Program Studi dan Syarat Masuk Poltekbang Medan, Siap-Siap Daftar!

Poltekbang Medan jadi pilihan sekolah kedinasan penerbangan yang tepat untuk kamu yang berada di pulau Sumatera. Nah, untuk prodi dan syarat masuk Poltekbang Medan ada apa saja?

Ditulis Oleh Nofa

On December 15, 2023
"

Baca

Syarat Masuk Poltekbang Medan – Poltekbang Medan atau Politeknik Penerbangan Medan menjadi sekolah kedinasan penerbangan di bawah Kementerian Perhubungan, tepatnya di bawah tanggung jawab Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan. Awal pendiriannya pada 1989 masih menggunakan nama Balai Diklat Penerbangan Medan, kemudin berubah nama menjadi Akademi Teknik dan Keselamatan penerbangan (ATKP) pada tahun 2002.

Sedangkan peresmian menjadi Poltekbang Medan terjadi pada 2019 atas keputusan Menteri Perhubungan nomor PM 51 Tahun 2019. Setiap tahunnya, lembaga pendidikan ini selalu diserbu ribuan pendaftar. Nah, ada program studi apa saja dan apa saja syarat masuk poltekbang Medan?

Program Studi Poltekbang Medan

Poltekbang Medan berlokasi di Jl Penerbangan No 85 Jamin Ginting Km 8,5 Padang Bulan, Medan, Sumatera Utara, 20131. Lembaga ini menyediakan 2 seleksi masuk yakni dengan program Pola Pembibitan dan Non Reguler (Mandiri). Untuk program studi yang disediakan ada 4 pilihan, yakni:

  • Diploma III, Pemanduan lalu Lintas Udara (PLLU)
  • Diploma III, Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU)
  • Diploma III, Teknik Listrik Bandar Udara (TLB)
  • Diploma III, Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (TPPU)

Baca juga: Mengenal Sejarah dan Jurusan PIP Makassar

Persyaratan Administrasi

Untuk kamu yang berminat untuk mendaftar di Poltekbang Medan, kamu bisa mempersiapkan diri dengan menyiapkan persyaratan administrasi sebagai berikut:

  1. Pas foto terbaru berwarna latar belakang merah, menghadap ke depan dengan ukuran 4 x 6 cm (ukuran minimal 120 kb maksimal 500 kb dengan format .jpg)
  2. KTP untuk yang sudah berusia di atas 17 tahun atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format .jpg ukuran maksimal 500 kb
  3. Ijazah SMA/SMK/MA/sederajat bagi calon peserta yang sudah dinyatakan lulus atau rapor SMA/SMK/MA/sederajat (2 Semester) bagi calon peserta yang belum dinyatakan lulus atau masih duduk di kelas 12
  4. Surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1000 kb
  5. Bukti pembayaran formulir pendaftaran sesuai dengan perguruan tinggi kedinasan yang dipilih dengan menyertakan nama dan NIK yang tercetak pada bukti pembayaran (ukuran maksimal 500 kB dengan format .jpg)
  6. Persyaratan lainnya (diunggah dalam 1 berkas dengan format PDF ukuran maksimal 2MB) yang terdiri atas:
  7. Formulir Pernyataan Calon Taruna/Taruni SIPENCATAR Kementerian Perhubungan Tahun 2024 bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template (2024 akan dipublish segera)
  8. Surat Pernyataan Mutlak Menyetujui Hasil SIPENCATAR bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template (2024 akan dipublish segera)
  9. Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak Tidak Buta Warna bermaterai 10.000 rupiah, dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template (2024 akan dipublish segera)
  10. Surat Keterangan Orang Asli Papua (OAP) yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Lurah/Kepala Suku di wilayah Papua/Papua Barat(hanya untuk Pendaftar formasi Pola Pembibitan (POLBIT) Kemenhub khusus Putra/i Papua/Papua Barat), dapat diunduh di https://sipencatar.dephub.go.id/template (2024 akan dipublish segera)

Alur Pendaftaran

Saat ini kamu sudah bisa melakukan pendaftaran online untuk mengefisienkan waktu dan biaya untuk datang ke lokasi. Berikut alur pendaftarannya:

  • Membuat akun SSCASN di https://dikdin.bkn.go.id dengan menggunakan NIK yang sudah tervalidasi oleh DUKCAPIL, lalu cetak Kartu Informasi Akun
  • Setelah berhasil membuat akun, selanjutnya login ke SSCASN Sekolah Kedinasan dengan NIK dan Password yang sudah didaftarkan tadi
  • Unggah swafoto dan pilih Sekolah Kedinasan yang dituju
  • Jika kamu lulus seleksi, kamu akan mendapatkan kode billing untuk melakukan pembayaran. Kamu bisa cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan, dan simpan bukti pembayarannya
  • Lengkapi nilai, lalu unggah berkas dan bukti pembayaran formulir pendaftaran, kemudian cek resume
  • Tunggu untuk pihak verifikator instansi memverifikasi data dan berkas kamu
  • Login ke SSCASN Sekolah Kedinasan untuk mengecek status kelulusan administrasi kamu
  • Jika lolos, kamu bisa mengikuti proses seleksi sesuai dengan ketentuan Poltekbang Medan dan lakukan pembayaran
  • Cetak kartu ujian di SSCASN Sekolah Kedinasan jika pembayaran kamu sudah dikonfirmasi oleh sistem
  • Kamu akan melakukan ujian seleksi, dan yang lulus akan mendapat kode billing. Silahkan cek informasi pembayaran di masing-masing Sekolah Kedinasan
  • Untuk pengumuman dah hasil seleksi akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Sekolah Kedinasan di SSCASN

Demikian informasi mengenai program studi dan syarat masuk Poltekbang Medan. Kamu yang berniat untuk mengikuti seleksi bisa maksimalkan persiapan dengan ikut Bimbel Kedinasan DISHUB Poltekbang Medan dengan Indonesia College. Kamu akan dilatih oleh tentor profesional dengan materi prediktif dan akurat, ada juga pilihan Bimbel Kedinasan lainnya, lho.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *