3 Pilihan Jurusan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang dan Kriteria Pendidikannya

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang – PIP Semarang adalah kependekan dari Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang merupakan salah satu institusi perguruan tinggi di bidang Pelayaran dan Kepelabuhan di bawah binaan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia. Kampus kedinasan ini menjadi salah satu kampus terbaik di bidang vokasi pelayaran dan kepelabuhan.

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang ini sudah berdiri sejak 1951 dengan nama awal Sekolah Pelayaran Semarang atau SPS. Sekarang ini sekolah kedinasan ini masuk dalam White List di Internasional Maritime Organization sejak tahun 2000. Tugasnya sendiri adalah mendidik dan melatih pemuda-pemudi lulusan SLTA di bidang pelayaran dan pelabuhan untuk nantinya bisa menjadi Perwira Pelayaran Besar dan Tenaga Ahli Angkutan Laut/Kepelabuhanan untuk memenuhi armada angkatan laut nasional maupun internasional.

Jurusan Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang

Sekarang ini, sekolah kedinasan ini sudah membuka 3 pilihan jurusan di jenjang Diploma IV dan pendidikan diklat. Untuk jenjang Diplomanya, calon Taruna/Taruni bisa mendaftar melalui jalur reguler pola pembibitan maupun jalur mandiri. Berikut rinciannya:

1.    Diploma IV Nautika

Jurusan Nautika akan mengajarkan Taruna/i PIP Semarang bagaimana cara mengemudikan kapal dari satu tempat ke tempat lainnya di perairan, baik regional maupun internasional. Jadi lulusannya akan mengetahui berbagai macam ilmu pelayaran. Lulusan jurusan ini bisa bekerja sebagai Nakhoda/Kapten kapal yang andal dan bisa bersaing di kancah internasional.

Jurusan ini sudah terakreditasi Unggul berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT No. 2246/SK/BAN-PT/Ak.KP/STr/VI/2023 yang berlaku sampai 11 April 2025 mendatang.

Baca juga: Prospek Karier Lulusan STIP Jakarta, Bisa Jadi PNS atau Perwira di Atas Kapal!

Kriteria masuk Program D IV Nautika:

SMA/ MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Nautika Kapal Niaga.

2.    Diploma IV Teknika

Selanjutnya untuk jurusan Teknika akan mendidik Taruna/i lulusan SLTA sederajat untuk bisa menjadi Perwira Pelayaran Besar (Samudera) di bidang keahlian mesin kapal. Tugas dan tanggung jawabnya adalah mengoperasikan dan memelihara mesin kapal selama kapal berlayar sampai tujuan dengan aman.

Jurusan ini sudah terakreditasi A berdasarkan SK BAN-PT No. 2401/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/ST/IV/2020 yang berlaku sampai 11 April 2025 mendatang.

Kriteria masuk Program D IV Teknika:

SMA/ MA (IPA) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga Jurusan Teknika Kapal Niaga, SMK Jurusan Teknik Mesin, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika (kecuali Teknik Audio Video dan Instrumentasi Medik), Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Permesinan Kapal, Teknik Instrumentasi Industri.

Baca juga: 3 Jurusan Poltektrans SDP Palembang dan Prospek Karier Lulusannya

3.    Diploma IV Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan (TALK)

Terakhir jurusan TALK yang akan mendidik dan melatih lulusan SLTA sederajat untuk menjadi ahli Tatalaksana Angkutan Laut dan Kepelabuhan yang menguasai sistem manajemen transportasi nasional dan internasional.

Jurusan TALK ini sudah terakreditasi Unggul berdasarkan SK BAN-PT No. 2499/SK/BAN-PT/Ak.KP/STr/VI/2023 sampai dengan 30 Desember 2025.

Kriteria masuk Program D IV TALK:

SMA/ MA (IPA dan IPS) sederajat, SMK Pelayaran Kapal Niaga, SMK Bidang Bisnis dan Pemasaran, Manajemen Perkantoran, Akuntansi dan Keuangan, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Logistik.

Fasilitas Penunjang Pendidikan PIP Semarang

Untuk memaksimalkan penyerapan pendidikannya, PIP Semarang menyediakan fasilitas mulai dari:

  1. Laboratorium dan Simulator:
  • Lab & Simulator Nautika
  • Lab & Simulator Teknika
  • Lab & Simulator TALK
  • Lab & Simulator Umum
  1. Masjid
  2. Poliklinik
  3. Lembaga Sertifikasi Profesi
  4. Kelas
  5. Perpustakaan

Itulah informasi seputar Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang yang mungkin bisa jadi referensi untuk kamu yang mau menjadi Kapten di atas kapal pelayaran. Belum punya bekal untuk masuk sekolah kedinasan ini? Bimbel kedinasan Indonesia College siap membantu kamu memiliki persiapan maksimal menjadi Taruna/i PIP Semarang. Yuk dapatkan informasi lebih lanjut di sini!

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *