Perbedaan Poltekim dan Poltekip, Serta Informasi Persyaratan Masuknya

Perbedaan Poltekim dan Poltekip masih banyak yang keliru. Padahal untuk fokusnya sendiri berbeda, penempatan kerjanya nanti juga berbeda.

Ditulis Oleh Nofa

On November 16, 2023
"

Baca

Perbedaan Poltekim dan Poltekip – Perguruan tinggi kedinasan, Poltekim dan Poltekip sering sekali tidak bisa dibedakan oleh orang awam. Meski kedengarannya hampir sama, ternyata kedua lembaga pendidikan ini memiliki fokus yang berbeda. Namun keduanya berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) dan biasanya proses seleksinya dilakukan serentak.

Lalu apa perbedaan dari Poltekim dan Poltekip ini? Berikut penjelasannya.

Perbedaan Sekolah Kedinasan Poltekim dan Poltekip

Poltekim dan Poltekip merupakan sekolah kedinasan yang didirikan oleh pemerintah untuk menyiapkan sumber daya manusia yang unggul untuk nantinya bisa menjadi pegawai pemerintahan. Keduanya memiliki keunggulan dan karakteristik masing-masing, dan perbedaannya adalah sebagai berikut:

1.    Fokus Pendidikan

Mungkin keduanya memiliki singkatan yang terdengar hampir sama. Namun untuk kepanjangannya akan lebih jelas, kepanjangan Poltekim sendiri adalah Politeknik Imigrasi sedangkan Poltekip adalah Politeknik Ilmu Permasyarakatan.

Fokus pendidikannya pun berbeda. Poltekim akan mengurus kemigrasian, untuk Poltekip sendiri akan berfokus pada sistem permasyarakatan supaya bisa tertata secara maksimal. Aspek pembelajarannya seputar hukum, kriminologi, rehabilitasi, narapidana dan juga manajemen lembaga permasyarakatan.

2.    Program Studi

Karena fokusnya pun berbeda, program studinya pun sudah pasti berbeda. Poltekim (Politeknik Imigrasi) membuka program studi seperti:

  • D-IV Hukum Kemigrasian
  • D-IV Administrasi Keimigrasian
  • D-IV Manajemen Teknologi Kemigrasian
  • D-III Keimigrasian

Sedangkan untuk Poltekip (Politeknik Ilmu Permasyarakatan) membuka program studi seperti:

  • D-IV Manajemen Permasyarakatan
  • D-IV Teknik Permasyarakatan
  • D-IV Bimbingan Kemasyarakatan

3.    Penempatan Lulusan

Untuk lulusan Poltekim biasanya akan ditempatkan di bagian imigrasi di seluruh cabang wilayah di Indonesia. Sedangkan untuk Poltekip akan ditempatkan di Unit Pelaksanaan Teknis (UPT) seperti: Direktorat Jenderal Permasyarakatan Rumah Tahanan Negara, Lembaga Permasyarakatan, Balai Permasyarakatan, Rampasan Negara, Rumah Penyimpanan Benda Sitaan, dan lainnya.

Syarat Umum Pendaftaran Poltekim dan Poltekip

Untuk kamu yang berminat melanjutkan pendidikan di Poltekim ataupun di Poltekip, sebelum melakukan pendaftaran sebaiknya memenuhi persyaratan umum berikut supaya tidak sia-sia.

  • Warga Negara Indonesia (Tidak memiliki kewarganegaraan ganda)
  • Pria/Wanita
  • Pendidikan minimal SLTA/Sederajat
  • Berusia serendah-rendahnya 17 tahun dan tidak lebih dari 22 tahun saat pendaftaran (dibuktikan dengan Akta Kelahiran/Surat Keterangan Lahir)
  • Tinggi Badan Pria minimal 170 cm, dan Wanita minimal 160 cm dengan berat badan yang ideal (akan diukur saat tes kesehatan nanti)
  • Berbadan sehat, tidak memiliki cacat fisik maupun kesehatan mental yang terganggu, bebas HIV/AIDS, bebas narkoba, tidak tuli/bisu/buta warna, tidak pernah patah tulang, serta tidak memiliki gangguan penglihatan yang mengharuskan memakai alat bantu
  • Bagi Pria tidak bertato/bekas tato, tidak bertindik/bekas tindik di telinga ataupun anggota badan lainnya
  • Bagi Wanita tidak bertato/bekas tato, tidak bertindik/bekas tindik di area selain telinga dan juga tidak bertindik lebih dari satu pasang (di telinga kiri dan kanan)
  • Belum pernah menikah baik secara negara, adat ataupun agama yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Lurah/Kepala Desa setempat dan sanggup untuk tidak menikah selama menjalani pendidikan
  • Tidak pernah putus studi dari Politeknik Imigrasi dan juga sekolah kedinasan pemerintah lainnya
  • Bersedia ditempatkan di Unit Pelaksana Teknik (UPT) Imigrasi di seluruh cabang di wilayah Indonesia
  • Membuat dan Mengisi formulir pernyataan sekaligus melengkapi surat-surat keterangan yang dibutuhkan setelah diterima calon taruna/taruni

Itu merupakan perbedaan Poltekim dan Poltekip, serta syarat pendaftaran umum yang biasa diterapkan oleh Poltekim dan Poltekip. Untuk kamu yang berminat untuk mendaftar, bisa pantau terus di website resminya, ya! Kamu yang sedang mempersiapkan diri bisa juga ikut Bimbel Kedinasan Poltekim dan Poltekip di Indonesia College. Kami sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun dan menyediakan tentor yang ahli di bidangnya. Banyak juga Bimbel Kedinasan lainnya, lho!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTINDEPHUBPOLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *