Ingin Jadi Pilot, Ini Rekomendasi Sekolah Jadi Pilot di Indonesia!

Sekolah Jadi Pilot di Indonesia – Untuk kamu yang sedari kecil ingin menjadi pilot dan bisa mengendarai pesawat secara profesional, kamu bisa memperjuangkannya dengan melanjutkan pendidikan di sekolah penerbangan khusus untuk menjadi pilot. Ada banyak rekomendasi yang bisa kamu pertimbangkan, dan masing-masingnya memiliki kelebihannya sendiri-sendiri.

Rekomendasi Sekolah Penerbangan untuk Jadi Pilot di Indonesia

Sekolah penerbangan juga tidak semata-mata menyediakan program studi untuk menjadi pilot saja, banyak juga program studi lain seputar penerbangan untuk mempelajari ilmu lain baik untuk teknisinya, kelistrikannya dan lain sebagainya.

1.    Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI)

Sekolah ini sebenarnya sudah berganti nama menjadi Politeknik Penerbangan Indonesia (PPI) pada tahun 2019 lalu. Namun masih banyak yang mengenalnya dengan sebutan STPI Curug. Sekolah penerbangan ini menyediakan banyak jurusan seperti untuk menjadi pilot, Teknik Pesawat Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Listrik Bandara, Operasi Bandar Udara, Pertolongan Kecelakaan Pesawat, Penerbangan Aeronautika dan lainnya.

2.    Bali International Flight Academy (BIFA)

BIFA menjadi pilihan lain yang menerima lulusan SMA/SMK sederajat untuk menjadi pilot. Menyediakan jam terbang 180 jam yang mana lebih dari minimal syarat yakni 150 jam, dan mendapatkan lisensi PPL, CPL, IR dan MER.

3.    Bandung Pilot Academy (BPA)

Selanjutnya ada BPA yang berada di Bandung, Jawa Barat. Sekolah penerbangan ini sudah berdiri dari tahun 2008 dan memiliki jam terbang 160 jam latihan untuk pendidikan pilot. Para cadetnya bahkan bisa langsung berkomunikasi dengan petugas ATC profesional saat latihan terbang yang mana mereka bertanggung jawab besar untuk memandu pilot baik untuk aba-aba, kondisi cuaca dan juga berkomunikasi dengan tukang parkir pesawat.

4.    Ganesa Flight Academy

Berlokasi di Jakarta Timur, sekolah penerbangan swasta ini sudah berdiri sejak tahun 2012 dan mengantongi sertifikat pengakuan dari Kementerian Perhubungan Indonesia. Sekarang ini Ganesha Flight Academy sudah memiliki 13 Armada untuk memaksimalkan pelatihan penerbangan.

5.    Aero Flyer Institute Tangerang

Sekolah pilot ini menjadi sekolah swasta tertua kedua di Indonesia, lho. Selama pendidikan, peserta didiknya akan mendapatkan program PPL, CPL dan IR dengan durasi 1,5 tahun dan program PPL, CPL, IR dan MER untuk durasi 2 tahun. Untuk fasilitasnya sudah tersedia 11 pesawat terlatih seperti Cessna 150, Cessna 172, dan Piper Seneca II.

6.    Politeknik Penerbangan Surabaya

Didirikan di bawah Kementerian Perhubungan, Poltekbang Surabaya sudah berdiri sejak tahun 1989 dan memiliki 7 program studi seputar penerbangan. Sekolah ini juga sudah ikatan dinas, dan para taruna/taruninya akan mendapatkan fasilitas unggul seperti asrama, klinik, fitness center, stress center, dan lainnya untuk menunjang pendidikan.

7.    Flybest Flight Academy

Sekolah penerbangan ini lulusannya akan mendapatkan lisensi PPL, CPL, IR, MER & ATP/MCC + Jet Intro. Untuk jam terbang latihan yang akan didapatkan adalah 165 jam dengan durasi 18 bulan. Lulusannya sendiri banyak yang diterima di maskapai penerbangan seperti Air Asia, Ciyilink, Pelita Air, Lion Air, Sriwijaya Air, dan TransNusa.

8.    Eagle Air Academy

Program PPL, CPL, IR dengan durasi jam latihan terbang 160 jam selama 1,5 tahun. Program PPL, CPL, IR dan MER dengan durasi jam latihan terbang 160 jam selama 2 tahun. Eagle Air academy ini memiliki pesawat latih Cessna 150, Cessna 172 dan Piper Seneca II dengan simulator penerbangan Redbird FMX.

Dari 8 rekomendasi sekolah jadi pilot di Indonesia ini, kamu tertarik untuk melanjutkan pendidikan di mana? Untuk memaksimalkan persiapan seleksi, kamu bisa ikut Bimbel Kedinasan DEPHUB untuk pilihan sekolah penerbangan. Banyak juga Bimbel Kedinasan lainnya, dan pastinya sudah berpengalaman sejak 1993. Kualitasnya tidak usah diragukan lagi!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDN, POLTEKIM, POLTEKIP, PKN STAN, STIN, POLSTAT STIS, STMKG, POLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id, indonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *