Berdasarkan KepmenPANRB RI No 137 Tahun 2023, nilai ambang batas atau passing grade SKD untuk sekolah kedinasan bagi penerimaan Mahasiswa/Praja/Taruna Sekolah Kedinasan Pada Kementerian/Lembaga Tahun Anggaran 2023 adalah sebagai berikut:

Jumlah total soal SKD Sekolah Kedinasan adalah 110 soal, dengan nilai kumulatif paling tinggi adalah 550. Rinciannya adalah sebagai berikut:

Jenis SubtesTWKTIUTKPTotal
Jumlah Soal30 butir35 butir45 butir110 butir
Nilai maksimal150 poin175 poin225 poin550 poin
Nilai Ambang Batas65 poin80 poin166 poin311 poin
Waktu pengerjaanTotal waktu pengerjaan adalah 100 menit


*) Khusus peserta afirmasi, nilai kumulatif SKD minimal 281 dan nilai TIU minimal 55.

Jadi bagi kamu yang sedang mempersiapkan diri ikut seleksi masuk sekolah kedinasan, maksimalkan kemampuan kamu untuk bisa dapat nilai maksimal supaya kesempatan lolos lebih besar.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu SKD kedinasan dan juga rincian penilaiannya. Masih bingung? Bimbel kedinasan Indonesia College siap membantu kamu sampai lolos. Materi lengkap akurat dan tentor profesional, serta lembaganya sudah berpengalaman sejak 1993. Tunggu apa lagi!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *