Mau Daftar Sekolah Kedinasan? Simak Plus Minus Sekolah Kedinasan Ini!

Banyak sekali orang yang berminat untuk melanjutkan di sekolah kedinasan karena keunggulannya. Yuk kita coba bahas plus minus sekolah kedinasan.

Ditulis Oleh Nofa

On January 6, 2024
"

Baca

Plus Minus Sekolah Kedinasan – Sekolah kedinasan menjadi salah satu jenis perguruan tinggi yang banyak diminati. Ada keunggulan yang tidak dimiliki Perguruan tinggi negeri maupun swasta, dan membuat sekolah kedinasan lebih unggul. Namun tentunya tidak semua sekolah kedinasan bisa dipilih. Contoh yang bisa dipilih adalah IPDN, Poltekim, Poltekip, STIN, PTK Dephub, PKN STAN, STIS, SSN, STMKG, Akpol, Akmil, AAU, dan AAL.

Keunggulan Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan terbilang memiliki banyak keunggulan yang membuat banyak orang rela gap year untuk mendaftar sekolah kedinasan di tahun selanjutnya. Kira-kira ada keunggulan apa saja?

1.    Gratis Biaya Pendidikan

Rata-rata sekolah kedinasan dengan jalur Pola Pembibitan akan membebaskan biaya pendidikan untuk para taruna/taruninya. Biaya pendidikannya akan ditanggung dengan uang APBN dari masing-masing kementerian yang bertanggung jawab. Jadi dengan gratisnya biaya pendidikan ini akan sangat meringankan mahasiswanya karena tidak perlu mengeluarkan biaya hidup, karena diseriakan asrama dan makan gratis.

Namun biaya pendidikan ini di luar keperluan pendidikan lainnya, seperti buku atau keperluan lain akan ditanggung pribadi.

Baca juga: 8 Rekomendasi Sekolah Kedinasan untuk Jurusan IPA

2.    Sistem paket

Sebenarnya poin ini bisa jadi plus dan minus. Namun rata-rata dalam PTN maupun PTS, target beban SKS akan diberikan dari kampus namun kembali lagi ke mahasiswanya. Jadi angkatan yang sama sangat mungkin untuk lulus dalam waktu yang berbeda.

Sedangkan PTK tidak bisa ambil mata kuliah sesukanya jadi tidak bingung dan bisa lulus dalam waktu bersamaan. Dengan begitu tidak ada beban mental karena tertinggal dari teman-teman seangkatan.

3.    Mendapat Uang Saku/Uang Ikatan Dinas

Keunggulan lainnya dari sekolah kedinasan adalah bisa mendapatkan uang saku dari pemerintah setiap bulannya. Untuk jumlahnya pun bervariasi. Namun jumlah tersebut terbilang lumayan karena tidak perlu membayar kos dan makan sudah ditanggung kampus.

4.    Langsung Penempatan Setelah Lulus

Ini menjadi poin yang sangat menarik peminat, karena setelah lulus nanti tidak perlu susah-susah mencari kerja. Jadi taruna/taruni bisa langsung mendapatkan penempatan kerja dari pihak kampus. Karena kampus kedinasan dikelola langsung oleh pemerintah, maka penempatannya pun biasanya bisa di pemerintahan pusat/daerah. Selain itu setelah lulus juga bisa diangkat menjadi CPNS tanpa harus mengikuti tes seleksi seperti orang awam.

5.    Sudah Familiar dengan Dunia Kerja Jauh Sebelum Bekerja

Sekolah kedinasan juga akan berfokus untuk meluluskan SDM yang unggul dan siap kerja. Tidak hanya keterampilan saja, tapi juga akan ditunjukkan langsung rasanya bekerja di bidang yang sama. Jadi setelah lulus nanti tidak akan terlalu kaget dan tidak butuh penyesuaian yang lama.

Kekurangan dari Sekolah Kedinasan

Selain dari sisi unggul, pasti sekolah kedinasan juga memiliki sisi kekurangan. Beberapa kekurangannya yang dirasakan taruna/taruni antara lain:

1.    Serasa Mengulang SMA Lagi

Dikatakan seperti mengulang masa SMA adalah karena sekolah kedinasan masih diharuskan menggunakan seragam. Jadi walaupun sudah di tingkat perguruan tinggi (kuliah), namun tidak ada sensasi kebebasan menggunakan outfit kesukaan. Jadwal kuliah yang tetap dan suasana dan lingkungan yg monoton juga menambah lengkap vibes ‘anak sekolah’.

2.    Tekanan Sangat Besar

Tekanan yang harus dihadapi setiap taruna/taruni juga sangat besar. Sisi senioritas masih sangat kental dan dari sisi pendidikannya pun harus memenuhi target minimal nilai di setiap mata kuliah. Hal ini karena program ikatan dinas yang sudah disepakati, maka dari itu setiap taruna/taruni akan selalu terbayang dari ancaman DO jika tidak memenuhi nilai, begitu juga dengan target lulusnya yang harus tepat waktu.

Jadi itu dia plus minus sekolah kedinasan yang mungkin bisa kamu pertimbangkan sebelum memutuskan untuk masuk sekolah kedinasan. Kalau kamu sedang mempersiapkan diri untuk masuk sekolah kedinasan, bisa maksimalkan dengan ikut Bimbel kedinasan di Indonesia College yang sudah berpengalaman meluluskan ribuan siswa selama lebih dari 30 tahun. Yuk jangan sampai ketinggalan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *