Mengenal Politeknik PU Semarang, Sekolah Kedinasan Baru yang Menciptakan Generasi Unggul!

Politeknik PU Semarang – Sekolah kedinasan ini mempersiapkan para peserta didiknya untuk menjadi sumber daya manusia (SDM) yang mumpuni dan siap bekerja setelah lulus nanti. Jadi cocok sekali untuk kamu yang masih bingung mau mengambil jurusan apa saat kuliah nanti.

Lulusan Politeknik PU Semarang ini dirancang untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja yang terampil di bidang konstruksi untuk percepatan pembangunan infrastruktur. Lembaga pendidikan ini juga merupakan terobosan dari Kementerian PUPR RI (Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Republik Indonesia).

Seputar Politeknik PU Semarang

Merupakan Perguruan Tinggi Negeri kedinasan yang berdiri tahun 2018 kemarin dengan SK Kemenristekdikti Nomor 1159/KPT/I/2018. Jadi masih tergolong baru dan belum banyak yang mengenalnya.

Meskipun begitu di tahun 2022 dari 132 lulusan Politeknik PU Semarang, sebanyak 102 wisudawan langsung direkrut BUMN Karya dan sisanya langsung direkrut kontraktor swasta. Hal ini membuktikan bahwa mereka membuktikan kualitas lulusan Politenik PU Semarang tidak bisa dianggap remeh.

Ada 3 program studi yang bisa dipilih, yakni:

  • D-III Teknologi Konstruksi Bangunan Air
  • D-III Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung
  • D-III Teknologi Konstruksi Bangunan Jalan dan Jembatan

Banyak mahasiswanya yang sudah dibekali kesiapan kerja termasuk sertifikat keahlian. Salah satu visi 2019-2024 adalah Pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan cara meningkatkan kualitas pendidikan dan manajemen talenta.

Keunggulan dari program studi di Politeknik PU ini adalah mahasiswanya akan dibekali lebih banyak praktik di lapangan dibandingkan dengan teori. Begitu juga dengan alat-alat yang digunakan, sudah disesuaikan dengan alat yang biasa digunakan Kementerian PUPR. Sehingga ketika lulus nanti tidak kaget dan sudah terbiasa.

Keunggulan Mengambil Studi di Politeknik PU Semarang

Masih banyak yang meremehkan sekolah kedinasan ini hanya karena baru berdiri. Nyatanya pihak lembaga selalu memaksimalkan proses pembelajarannya supaya bisa mencetak sumber daya manusia atau tenaga kerja yang bagus dan profesional meskipun lulusan baru.

1.    Pembelajaran

Lembaga pendidikan Politeknik PU mengunggulkan praktik lapangan, dan juga memberikan fasilitas belajar dengan:

  • Program magang 6 bulan di BUMN
  • Mata kuliah khusus sesuai PURP
  • Kerjasama Link and Match dengan BUMN Karya

2.    Sarana Prasarana

Keunggulan keduanya juga ada di sarana dan prasarana yang menunjang proses pembelajaran supaya lebih maksimal:

  • 2 kampus di Tembalang dan gedung baru Soekarno Hatta
  • Ada fasilitas asrama mahasiswa baru untuk 1 tahun
  • Smart Campus dengan fasilitas teknologi belajar yang lengkap

Jadi meskipun di 1 tahun pertama mereka lebih banyak menghabiskan waktu di asrama, namun bisa dipastikan kualitas pendidikan yang didapat sangat terjamin dan juga tidak membosankan.

3.    Praktikum

Selanjutnya ada keunggulan praktikum yang jelas lebih diunggulkan dibanding dengan sekadar teori. Keunggulan praktikumnya sendiri adalah sebagai berikut:

  • Praktikum dengan skala konstruksi 1:1
  • Praktikum dengan software konstruksi terkini
  • Praktikum pengukuran geodesi dengan TLS

4.    Sertifikasi Level KKNI 4 dan 5

Sertifikasi juga diberikan untuk setiap mahasiswa untuk persiapan kerja setelah kelulusan nanti, dengan sertifikasi sebagai berikut:

  • Sertifikasi juru ukur
  • Sertifikasi juru gambar
  • Sertifikasi K3
  • Sertifikasi BIM

Sertifikat ini nantinya akan berguna sebagai bukti keikutsertaan dan bisa dijadikan lampiran untuk melamar kerja. Mereka tidak perlu mengikuti pelatihan ulang di luar karena sudah otomatis diberikan oleh Politeknik PU Semarang itu sendiri kepada setiap lulusannya.

Bagaimana, sudah ada gambaran kan? Jadi apa kamu berminat untuk melanjutkan pendidikan di Politeknik PU Semarang dan siap dengan masa depan yang terjamin? Nah, maksimalkan diri kamu dengan ikut Bimbel Kedinasan bersama Indonesia College, yuk! Sudah berpengalaman sejak 1993, lho.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDN, POLTEKIM, POLTEKIP, PKN STAN, STIN, DEPHUB, POLSTAT STIS, STMKG, POLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id, indonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *