Prospek Karier Lulusan Setiap Jurusan Poltekbang Medan yang Menjanjikan

Poltekbang Medan – Awal mula berdirinya Politeknik Penerbangan Medan adalah menggunakan nama Balai Diklat Penerbangan Medan yakni pada 1989. Kemudian namanya berubah menjadi Akademi Teknik dan Keselamatan Penerbangan (ATKP) pada 2002. Lanjut berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan nomor PM 51 Tahun 2019 sekarang ATKP Medan sudah berubah nama menjadi Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Medan.

Poltekbang Medan ini berada di bawah binaan Kementerian Perhubungan, yang tugasnya adalah menyelenggarakan program pendidikan vokasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang penerbangan dan Diklat Transportasi Udara.

Jurusan dan Prospek Lulusan Poltekbang Medan

Poltekbang Medan

Politeknik Penerbangan Medan membuka 4 program studi di jenjang Diploma III, berikut rinciannya:

1.    Diploma III Pemandu Lalu Lintas Udara (PLLU)

Jurusan ini bisa dikenal juga dengan Air Traffic Control (ATC) yang memberikan layanan pemanduan lalu lintas di udara terutama untuk pesawat udara, dengan tujuan untuk mencegah pesawat terlalu dekat dengan yang lain, mencegah tabrakan antar pesawat udara, serta mengontrol pesawat udara melewati rintangan yang ada di sekitarnya selama beroperasi.

Baca juga: Berapa Besaran Gaji Lulusan IPDN dan Apa Saja Tunjangan yang Akan Didapatkan?

Prospek lulusannya antara lain:

  • Pemandu Lalu Lintas Penerbangan: tugasnya adalah memandu pelayanan lalu lintas penerbangan yang mempunyai keterampilan, keahlian dan ilmu pengetahuan di bidang pemanduan lalu lintas penerbangan sesuai standar pendidikan penerbangan nasional dan internasional untuk menunjang keselamatan penerbangan.
  • Inspektur Penerbangan: bertugas mengawasi keselamatan, keamanan dan pelayanan penerbangan
  • Laboran: bertugas mengawasi, mencatat, memelihara dan melakukan pemanfaatan di laboratorium.

2.    Diploma III Teknik Telekomunikasi dan Navigasi Udara (TNU)

Jurusan TNU ini mempelajari bagaimana memelihara, mengoperasikan, dan memperbaiki peralatan telekomunikasi dan navigasi udara. Untuk prospek lulusannya antara lain:

  • Teknik Navigasi Udara (Air Navigation Technician): bertugas mengoperasikan, memelihara peralatan telekomunikasi penerbangan sesuai dengan prosedur operasional yang baru dan sesuai peraturan yang berlaku.
  • Teknik Elektronika Bandar Udara (Airport Electronic Technician): bertugas mengoperasikan, memelihara peralatan telekomunikasi penerbangan sesuai dengan prosedur operasional yang baru dan sesuai peraturan yang berlaku.

Baca juga: 3 Jurusan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan Syarat Masuknya

3.    Diploma III Teknik Listrik Bandar Udara (TLBU)

Jurusan TLBU menjadi bidang ilmu yang akan mempelajari kelistrikan bandar udara, termasuk penerangan dan sistem kelistrikan di sisi udara (air side). Untuk prospek lulusannya tentu tidak jauh-jauh dari apa yang dipelajari, yakni:

  • Personel Listrik Bandar Udara: yang bertugas melakukan pemeliharaan, perbaikan ringan, perencanaan jaringan sistem peralatan kelistrikan di bandara sesuai prosedur operasional baku dan peraturan yang berlaku.
  • Auditor Internal Kelistrikan (Pelaksana Sertifikasi): tugasnya melakukan pengukuran dan penilaian terhadap sistem peralatan kelistrikan di bandara dalam rangka pelaksanaan internal audit.

4.    Diploma III Teknologi Pemeliharaan Pesawat Udara (TPPU)

Terakhir jurusan TPPU ini yang akan belajar perawatan dan pemeliharaan pesawat udara, termasuk perawatan rutin, pemeriksaan berkala, dan perawatan preventif. Dengan begitu pesawat bisa beroperasi dengan aman, efisien, dan sesuai dengan standar keamanan penerbangan.

Prospek Lulusannya:

  • Teknisi Pemeliharaan Pesawat Udara di bidang Avionic: tugasnya melakukan pemeliharaan rutin dan non rutin pesawat di bidang Avionic
  • Perencana dan pengendali produksi pesawat udara bidang Avionic: tugasnya melaksanakan proses administrasi pendukung data perencanaan pemeliharaan pesawat udara di bidang Avionic
  • Pelaksana Inspeksi: bertugas melakukan inspeksi terhadap pengoperasian Pesawat udara, personel, dokumentasi kelaikudaraan dan organisasi

Demikianlah prospek karier lulusan setiap jurusan di Poltekbang Medan yang sudah terjamin. Tertarik jadi Taruna/Taruni sekolah kedinasan ini? Yuk maksimalkan persiapan kamu dengan bimbel Indonesia College. Kamu akan dapat materi lengkap akurat mirip aslinya dan diajar oleh tentor profesional di bidangnya. Ribuan siswa sudah berhasil, ambil kesempatanmu di sini sekarang yuk!

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *