Mengenal Urutan Pangkat Taruna Akmil, Dari yang Terendah sampai Tertinggi

Urutan Pangkat Taruna – Akmil atau akademi militer menjadi lembaga pendidikan di bawah naungan Kementerian Pertahanan Republik Indonesia, dan jadi tempat pendidikan calon-calon perwira Tentara Nasional Indonesia (TNI).  Akmil setiap tahunnya tidak pernah sepi peminat, dan menjadi incaran banyak siswa lulusan SMA sederajat.

Lulusan Akmil sudah dipastikan akan menjadi Aparatur Sipil Negara, dengan karir yang terjamin yakni menjadi Perwira TNI. Selain itu biaya pendidikannya juga akan ditanggung oleh negara sepenuhnya, bahkan terdapat fasilitas asrama gratis dan mendapatkan uang makan. Nah, setelah lulus nanti pangkat taruna akmil pun akan ada banyak, yang masing-masing akan menandai tingkatannya.

Urutan Pangkat Taruna Akmil

Untuk kamu yang sedang mempersiapkan diri untuk menjadi taruna Akmil, kamu perlu mengetahui tingkatan-tingkatan pendidikan dan pangkatnya. Berikut urutannya:

1.    Tamtama (Taruna Akademi Militer)

Tamtama menjadi golongan pangkat terendah di TNI, yang menandakan bahwa peserta didiknya masih menjalankan pendidikan dasar di Akmil. Untuk jenjang pangkat dalam Tamtama juga terbagi lagi, yakni Prajurit Dua (Prada), Prajurit Satu (Pratu), Prajurit Kepala (Praka), Kopral Dua (Kopda), Kopral Satu (Koptu), dan yang terakhir adalah Kopral Kepala (Kopka).

2.    Taruna II (Taruna Dua)

Pangkat Taruna II ini merupakan pangkat yang didapatkan setelah peserta didik sudah berhasil melewati tahap pelatihan dan tahap dasar di Akmil. Perubahan pangkat ini menjadi bukti kemajuan peserta didik dalam menjalani pendidikan di Akademi Militer.

3.    Taruna I (Taruna Satu)

Dalam pangkat Taruna II, peserta didik menjalani pendidikan dan pelatihan yang lebih intensif di Akmil. Setelah itu mereka akan mendapat pangkat Taruna I sebagai tanda bahwa mereka sudah berhasil mencapai tahapan yang lebih tinggi dalam pendidikan Akmil.

Baca juga: 10 Pilihan Sekolah Pelayaran Terbaik di Indonesia, Ada Program Ikatan Dinas!

4.    Letda (Letnan Dua)

Setelah Taruna Satu sudah dianggap layak, mereka akan mendapatkan pangkat Letnan Dua (Letda). Kemudian setelah letda selesai, mereka bisa melanjutkan pendidikan sesuai dengan matra yang sudah dipilih.

5.    Letnan Satu (Lettu)

Pangkat Lettu atau Letnan Satu bisa didapatkan setelah Letda berhasil menyelesaikan pendidikan lanjutan dan pelatihan spesialisasi di matra. Pangkat ini berarti mereka sudah siap untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang lebih besar.

6.    Kapten

Letnan Satu atau Lettu yang sudah bertugas selama beberapa tahun dan sudah memiliki pengalaman cukup di lapangan, bisa naik pangkat menjadi Kapten. Pangkat ini tentunya juga berarti mendapatkan kepercayaan, karena seorang TNI dengan pangkat Kapten akan mendapat pengalaman yang lebih banyak dan memiliki tingkat kematangan yang jauh lebih tinggi.

7.    Mayor

Mayor juga menjadi pangkat yang lebih tinggi dari Kapten, yang menunjukkan kemampuan kepemimpinan yang baik dan sanggup menjalankan tanggung jawab yang lebih besar. Ketika seorang Kapten sudah mendapatkan pangkat Mayor ini, maka mereka berarti sudah masuk dalam kepangkatan Senior dalam TNI.

8.    Letkol (Letnan Kolonel)

Selanjutnya ada pangkat Letkol atau Letnan Kolonel yang siap untuk memiliki tanggung jawab lebih besar, dan memegang peranan dalam pengambilan keputusan dalam struktur TNI.

9.    Kolonel

Pangkat Kolonel merupakan pangkat yang sangat dihormati dan merupakan kepangkatan senior dalam struktur kepemimpinan TNI.

10.  Brigadir Jenderal (Brigjen)

Kepangkatan terakhir ada pangkat Brigjen atau Brigadir Jenderal. Pangkat ini bisa didapatkan untuk lulusan Akmil yang sudah memiliki kontribusi besar dalam TNI dan memiliki prestasi yang sangat gemilang dalam TNI. Tugas seorang Brigjen sangat sentral dalam pengambilan keputusan dan struktur komando TNI.

Jadi demikianlah urutan pangkat taruna Akmil dari Tamtama sampai Brigadir Jenderal. Bagaimana, butuh persiapan ekstra untuk bisa lolos Akmil? Bimbel Akmil Indonesia College bisa jadi pilihan kamu untuk lolos dan jadi calon Perwira. Kamu akan dapat materi lengkap prediktif dan dapat bimbingan jasmani dengan dilatih oleh pengajar yang kompeten di bidangnya. Ribuan siswa sudah membuktikannya, yuk ambil kesempatan kamu!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “Mengenal Urutan Pangkat Taruna Akmil, Dari yang Terendah sampai Tertinggi”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *