Yuk Kenalan dengan Kampus dan Jurusan Politeknik ATK Yogyakarta

Jurusan Politeknik ATK Yogyakarta – Politeknik ATK Yogyakarta berlokasi di Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55188. Kampus diploma ini berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia. Politeknik ATK Yogyakarta sudah berdiri sejak tahun 1959, dan menjadi satu-satunya kampus yang mempelajari tentang teknologi kulit, karet, plastik dan produk turunannya seperti tas, sepatu, dan busana.

Kurikulum yang digunakan di Politeknik ATK Yogyakarta disusun dalam perbandingan kurang lebih 38% teori, dan 62% praktik. Yuk kenalan lebih dalam seputar kampus ini!

Jurusan Politeknik ATK Yogyakarta

Terdapat 3 jurusan di program diploma 3, berikut di antaranya:

1.    D3 Teknologi Pengolahan Kulit (TPK)

Jurusan TPA ini mempelajari di bidang pengolahan kulit dan pengembangan pemanfaatan kulit, meliputi seleksi dan grading kulit, bahan kimia, mesin, pengawetan, proses penyamakan, finishing, pengujian, pengolahan limbah, produk pangan hasil kulit, pemanfaatan teknologi terbaru, dan wirausaha.

Prospek Lulusannya:

  • Tenaga Ahli di bidang sortasi dan grading kulit, baik industri kulit maupun alas kaki dan produk kulit
  • Tenaga Ahli di bidang pengawetan kulit
  • Tenaga Ahli di bidang pengolahan kulit (leather dan non leather).
  • Tenaga Ahli di bidang khemikalia
  • Tenaga Ahli pengolahan limbah
  • Wirausahawan/enterpreneur
  • PNS, Pegawai BUMN, TNI/Polri
  • Instruktur/Pengajar di bidang kulit
  • Asisten Peneliti di bidang kulit

2.    D3 Teknologi Pengolahan Produk Kulit (TPPK)

Jurusan TPPK ini memiliki spesialisasi di teknik produksi produk yang berbahan kulit (leather), sintetis, plastik dan rubber yang hasilnya berupa busana, sepatu, sandal, tas, sarung tangan sampai dengan aksesoris fashion. Selama perkuliahannya, mahasiswa akan belajar proses perancangan, pemodelan, pembuatan prototype, pembuatan pola, cutting, sewing, assembling sampai proses Quality Control.

Baca juga: 10 PTKIN Peminat Terbanyak Di UM-PTKIN 2024, UIN Bandung Di Posisi Pertama

Prospek Kerjanya:  

Mahasiswa jurusan ini dipersiapkan untuk mampu merancang dan membuat produk secara kreatif dan inovatif, fungsional, praktis dan up-to-date. Sementara untuk lulusannya bisa menempati posisi berikut:

  • Supervisor bidang produk kulit/alas kaki.
  • Buyer Inspector (Quality Control) bidang produk kulit/alas kaki.
  • Product DevelopmentPattern Maker bidang produk kulit/alas kaki.
  • Penyuluh industri bidang produk kulit/alas kaki.

3.    D3 Teknologi Pengolahan Karet dan Plastik (TPKP)

Jurusan TPKP ini memfokuskan pada pembelajaran komprehensif seputar pengolahan karet dan plastik, mulai dari pengetahuan dasar karet dan plastik, material, teknologi produksi, proses produksi, pengujian mutu material dan produk, dan juga desain mold.

Prospek Kerjanya:

  • Teknisi di bidang proses pengolahan karet dan plastik
  • Analis pada industri karet dan plastik
  • Peneliti pada Research and Development pada industri karet dan plastik

Mengapa Kuliah di Politeknik ATK Yogyakarta?

Ada beberapa keunggulan dari Politeknik ATK Yogyakarta yang bisa kamu pertimbangkan, di antaranya:

  1. Program Pendidikan Dual System: ditujukan supaya mahasiswanya memiliki pengetahuan dan keterampilan yang seimbang dan sesuai kebutuhan industri.
  2. Teaching Factory: menggabungkan pembelajaran praktis di lingkungan industri dengan pendekatan teori di kelas, sehingga lulusannya siap kerja.
  3. Satelit PIDI 4.0: Politeknik ATK Yogyakarta menjadi salah satu satelit Pusat Industri Digital 4.0 (PIDI 4.0) yang berfungsi sebagai sarana pendukung perkuliahan, sarana showcase, dan sarana pelatihan.
  4. Inkubator Bisnis Industri: memberikan dukungan dan sumber daya kepada mahasiswa untuk mengembangkan dan mewujudkan ide-ide bisnis menjadi start-up atau perusahaan sukses.

Jadi demikianlah pengenalan seputar kampus, jurusan Politeknik ATK Yogyakarta sampai dengan keunggulannya. Bagaimana, tertarik untuk melanjutkan kuliah di Politeknik ATK Yogyakarta?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “Yuk Kenalan dengan Kampus dan Jurusan Politeknik ATK Yogyakarta”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *