Kenalan dengan Sejarah, Akreditasi, dan Jurusan Politeknik STMI Jakarta – Kampus Bidang Industri Otomotif

Jurusan Politeknik STMI Jakarta – Sudah kenal dengan Politeknik STMI Jakarta? Kampus ini merupakan politeknik yang menyelenggarakan program-program studi terkait industri terutama otomotif. Lokasi kampusnya berada di Jl. Letjen Suprapto No.26, RT.10/RW.5, Kec. Cempaka Putih, Kota Jakarta Pusat. Kepanjangan dari STMI ini adalah Sekolah Tinggi Manajemen Industri. Penasaran dengan kampus ini? Yuk kenalan lebih lanjut!

Sejarah Politeknik STMI Jakarta

Politeknik Sekolah Tinggi Manajemen Industri Jakarta atau Politeknik STMI ini merupakan lembaga perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Politeknik ini berdiri pada 1968 dengan nama Perguruan Tinggi Manajemen Industri. Lalu dengan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor : 239/M/SK/1975 Tahun 1975 berubah nama menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Industri.

Awalnya perguruan tinggi ini menyelenggarakan pendidikan di jenjang Sarjana dengan Gelar M.Sc atau Master of Science bagi lulusannya. Latar belakang mahasiswanya adalah lulusan sarjana muda dari latar belakang pendidikan teknik dan manajemen. Prodi pertama yang diselenggarakan adalah Teknik dan Manajemen Industri (TMI) dengan konsentrasi Teknik Industri & Teknik dan Manajemen Informatika.

Lalu pada tahun 1981, program pendidikan di STMI diubah menjadi program Diploma dengan berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) antara Menteri Perindustrian Nomor : 237/M/SK/VI/1981 dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor : 0184/O/1981, Tertanggal 6 Juni 1981. Sejak saat Itu Sekolah Tinggi Manajemen Industri (STMI) ini menyelenggarakan pendidikan Program Diploma IV memiliki tiga program studi, yaitu:

Baca juga: Jadwal dan Daftar Lokasi Pelaksanaan SKD PKN STAN 2024, Cek Sekarang!

  1. Teknik dan Manajemen Industri
  2. Teknik dan Manajemen Informatika
  3. Teknik Kimia Industri

Politeknik STMI Jakarta saat ini secara resmi menyelenggarakan pendidikan di jenjang Sarjana Terapan atau Diploma 4, dengan gelar S.Tr. Saat ini perguruan tinggi ini juga sudah melakukan banyak kerja sama dengan industri, sehingga lulusannya Politeknik STMI bisa terserap di dunia kerja.

Akreditasi dan Kurikulum Politeknik STMI Jakarta

Saat ini Politeknik STMI Jakarta sudah berakreditasi Baik Sekali berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 421/SK/BAN-PT/Ak/PT/VIII/2022 yang berlaku dari 9 Agustus 2022 sampai dengan 9 Agustus 2027.

Untuk pembelajarannya, Politeknik STMI sudah menerapkan kurikulum terbaru yang sejalan dengan kebutuhan industri. Kemudian kampus ini juga sudah menerapkan dual system, yakni:

  • 5 semester di Kampus
  • 2 semester di Industri
  • 1 semester Tugas Akhir

Jurusan Politeknik STMI Jakarta

Politeknik STMI sekarang menyelenggarakan 6 jurusan di jenjang Diploma 4 dan Diploma 3, di antaranya:

1.    Teknik Industri Otomotif

Kompetensi:

  • Operation Engineering and Management
  • Manufacturing Engineering
  • Quality Engineering
  • Logistic Engineering

2.    Sistem Informasi Industri Otomotif

Kompetensi Sistem Informasi Industri Otomotif adalah mampu dalam mengidentifikasi, memodelkan, menganalisis, dan memecahkan kebutuhan informasi, mengaplikasikan permasalahan serta merancang dan pengetahuan teknis dalam penyelesaian masalah di bidang sistem informasi.

3.    Administrasi Bisnis Otomotif

Kompetensi lulusannya adalah sebagai:

  • Marketing Administrator
  • Financial/Accounting Administrator
  • Human Resource Administrator
  • Customer Relation officer
  • Entrepreneur

4.    Teknik Kimia Polimer

Kompetensi:

  • Polymer Product Development Engineer
  • Polymer Process and Production Engineer
  • Polymer Quality Engineer

5.    Teknologi Rekayasa Otomotif

Kompetensi:

  • Tooling Designmen and Engineering (Mold, Dle, Jigs & Fitures)
  • Production Process Engineering
  • Plastic Injection and Metal Stamping Component Engineering

6.    Diploma III Tenaga Penyuluh Lapangan

Jurusan ini mempelajari sumber daya dalam pertumbuhan industri kecil dan juga menengah di seluruh Indonesia. Tujuan didirikannya jurusan ini adalah untuk mempercepat pertumbuhan industri kecil dan menengah di seluruh wilayah Indonesia.

Demikianlah sejarah, akreditasi dan juga jurusan Politeknik STMI Jakarta. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan di kampus ini?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *