Tinggal Menghitung Hari! Ini Ketentuan Pakaian Saat SKD dan Aturan Lain yang Harus Diperhatikan

Ketentuan Pakaian Saat SKD – Sudah berhasil lolos di seleksi administrasi? Jangan senang dulu, karena kamu masih harus melewati tahapan seleksi lainnya. Calon mahasiswa, taruna dan praja sekolah kedinasan 2024 yang lolos seleksi tahap administrasi dan sudah melakukan pembayaran PNBP akan melanjutkan ke tahap SKD (Seleksi Kompetensi Dasar).

Sesuai dengan ketetapan dari Badan Kepegawaian Negara di SK No. 3381/B-KS.04.01/SD/K/2024, jadwal pelaksanaan SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) Sekolah Kedinasan 2024 akan berlangsung pada 18 Juli sampai dengan 6 Agustus 2024. Masing-masing peserta akan mendapatkan waktu dan tempat pelaksanaan SKD. Nah saat pelaksanaan tersebut, setiap peserta diharuskan mengikuti ketentuan yang berlaku, salah satunya adalah ketentuan berpakaian.

Ketentuan Pakaian Saat SKD

Saat pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar, semua peserta yang lolos administrasi diharuskan mengikuti ketentuan berpakaian sesuai dengan ketentuan yang berlaku, yakni:

1.      Peserta laki-laki:

  • Kemeja lengan panjang berwarna putih
  • Celana panjang berwarna hitam
  • Sepatu berwarna hitam formal, boleh pantofel atau sepatu sekolah

2.      Peserta perempuan:

  • Kemeja lengan panjang berwarna putih
  • Rok panjang atau celana panjang berwarna hitam
  • Sepatu berwarna hitam formal, boleh pantofel atau sepatu sekolah
  • Jilbab berwarna hitam (bagi yang berhijab)

Untuk penggunaan celana hitam atau rok, tidak diperkenankan menggunakan bahan kaos maupun jeans. Jadi pastikan celana atau rok tersebut merupakan celana atau rok kain.

Baca juga: 4 Daftar Jurusan Politeknik STTT Bandung dan Fasilitas Kampusnya

Berkas yang Harus Dibawa Saat SKD

Sebelum berangkat, kamu juga harus membawa beberapa berkas penting di antaranya:

  1. Kartu tanda peserta atau kartu ujian mendaftar di sekolah kedinasan, kartu ini diprint atau dicetak dengan ukuran A4 atau F4 dan tidak perlu dilaminating.
  2. Kartu tanda pengenal asli seperti KTP, KIA atau KK.
  3. Membawa ijazah atau Surat Keterangan Lulus (SKL) atau Transkrip Nilai yang berisikan Nilai Ujian Akhir.

Ketentuan Pada Hari Ujian SKD

  • Peserta tidak diperbolehkan menggunakan aksesoris seperti gelang, anting, jam tangan, kalung, sabuk atau ikat pinggang.
  • Usahakan untuk datang 30 menit sampai 1 jam sebelum jadwal ujian dimulai
  • Kertas sudah disediakan oleh panitia, jika kekurangan bisa mengajukan tangan untuk meminta kertas tambahan kepada panitia.
  • Dilarang berisik
  • Dilarang membawa makanan dan minuman
  • Dilarang menoleh kanan kiri, komputer selalu ada kamera yang mengintai 24 jam
  • Duduk pada tempat yang ditentukan.
  • Membawa alat tulis berupa pensil ke dalam ruangan tes.
  • Mendengarkan pengarah Panitia sebelum pelaksanaan tes dengan sistem CAT dimulai.
  • Mengerjakan semua soal tes yang tersedia sesuai dengan alokasi waktu yang ditentukan.
  • Dilarang membawa kalkulator, telepon genggam (handphone) atau alat komunikasi lainnya, kamera dalam bentuk apa pun, jam tangan, bolpoint

Sanksi bagi Peserta

Pelaksanaan SKD ini akan sangat ketat peraturannya, dan bagi peserta yang melanggar ketentuan akan langsung diberikan sanksi tegas, yakni:

  1. Peserta yang terlambat pada saat dimulainya tes tidak diperkenankan masuk untuk mengikuti tes dan dianggap gugur
  2. Peserta yang kedapatan melanggar tata tertib dalam ujian SKD dianggap gugur dan dikeluarkan dari ruangan tes, serta dicoret dari daftar hadir dan otomatis dinyatakan tidak lulus

Jadi demikianlah ketentuan pakaian saat SKD, berkas yang harus dibawa, ketentuan hari H dan sanksi yang berlaku bagi peserta yang melanggar aturan. Bagi kamu yang belum punya bekal cukup untuk ikut SKD, bimbel kedinasan Indonesia College bisa bantu kamu punya persiapan maksimal dan dapatkan skor tinggi! Kamu akan dapat materi lengkap akurat, yang sudah meloloskan ribuan siswa ke sekdin impian! Yuk jangan sampai ketinggalan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *