10 Alasan Harus Menjadi Praja IPDN Ini Pasti Menggiurkan!

IPDN menjadi lembaga pendidikan kepamongprajaan yang memiliki banyak sekali keunggulan. Berikut 10 alasan harus menjadi Praja IPDN.

Ditulis Oleh Nofa

On March 18, 2024
"

Baca

Alasan Harus Menjadi Praja IPDN – Insitut Pemerintahan Dalam Negeri merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berfokus mengajarkan ilmu-ilmu pemerintahan pada setiap Prajanya. IPDN berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri, dan akan menghasilkan calon-calon pemimpin pemerintahan yang sudah dibekali ilmu cukup selama pendidikan. Tentu banyak sekali keunggulan dari PTK ini, dan ini alasan kenapa kamu harus menjadi Praja IPDN!

Alasan Harus Menjadi Praja IPDN

Praja merupakan sebutan bagi mahasiswa IPDN yang berhasil lolos seleksi pendaftaran. Dengan banyaknya peminat dan ketatnya proses seleksi, berikut alasan kamu harus menjadi Praja IPDN:

1.    Gratis Makan Selama Pendidikan

Praja IPDN mendapatkan jatah makan gratis setiap harinya yang bisa didapatkan di kantin kampus. Jika dibandingkan dengan mahasiswa lain yang harus mengeluarkan uang makan setiap harinya, pasti IPDN jadi idaman banyak mahasiswa. Makanan yang didapat juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan gizi, jadi dipastikan sehat.

Baca juga: Tersebar di Seluruh Wilayah Indonesia! Ini Jadwal Pendaftaran Sekolah Kedinasan Kemenhub 2024

2.    Gratis Wisma Selama Pendidikan

Peserta yang lolos dalam proses seleksi masuk dan resmi menjadi Praja, akan langsung mendapat hak dan diwajibkan untuk tinggal di Wisma atau asrama selama masa pendidikan dan tidak dipungut biaya. Tentu ini jadi poin plus yang wajib kamu pertimbangkan, apalagi kalau tempat tinggal kamu jauh dari lokasi IPDN.

3.    Teman Seangkatan Se-Indonesia

Taukah kamu kalau kampus IPDN sampai saat ini setidaknya sudah tersebar di 10 lokasi di wilayah Indonesia? Walaupun yang menjadi identik adalah di Jatinangor, namun IPDN memiliki lokasi lain yang kualitasnya sama bagusnya:

  • Cilandak, Jakarta Selatan
  • Baso, Bukit Tinggi, Sumatera Barat
  • Tanah Putih, Rokan Hilir, Riau
  • Sungai Ambawang Kuala, Kubu Raya, Kalimantan Barat
  • Remboken, Minahasa, Sulawesi Utara
  • Praya, Lombok Tengah, NTB
  • Sentani, Jayapura, Papua
  • Jantho, Aceh Besar, Aceh

Lokasi-lokasi tersebut merupakan perwakilan, dan tentu setiap wilayah akan ada saja praja dari luar lokasi. Biasanya setiap praja juga akan terkoneksi dengan praja lain terutama yang satu angkatan. Jadi kamu bisa memiliki banyak teman dari banyak wilayah di Indonesia.

4.    Dididik Menjadi Kader Pemerintahan

Masuk di IPDN juga sama halnya sudah memikirkan matang-matang dalam hal prospek karir. Nah, praja IPDN tentunya secara khusus memang ditujukan untuk menjadi kader pemerintahan. Maka dari itu pendidikannya juga akan disesuaikan supaya bisa langsung diterapkan setelah lulus nanti.

5.    Ditempatkan di Pemerintah Pusat / Daerah

Seperti yang sudah dijelaskan di poin sebelumnya, Praja IPDN juga akan langsung ditempatkan di pemerintahan setelah lulus nanti, baik di pemerintahan pusat maupun pemerintahan daerah. Untuk awal tahapan biasanya akan merintis menjadi Staf pemerintahan, lalu pelan-pelan bisa naik jabatan dan bisa mnejadi Bupati, Gubernur atau pejabat tinggi daerah lainnya.

6.    Gratis Pakaian Dinas Selama Pendidikan

IPDN sudah menerapkan program ikatan dinas, yang akan memfasilitasi praja dalam banyak hal terutama dalam biaya pendidikan dan penunjang lainnya. Ini termasuk dalam pakaian dinas yang akan didapatkan oleh setiap praja yang harus dikenakan selama masa pendidikan.

7.    Gratis Biaya Kuliah

Alasan selanjutnya adalah bahwa praja IPDN tidak perlu memikirkan biaya kuliah sampai lulus nanti, karena biaya kuliah sudah ditanggung oleh pemerintah dalam mengusahakan SDM pemerintahan yang berkualitas di masa depan. Tentu dalam hal ini, ada komitmen yang sudah ditekankan sejak awal.

8.    Fasilitas Pendidikan Lengkap

  • Ruang kuliah dengan luas total 8.820 m2
  • Perpustakaan dengan koleksi lebih dari 1947 judul
  • Laboratorium terpadu (komputer, bahasa, dan pemerintahan)
  • Lembaga penelitian
  • Kegiatan mahasiswa
  • Ruang seminar
  • Ruang olahraga
  • Ruang studio
  • Ruang komputer
  • Ruang serbaguna/aula
  • Asrama Mahasiswa (39.300 m2)
  • Kamar sakit asrama
  • Lapangan olahraga
  • Tempat peribadatan
  • Fasilitas untuk perbankan, koperasi, dan lain-lain.

9.    Lulus Dilantik Langsung oleh Presiden / Wakil Presiden

Dilantik langsung oleh Presiden / Wakil Presiden yang menjadi pemimpin tertinggi di Indonesia pastinya menjadi kebanggaan yang dinantikan setiap praja. Setiap tahunnya, pamong praja lulusan IPDN akan dilantik oleh Presiden / Wakil Presiden RI dan bersiap untuk mengemban tugas baru di pemerintahan dalam negeri.

10. Lulus Langsung Jadi CPNS Golongan III A

Hal lain yang menjadikan IPDN menjadi incaran banyak orang adalah karena setelah lulus kamu akan langsung diangkat menjadi CPNS golongan IIIA. Maka dari itu seleksi dari awal juga akan sangat ketat, karena akan langsung diberikan tes seleksi CPNS di awal. Jadi setelah lulus, kamu akan langsung ditempatkan dan akan diangkat menjadi CPNS tanpa proses seleksi lagi.

Alasan harus menjadi Praja IPDN tadi pasti menjadi daya tarik yang harus sangat dipikirkan matang-matang karena menyangkut masa depan karirmu juga. Nah, bingung proses seleksi IPDN seperti apa? Yuk pelajari bersama dengan Bimbel Kedinasan IPDN di Indonesia College! Kamu akan dapat materi spesifik yang prediktif dan diajarkan langsung oleh tentor berkualitas. Jangan sampai ketinggalan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *