Berapa Besaran Gaji Lulusan IPDN dan Apa Saja Tunjangan yang Akan Didapatkan?

Gaji Lulusan IPDN – Bagi pejuang sekolah kedinasan IPDN, kamu pasti penasaran dengan gaji yang akan didapatkan setelah lulus dan bekerja nantinya. Lulusan IPDN sendiri sudah mendapat jaminan akan langsung diangkat menjadi CPNS dan akan bekerja di sektor pemerintahan.

Gaji lulusan IPDN nanti setelah resmi menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) sudah diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 15 Tahun 2019, tentang Perubahan ke 18 Peraturan Pemerintah No. 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS.

Berapa Gaji Lulusan IPDN?

gaji lulusan IPDN

Lulusan Praja IPDN nantinya bisa bekerja di lingkungan birokrasi pemerintahan, dengan memulai karier di posisi staf pemerintah daerah (Pemda), Pemerintahan Provinsi (Pemprov) atau Kantor Kementerian.

PNS lulusan IPDN akan masuk dalam golongan 3A, dan akan mendapatkan nominal gaji sebesar Rp 2.579.000. Nominal tersebut belum termasuk dengan tunjangan yang akan didapatkan, ada tunjangan kinerja dan tunjangan lainnya yang akan didapatkan sesuai dengan kemampuan APBD. Serta ada kebijakan instansi dalam Tunjangan Kinerja Daerah (TKD), contohnya untuk wilayah Jakarta yaitu bisa sebesar Rp 17.370.000, bahkan bisa lebih jika mencapai jabatan struktural yang bisa mendapat sekitar Rp28 juta.

Baca juga: 3 Jurusan Politeknik Ilmu Pelayaran Makassar dan Syarat Masuknya

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Besaran Gaji dan Tunjangan

Besaran gaji dan tunjangan tadi bisa berbeda, karena akan menyesuaikan kemampuan APBD dan kebijakan instansi tempat kamu bekerja nantinya. Selain itu ada beberapa faktor lain yang menentukan besaran gaji dan tunjangan, antara lain:

1.    Jabatan

Dalam dunia karier nanti akan ada banyak tingkatan jabatan atau posisi yang akan mempengaruhi besaran gajinya. Jika kamu menjabat dalam posisi yang tinggi, selain semakin berat tugas yang akan dikerjakan, gaji yang akan diterima juga akan semakin tinggi.

2.    Tingkat Pendidikan

Faktor tingkat pendidikan juga akan berpengaruh, semakin tinggi tingkat pendidikan, baik magister atau doktor akan memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan gaji yang lebih besar.

3.    Pengalaman Kerja

Lama masa kerja akan dihitung sebagai pengalaman kerja yang akan sangat menjadi pertimbangan dalam kenaikan gaji, karena pengalaman akan menentukan keahlian dan kontribusi berharga bagi instansi pemerintahan.

4.    Lokasi Penempatan

Selain itu lokasi penempatan juga akan sangat mempengaruhi besaran gaji dan tunjangan yang akan didapat. Jika kamu ditempatkan di kota-kota besar dengan standar gaji yang tinggi maka akan tinggi pula gaji yang akan didapat. Sebaliknya jika kamu ditempatkan di wilayah dengan standar gaji yang kecil maka kecil juga gaji yang akan didapatkan.

Baca juga: Mau Berkarier di Bidang Penerbangan? Yuk Kenalan dengan 7 Jurusan Politeknik Penerbangan Surabaya

Tunjangan dan Fasilitas Lainnya

Lulusan IPDN tidak hanya mendapat gaji pokok saja, karena ada berbagai tunjangan dan fasilitas tambahan dari instansi pemerintahan tempat bekerja yang akan didapatkan. Tunjangan-tunjangan tersebut di antaranya:

  1. Tunjangan Kinerja

Ini diberikan sebagai bentuk insentif yang diberikan kepada PNS yang memiliki kinerja atau prestasi kerja yang baik. Besarannya akan tergantung pada kerja masing-masing.

  1. Tunjangan Jabatan

Ini diberikan kepada PNS yang menduduki jabatan tertentu dalam struktur organisasi pemerintahan. Besarannya pun akan bergantung pada tingkat jabatan yang diemban.

  1. Tunjangan Transportasi

Ini berupa bantuan biaya transportasi atau fasilitas kendaraan dinas.

  1. Tunjangan Keluarga

Tunjangan ini diberikan kepada PNS yang memiliki tanggungan keluarga (pasangan dan anak), besarannya juga akan bergantung pada jumlah tanggungan dan tingkat pendidikan anak.

  1. Tunjangan Kesehatan

PNS juga akan mendapatkan asuransi kesehatan atau layanan kesehatan tambahan untuk PNS dan keluarganya dengan batasan tertentu.

  1. Tunjangan Hari Raya

Ini pasti akan didapatkan satu tahun sekali, yang menjadi tunjangan khusus menyambut hari raya, dengan besaran gaji pokok dan tunjangan lain.

  1. Fasilitas Pendidikan

Tunjangan ini diberikan sebagai dukungan untuk melanjutkan pendidikan atau mengikuti pelatihan profesional.

Jadi itu dia besaran gaji lulusan IPDN beserta tunjangan yang akan didapatkan. Tertarik lanjut pendidikan di IPDN? Kamu perlu memaksimalkan persiapan ikut seleksi masuknya dengan ikut bimbel kedinasan Indonesia College. Persaingannya sangat ketat, kamu butuh materi prediktif akurat yang mirip aslinya. Ribuan siswa sudah berhasil, dapatkan informasi selengkapnya di sini, yuk!

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *