Jangan Sampai Ketinggalan, Poltekbang Palembang Jalur Mandiri Gelombang 2 Masih Dibuka!

Poltekbang Palembang Jalur Mandiri – Salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan, Poltekbang Palembang masih membuka pendaftaran untuk jalur mandiri gelombang 2 di seleksi penerimaan taruna baru tahun ini. Sekolah kedinasan ini memiliki slogan “The best Airmen are trained here”, dan menjadi salah satu sekolah kedirgantaraan terbaik yang sudah memiliki banyak sertifikasi.

Kelebihan Politeknik Penerbangan Palembang

Poltekbang Palembang menjadi salah satu Unit Pelaksana Teknis (UPT) di lingkungan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan, secara administratif dibina oleh Sekretariat Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan. Dan secara teknis operasionalnya dibina oleh Kepala Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan Udara (PPSDMPU).

Politeknik Penerbangan Palembang sudah memiliki sertifikasi berstandar Internasional dari British Standard Institute (BSI), dengan sertifikasi berikut:

  • ISO 9001:2008 sejak 2014 (telah diperbaharui menjadi ISO 9001:2015) untuk sistem manajemen mutu lembaga penyedia pendidikan dan pelatihan personel penerbangan;
  • ISO 21001:2018 Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan di tahun 2021

Selain itu Poltekbang Palembang juga sudah menerapkan Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) sejak 2016 dan sudah diperbarui berdasarkan peraturan Kementerian Keuangan RI Nomor : 49/KMK.05/2021 pada 3 Februari 2021.

Lalu sertifikasi pendidikan dan pelatihan penerbangan / Civil Aviation Safety Regulations (CASR) juga sudah berhasil Poltekbang Palembang dapatkan dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, di antaranya:

  • CASR 139 (Airport Personnels) Tahun 2015;
  • CASR 142 (Flight Attendant & Flight Operation Officer) Tahun 2016;
  • CASR 143 (Air Traffic Services Training) Tahun 2016.

Baca juga: Ingin Kerja di Dunia Pertambangan? Yuk Kenalan dengan Jurusan PEP Bandung

Jadwal dan Persyaratan Pendaftaran Poltekbang Palembang Jalur Mandiri

Pendaftaran jalur mandiri gelombang 2 Poltekbang Palembang dimulai sejak 24 Juni sampai 31 Agustus 2024 mendatang, dengan pendaftaran terakhir pukul 15.00 WIB. Kemudian untuk pilihan program studi dan syarat kelulusannya antara lain:

Program StudiPersyaratan Ijazah Kelulusan/JurusanJumlah
D IV Teknik Rekayasa Bandar Udara (TRBU)SMA/MA Jurusan IPA, SMK Keteknikan, Paket C atau sederajat24 Orang
D III Manajemen Bandar Udara (MBU)SMA/MA (IPA dan IPS), SMK, Paket C atau yang sederajat.24 Orang
D III Penyelamatan dan Pemadam Kebakaran Penerbangan (PPKP)24 Orang

Persyaratan Pendaftaran Poltekbang Palembang Jalur Mandiri

  • Warga Negara Indonesia
  • Pria, minimal berusia 16 tahun dan maksimal 23 tahun pada 1 September 2024
  • Tinggi badan minimal untuk prodi D IV TRBU pria 160 cm, dan wanita 155 cm. Untuk prodi D III MBU dan D III PPKP pria minimal 165 cm dan wanita 160 cm
  • Berbadan sehat, tidak cacat fisik maupun mental, bebas HIV/AIDS dan bebas narkoba
  • Calon Taruna tidak bertato/bekas tato dan tidak bertindik/bekas tindik di telinga maupun anggota badan lain (kecuali dikarenakan oleh ketentuan agama/adat)
  • Ketajaman penglihatan normal dan tidak ada kelainan buta warna baik parsial maupun total
  • Tidak sedang menjalani dan terancam hukuman pidana karena tindak kejahatan
  • Belum pernah diberhentikan sebagai Taruna di lingkungan Badan Pengembangan SDM Perhubungan dan Perguruan Tinggi lain secara tidak hormat
  • Bersedia diberhentikan dengan tidak hormat jika melakukan tindakan kriminal, antara lain: mengonsumsi dan atau memperjualbelikan narkoba, melakukan tindakan kekerasan (perkelahian, pemukulan, pengeroyokan, perundungan dan sebagainya), dan melakukan tindakan asusila atau penyimpangan seksual
  • Dinyatakan gugur jika terbukti melakukan pemalsuan identitas/dokumen
  • Memiliki email aktif

Pendaftaran bisa dilakukan secara online di https://sipencatar.gel2.poltekbangplg.ac.id/.

Demikianlah informasi seputar pendaftaran Poltekbang Palembang jalur mandiri gelombang 2. Untuk kamu yang butuh persiapan menghadapi SKD dan tahapan seleksi lainnya, bimbel kedinasan Indonesia College jadi pilihan tepat untuk memaksimalkan persiapan kamu. Kamu akan dapat materi dan soal-soal prediktif akurat dan diajar oleh tentor profesional di bidangnya. Ribuan siswa sudah lolos sekolah kedinasan impian mereka, yuk sekarang giliran kamu!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “Jangan Sampai Ketinggalan, Poltekbang Palembang Jalur Mandiri Gelombang 2 Masih Dibuka!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *