Ingin Lanjut Sekolah Kedinasan, Apa itu Ikatan Dinas?

Apa itu ikatan dinas – Saat membahas mengenai sekolah kedinasan, pasti kamu juga sering mendengar istilah ikatan dinas. Banyak yang masih tidak paham dan menganggap semua sekolah kedinasan menerapkan ikatan dinas untuk para alumninya nanti.

Tapi sebenarnya apa sih ikatan dinas dalam sekolah kedinasan ini? Apakah ada keuntungan di balik istilah itu? Lalu apa perbedaannya sekolah ikatan dinas dan non ikatan dinas?

Apa itu Ikatan Dinas?

Ikatan dinas jadi istilah yang melekat untuk perguruan tinggi kedinasan. Jadi tidak berlaku untuk perguruan tinggi negeri ataupun swasta, ya. Perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan ini merupakan lembaga pendidikan yang didirikan oleh kementerian dan lembaga pemerintahan langsung.

Lalu kenapa pemerintah mendirikan sekolah kedinasan ini? Jadi tujuannya adalah untuk melatih calon pegawai negeri sipil (PNS) nantinya agar bisa memiliki kemampuan dan keterampilan yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan pemerintah dan instansi lainnya.

Baca juga: Ingin Jadi Pilot, Ini Rekomendasi Sekolah Jadi Pilot di Indonesia!

Tapi perlu diketahui bahwa sekolah kedinasan ini memiliki 2 jenis status yang berbeda. Pertama adalah ikatan dinas dan kedua non ikatan dinas. Sama dengan namanya, sekolah ikatan dinas akan mengikat alumninya agar masa depannya bisa dipekerjakan langsung menjadi pegawai aparatur sipil negara (ASN), baik di kementerian, lembaga, atau tempat lain yang menaungi sekolah kedinasan yang dipilih.

Sedangkan untuk non ikatan dinas berarti lembaga pemerintah yang mendirikan sekolah ikatan dinas tersebut tidak menjamin dan tidak mengikat alumninya untuk bisa langsung dipekerjakan di lembaga. Contohnya Poltekkes (Politeknik kesehatan), STPN (sekolah tinggi pertanahan nasional) dan banyak lagi lainnya.

Keuntungan Masuk Sekolah Kedinasan dengan Ikatan Dinas

Melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan juga punya banyak keuntungan yang tidak ditawarkan oleh perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Di antaranya:

1.    Biaya Pendidikan Terjangkau

Pertama, biaya pendidikan untuk sekolah kedinasan cenderung lebih terjangkau. Beberapa sekolah kedinasan menanggung biaya pendidikan para taruna/taruninya, termasuk biaya asrama dan laundry. Jadi termasuk terjangkau, meski begitu persaingan masuknya juga tidak mudah, ya.

2.    Lulus Jadi CPNS

Untuk kamu yang masuk sekolah kedinasan dengan jalur polbit, maka saat lulus nanti kamu tidak perlu pusing-pusing mencari pekerjaan. Karena kamu bisa langsung diangkat menjadi CPNS dan langsung ditempatkan di lembaga pemerintah/instansi yang membutuhkan.

Tapi untuk kamu yang tidak mau bekerja di bawah instansi pemerintah juga bisa bekerja di tempat lain yang kamu inginkan. Karena ijazah yang akan kamu dapatkan sama kegunaannya dengan ijazah dari perguruan tinggi lainnya.

3.    Jaringan Relasi Luas dan Kuat

Walaupun seringkali dalam menempuh sekolah kedinasan masih sering dengan adanya senioritas, namun hal ini juga membawa keuntungan karena kamu akan terhubung dengan para senior alumni nantinya. Bahkan penyebarannya ini sangat luas, karena penempatan mereka merata di seluruh Indonesia.

4.    Akan Memiliki Soft Skill dan Hard Skill yang Mumpuni

Sekolah kedinasan didirikan oleh pemerintah untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Oleh karena itu pendidikannya juga tidak main-main. Jadi selain mengajarkan akademik, kamu akan mendapatkan kemampuan lain seperti kedisiplinan, kemandirian, ketegasan serta sikap lain yang akan diajarkan selama di sekolah kedinasan, baik dari dosen maupun senior.

5.    Bekerja Sesuai Bidangnya

Keuntungan dari ikatan dinas ini, nantinya kamu bisa bekerja sesuai bidang dan jurusan yang kamu pilih sejak awal pendidikan. Kamu juga akan ditempatkan pada instansi yang sesuai, jadi keterampilan yang selama pembelajaran sudah diajarkan akan sesuai.

Jadi bagaimana, tertarik untuk melanjutkan sekolah kedinasan dengan ikatan dinas? Itu dia penjelasan mengenai apa itu ikatan dinas dan keuntungannya. Maksimalkan pendidikan dan karir kamu ke depannya dengan ikut Bimbel Kedinasan bersama Indonesia College. Sudah ribuan siswa yang lolos seleksi kedinasan, lho!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDN, POLTEKIM, POLTEKIP, PKN STAN, STIN, DEPHUB, POLSTAT STIS, STMKG, POLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id, indonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *