Pendaftaran Akmil: Tugas, Jurusan dan Biaya Masuk Akmil

Biaya Masuk Akmil – Setelah kelulusan dari SMA(sekolah menengah atas), sebagian dari kalian pasti ada yang berkeinginan untuk memasuki Akmil atau akademi kemiliteran. Pendidikan akmil sendiri akan menjadi pelatihan bagi para calon prajurit supaya bisa menjadi garda terdepan negara nantinya.

Selain secara fisik, pasukan prajurit juga diharuskan memiliki pengetahuan yang unggul guna mengabdi pada negara. Maka dari itu bisa dinilai proses pendidikannya juga tidak gampang dan membutuhkan proses seleksi yang ketat.

Taruna akan diajarkan pemahaman mengenai prinsip-prinsip dasar militer di awal pendidikan, strategi dan taktik yang harus dikuasai setelah keluar dari masa pendidikan, operasi militer, manajemen sumber daya, dan masih banyak hal lainnya yang bisa berguna saat penugasan di lapangan nanti.

Apa Itu Akademi Militer

Akademi militer sudah tidak asing di telinga masyarakat. Bertujuan untuk mengabdi kepada negara, pendidikan akmil ini juga diselenggarakan langsung oleh pemerintah Republik Indonesia di bawah naungan kementerian pertahanan Nasional Republik Indonesia.

Pendidikan akmil nantinya akan setara dengan S1 dengan menyandang gelar sarjana Terapan Pertahanan, atau S.Tr. Kemudian setelah lulus, akan menjadi perwira TNI Angkatan Darat dengan pangkat Letnan Dua.

Meski begitu dalam dunia militer, akan ada banyak pangkat yang berbeda. Baik selama proses pendidikannya ataupun setelah kelulusannya. Dalam proses pendidikannya, taruna akan mendapatkan kenaikan pangkat di setiap tahunnya.

  • Prajurit Taruna

Pangkat pertama yang akan didapat selama proses pendidikan awal yakni di 3-4 bulan pertama adalah Pratar atau prajurit taruna. Untuk peserta didik perempuan akan memiliki sebutan Taruni.

  • Kopral Taruna

Selanjutnya dalam masa 9 bulan lanjutan, taruna akan mendapatkan pangkat kopral taruna atau Koptar. Pada masa pendidikan ini, mereka akan mendapatkan pelatihan lapangan 70% dan materi 30%.

  • Sersan Taruna

Setelah menempuh pendidikan selama dua tahun, taruna akan mendapatkan pangkat Sertar atau sersan taruna. Untuk pangkat ini akan berlaku selama satu tahun ke depan.

  • Sersan Mayor Dua Taruna

Sama seperti sebelumnya, pangkat sersan mayor dua taruna atau Sermadatar ini juga akan didapatkan dan berlaku selama 12 bulan atau 1 tahun.

  • Sersan Mayor Satu Taruna

Terakhir ada pangkat Sermatutar yang akan didapatkan di tahun keempat dengan masa berlaku 1 tahun. Pada masa ini, taruna akan mendapatkan pemantapan guna menjadi anggota TNI.

Program Studi Akademi Militer

Pada saat akan menjalani proses pendidikan, taruna bisa memilih jurusan yang selama ini diincar. Masing-masing jurusan sudah terakreditasi A. Tersedia 5 jurusan yang berlaku untuk tingkat Diploma IV atau D IV, yakni:

  • Teknik Sipil pertanahan
  • Teknik Mesin Pertahanan
  • Teknik Elektro Pertahanan
  • Ilmu Manajemen Pertahanan
  • Ilmu Administrasi Pertahanan

Biaya Masuk Akmil

Untuk biaya masuk akademi militer ada perbedaan tergantung pada jenis pendidikan yang akan diikuti. Namun dihimbau selain mempersiapkan biaya masuknya, sebaiknya calon peserta juga harus mempersiapkan fisik dan mental sejak jauh-jauh hari.

  • Pendidikan Prajurit Biasa: Rp. 9.500.000 sudah termasuk dengan biaya pendaftaran, materi pendidikan, biaya asrama, biaya perpustakaan dan juga biaya administrasi selama pendidikan berlangsung.
  • Pendidikan Prajurit Khusus: 10.500.000 yang juga sudah mencakup biaya pendaftaran, materi pendidikan, biaya asrama, biaya perpustakaan dan juga biaya administrasi peserta didik selama masa pendidikan.
  • Pendidikan Kepemimpinan Militer: 11.500.000 dengan rincian pembagian biaya pendaftaran, materi pendidikan, biaya asrama, biaya perpustakaan dan juga biaya administrasi selama  masa pendidikan.

Untuk pendaftarannya sudah bisa dilakukan secara online. Namun pastikan sebelum itu sudah mengecek persyaratan dan harus sesuai supaya peluang diterimanya lebih besar.

Jadi itu dia informasi seputar pendaftaran akmil: tugas, jurusan dan biaya masuk akmil. Untuk kamu yang berminat mendaftar akmil bisa maksimalkan dengan mengikuti Bimbel Akmil bersama Indonesia College. Tersedia juga Bimbel Kedinasan lain, yang bisa dimaksimalkan karena Bimbel kami sudah berpengalaman sejak 1993.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDN, POLTEKIM, POLTEKIP, PKN STAN, STIN, DEPHUB, POLSTAT STIS, STMKG, POLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id, indonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *