Mau Berkarier di Bidang Penerbangan? Yuk Kenalan dengan 7 Jurusan Politeknik Penerbangan Surabaya

Jurusan Politeknik Penerbangan Surabaya – Poltekbang atau Politeknik Penerbangan yang berlokasi di Surabaya, Jawa Timur ini menjadi salah satu sekolah kedinasan penerbangan unggulan di Indonesia. Ada berbagai macam jurusan dengan fokus yang berbeda di bidang penerbangan itu sendiri. Nah bagi kamu yang ingin berkarier di bidang dirgantara, kamu perlu mengetahui detail jurusan-jurusan yang ada di Poltekbang Surabaya ini.

Jurusan Politeknik Penerbangan Surabaya

jurusan Politeknik Penerbangan Surabaya

Politeknik Penerbangan Surabaya atau Poltekbang Surabaya adalah perguruan tinggi kedinasan yang bernaung di bawah Kementerian Perhubungan RI. Sekolah kedinasan ini terletak di Jalan Jemur Andayani I No.73, Surabaya.

Kampus ini sudah terakreditasi Baik Sekali berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 1085/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2020 yang berlaku sampai 15 Desember 2025 mendatang. Untuk jurusannya sendiri, berikut rinciannya:

1.    D3 Teknik Listrik Bandar Udara

Jurusan ini mempelajari seputar sistem kelistrikan di bandar udara dan sistem kelistrikan secara umum. Tentunya dalam dunia penerbangan, bidang kelistrikan menjadi hal terpenting dan berpengaruh besar dalam pengaturan navigasi, sistem maintenance, komunikasi dan lainnya. Bidang kelistrikan bandara sendiri yang akan dipelajari ada di penerbangan itu sendiri, kapasitas daya dan lainnya.

Saat ini jurusan ini sudah terakreditasi B dengan SK No. 1335/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/III/2021yang berlaku sampai dengan 6 Maret 2026.

Baca juga: 3 Pilihan Jurusan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dan Kriteria Pendidikannya

2.    D3 Teknik Navigasi Udara

Pilot dalam menerbangkan pesawat tentu membutuhkan petunjuk navigasi dari petugas lainnya, karena di atas sana ada banyak sekali pesawat yang terbang dalam waktu yang sama. Nah di jurusan ini nantinya Taruna/i akan diajarkan bagaimana cara mengoperasikan alat-alat canggih untuk penunjang navigasi udara, memperbaiki sampai dengan memelihara alat-alatnya dalam operasional penerbangan.

Jurusan ini sudah terakreditasi Baik Sekali dengan berdasarkan SK BAN-PT No. 6005/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/VI/2021 yang berlaku sampai dengan 19 Februari 2026.

3.    D3 Lalu Lintas Udara

Jurusan ini akan mempelajari tentang manajemen Lalu Lintas Udara dan Pemanduan Lalu Lintas Udara. Lulusannya akan diharapkan bisa menjadi tenaga ahli di bidang pemandu lalu lintas udara dan menjamin lalu lintas udara.

Jurusan ini sudah terakreditasi Baik Sekali dengan berdasarkan SK No. 5965/BAN-PT/Ak-PPJ/Dipl-III/VI/2021 yang berlaku sampai 5 Februari 2026.

Baca juga: Prospek Karier Lulusan STIP Jakarta, Bisa Jadi PNS atau Perwira di Atas Kapal!

4.    D3 Komunikasi Penerbangan

Untuk jurusan komunikasi penerbangan sendiri akan mempelajari seputar komunikasi dalam penerbangan yang sangat penting bahkan menyangkut keselamatan dalam penerbangan. Jadi taruna/i akan diajarkan cara memberikan informasi, saran dan pelayanan kontrol lalu lintas udara kepada pilot yang sedang berada dalam proses terbang di wilayah ruang udara melalui alat komunikasi radio HF.

Jurusan ini sudah terakreditasi B dengan berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 5050/SK/BAN-PT/Ak/Ppj/D3/VII/2024 yang berlaku sampai dengan 17 Juli 2029.

5.    D3 Teknik Pesawat Udara

Nah untuk jurusan ini akan langsung berhubungan dengan pesawat udara itu sendiri, terutama di bidang teknisi mesin pesawat. Jadi nanti Taruna/i Poltekbang Surabaya akan diajarkan untuk bisa memahami bagian-bagian mesin pesawat dan rangka pesawat. Jadi kompetensi yang harus dimiliki adalah kemampuan merawat, memelihara, menganalisis masalah atau gangguan pada mesin dan memperbaikinya.

6.    D3 Manajemen Transportasi Udara

Selanjutnya jurusan manajemen transportasi udara yang fokusnya adalah pada pengelolaan perusahaan penerbangan, seperti pengelolaan maskapai penerbangan di darat, logistik bagasi dan cargo, kepabeanan impor dan ekspor, keselamatan dan keamanan bandar udara dan lainnya.

7.    D3 Teknik Bangunan dan Landasan

Terakhir adalah jurusan yang berfokus pada bangunan dan landasan di bandara. Jurusan ini akan berfokus landasan pacu pesawat atau runway pesawat. Apa saja yang akan dipelajari? Taruna dan Taruni jurusan ini akan belajar teknik perawatan, pengaturan dan juga pengoperasian fasilitas sisi darat (FSD) dan Fasilitas Sisi Udara (FSU), serta pengawasan kegiatan konstruksi atau perbaikan bangunan di bandara.

Demikianlah 7 pilihan jurusan Politeknik Penerbangan Surabaya beserta fokus pembelajarannya. Tertarik masuk di sekolah kedinasan Poltekbang Surabaya ini? Yuk persiapkan diri untuk ikut seleksi masuknya di Bimbel Kedinasan Indonesia College. Materi ajarannya lengkap akurat mirip aslinya dan diajarkan oleh Tentor profesional di bidangnya. Informasi selengkapnya bisa klik di sini, jangan sampai ketinggalan!

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *