Batas Umur Sekolah Kedinasan Terfavorit di Indonesia, Cek Sebelum Daftar!

Sekolah kedinasan masing-masing memiliki persyaratan pendaftaran untuk calon tarunanya. Salah satunya batas umur sekolah kedinasan. Yuk simak!

Ditulis Oleh Nofa

On February 6, 2024
"

Baca

Batas Umur Sekolah Kedinasan – Pendaftar sekolah kedinasan setiap tahunnya selalu membludak. Bahkan banyak yang rela untuk mengulang di tahun berikutnya untuk ikut seleksi masuk bagi yang belum berhasil diterima. Tapi tentunya setiap sekolah kedinasan akan memiliki batasan usia bagi setiap pendaftarnya. Nah kali ini kita akan membahas mengenai batasan-batasan umur di sekolah-sekolah kedinasan.

Batas Umur Sekolah Kedinasan

Sekolah kedinasan di Indonesia sudah tersedia banyak pilihan dengan masing-masing bidangnya. Dalam pembahasan kali ini kita akan membahas 8 sekolah kedinasan yang paling menjadi favorit dengan batasan-batasan umurnya.

1.    Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Di urutan pertama ada STMKG yang merupakan sekolah kedinasan yang berada di lingkup Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). PTK ini sudah menerapkan program ikatan dinas yang berarti biaya pendidikan mahasiswanya akan ditanggung oleh pemerintah.

Nah, untuk batasan usia para calon taruna yang akan mendaftar di sekolah kedinasan ini diharuskan tidak kurang dari 15 tahun dan tidak lebih dari 23 tahun pada 1 September di tahun pendaftarannya.

Baca juga: Pendaftaran Poltektrans SDP Palembang 2024 Jalur Reguler Mandiri Sudah Dibuka!

2.    Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

STIN menerapkan minimal usia bagi pendaftarnya yakni 16 tahun dan maksimal usia tidak lebih dari 21 tahun saat waktu seleksi pendaftaran. Lalu kamu harus menyertakan Akte kelahiran atau Surat Keterangan Lahir. Sekolah kedinasan ini sendiri berfokus pada bidang intelijen negara yang akan ditugaskan melindungi keamanan negara.

3.    Politeknik Keuangan Negara (PKN STAN)

PKN STAN menjadi sekolah kedinasan yang khusus mempelajari seputar keuangan negara. Lulusannya terbukti banyak ditempatkan di lembaga-lembaga pemerintahan, seperti di Kementerian Keuangan dan lainnya. Untuk batas usia yang diterapkan pada para calon pendaftarnya minimal adalah 15 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 September setiap tahun pendaftaran.

4.    Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan (Kemenhub)

Kementerian Perhubungan menjadi kementerian yang memberikan banyak sekali pilihan sekolah kedinasan dengan pembagian fokus berbeda-beda. Mulai dari darat, udara dan laut. Contohnya ada PKTJ, PPI, PIP, API, STTD dan banyak lagi lainnya yang sudah tersebar di seluruh Indonesia.

Nah untuk persyaratan batas usia Kemenhub minimal adalah 16 tahun dan maksimal 23 tahun pada 1 September tahun pendaftaran. Namun khusus untuk Diploma III Manajemen Lalu Lintas Udara, minimal usia adalah 18 tahun.

5.    Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN juga tidak kalah populer dibanding dengan sekolah kedinasan lain. Sekolah kedinasan ini nantinya akan menghasilkan kader-kader pemerintahan, yang lulusannya bisa bekerja di pemerintahan daerah maupun pusat. Untuk persyaratan batas usianya minimal adalah 16 tahun dan maksimal 21 tahun pada 1 Agutus tahun pendaftaran.

6.    Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Selanjutnya ada Poltek SSN yang merupakan sekolah kedinasan satu-satunya di bidang persandian negara. Lulusannya akan berkontribusi untuk membantu menjaga keamanan informasi negara yang bersifat rahasia dari serangan-serangan teknologi. Nah untuk batas usia minimal pendaftarnya adalah 17 tahun dan tidak melebihi 21 tahun pada 31 Desember pada tahun pendaftaran.

7.    Poltekim dan Poltekip

Poltekim dan Poltekip merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kemenkumhan. Nah untuk formasi umum dan formasi putra/putri Papua/Papua Barat, usia minimal adalah 17 tahun dan maksimal 23 tahun pada 1 April tahun pendaftaran.

Sedangkan, untuk formasi pegawai dan formasi pegawai putra/putri Papua/Papua Barat, tidak lebih dari 26 tahun pada 1 April tahun pendaftaran. Pendaftar juga diharuskan melampirkan Akta Kelahiran atau Surat Keterangan Lahir.

8.    Politeknik Statiska – Polstat STIS

Terakhir adalah Polstat STIS yang berfokus pada bidang statistika. Usia minimal pendaftarnya adalah 16 tahun dan maksimal 22 tahun per 1 September tahun pendaftaran.

Namun untuk persyaratan ini bisa berubah sewaktu-waktu, ya. Untuk syarat lebih update bisa cek di website resmi masing-masing sekolah kedinasan.

Demikianlah informasi seputar batas umur sekolah kedinasan yang ada di Indonesia. Kamu yang masih bingung mau mempersiapkan diri masuk sekolah kedinasan, bisa mantapkan diri dengan ikut Bimbel Kedinasan di Indonesia College, yuk! Materinya prediktif dan akurat, serta diajarkan langsung oleh Tentor profesional. Ribuan siswa yang sudah berhasil lolos, lho. Yuk gabung!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *