Apa Itu STMKG? Ini Profil, Jurusan dan Keunggulannya yang Sangat Menjanjikan

Apa Itu STMKG – Perguruan Tinggi Kedinasan atau biasa dikenal sebagai sekolah kedinasan di  Indonesia sudah ada banyak sekali macamnya. Salah satunya adalah STMKG yang dikelola langsung oleh BMKG sebagai salah satu lembaga pemerintahan non-kementerian di Indonesia. Sekolah kedinasan ini akan berfokus mempelajari bidang Prakiraan Cuaca, Iklim, Kualitas Udara, dan Gempa bumi. Simak selengkapnya untuk mengetahui informasi seputar STMKG ini.

Apa Itu STMKG?

Sekolah kedinasan STMKG merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG). STMKG tadinya didirikan di Bandung pada 1955 sebagai Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) di ITB, kemudian pindah ke Jakarta pada 1960.

Dari 1978, AMG berganti nama menjadi Balai Pendidikan dan Latihan Meteorologi dan Geofisika (BPLMG) di bawah Badan Diklat Departemen Perhubungan. Pada 2000, nama kembali menjadi AMG dan pindah ke Bintaro. Mulai 2005, AMG berada di bawah Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) sebagai Lembaga Pemerintah Non Departemen.

Pada 2014, AMG resmi berubah menjadi Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) di bawah BMKG. Pada 25 Maret 2024, gedung baru STMKG diresmikan di Tangerang, menandai semangat baru untuk menghasilkan generasi muda yang andal di bidang MKGI.

Baca juga: Perbedaan SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama Polri yang Harus Kamu Tau

Jurusan dan Akreditasi STMKG

apa itu STMKG

STMKG sudah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi, berdasarkan Surat Keputusan No. 1137//SK//BAN-PT/Ak/PT/XII/2023 dengan predikat Baik Sekali.

1.    D-IV Meteorologi

Jurusan Meteorologi sudah terakreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal, berdasarkan Surat Keputusan No. 028/SK/LAMSAMA/Akred/STr/IV/2024 dengan akreditasi Unggul.

Lulusan STMKG di Prodi D-IV Meteorologi bukan hanya ahli dalam pengamatan unsur-unsur cuaca, tetapi juga unggul dalam analisis dan pengolahan data meteorologi. Dengan keahlian ini, mereka siap menjadi inovator dalam penelitian dan pengembangan penerapan ilmu meteorologi di berbagai sektor

2.    D-IV Klimatologi

Jurusan Klimatologi sudah terakreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal, berdasarkan Surat Keputusan No. 050/SK/LAMSAMA/Akred/DIV/VI/2023 dengan akreditasi Baik Sekali

Lulusan jurusan D-IV Klimatologi nantinya akan menjadi garda terdepan dalam memahami dan menganalisis perubahan iklim. Dengan kemampuan yang unggul ini, lulusan Klimatologi STMKG siap untuk berkontribusi nyata dengan melakukan penelitian dan pengembangan solusi berbasis ilmu klimatologi.

Baca juga: 3 Pilihan Jalur Seleksi dan Syarat Masuk PPI Madiun

3.    D-IV Geofisika

Jurusan Geofisika sudah terakreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal, berdasarkan Surat Keputusan No. 049/SK/LAMSAMA/Akred/DIV/VI/2023 dengan akreditasi Baik Sekali

STMKG menyiapkan lulusan jurusan D-IV Geofisika, untuk menjadi ahli dalam melakukan pengamatan dan menganalisis fenomena geofisika. Taruna dan Taruninya dibekali kemampuan untuk melakukan penelitian yang mendalam, agar nantinya bisa membuka peluang baru dalam penerapan ilmu geofisika.

4.    D-IV Instrumentasi-MKG

Jurusan Instrumentasi MKG sudah terakreditasi dari Lembaga Akreditasi Mandiri Program Studi Keteknikan, berdasarkan Surat Keputusan No. 0177/SK/LAM teknik/VST/IV/2024 dengan akreditasi Unggul

Lulusan jurusan D-IV Instrumentasi-MKG (meteorologi, klimatologi, dan geofisika) STMKG adalah pionir di bidang instrumentasi yang berwawasan global dan siap untuk mendukung layanan jasa di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. Jurusan ini mempersiapkan Taruna dan Taruninya untuk bisa mengembangkan teknologi baru melalui penelitian yang inovatif, menjawab tantangan masa depan.

Keunggulan STMKG

Masih bingung mau masuk di sekolah kedinasan STMKG? Ada banyak sekali keunggulan dari STMKG ini, berikut untuk rinciannya:

1.    Ikatan Dinas

STMKG ini sudah menerapkan program ikatan dinas, yang menjamin lulusannya akan langsung diangkat menjadi CPNS dan penempatan kerjanya adalah di BMKG.

2.    Terakreditasi

Sekolah kedinasan ini sudah memiliki kualitas pendidikan yang diakui, dengan bukti terakreditasi “Sangat Baik” oleh BAN-PT.

3.    Beasiswa Luar Negeri​

Lulusan Taruna dan Taruni STMKG juga berkesempatan tinggi mendapatkan beasiswa S2 di luar negeri​.

4.    Biaya Pendidikan Gratis​

Calon Taruna yang berhasil lolos tidak perlu khawatir karena seluruh biaya kuliah ditanggung oleh negara.​

5.    Tunjangan Ikatan Dinas

Taruna/i mendapatkan tunjangan selama masa studi, ini sudah termasuk biaya makan setiap harinya.

6.    Fasilitas Asrama

Taruna/i tingkat 1 sudah disediakan asrama untuk mendukung kehidupan kampus, jadi tidak perlu bingung memikirkan tempat tinggal bagi kamu yang jauh dari kampus.

7.    Green Building

Fasilitas gedung STMKG sudah ramah lingkungan, yang memberikan lingkungan belajar sehat dan juga modern.

8.    Kurikulum Spesialisasi

Pendidikan yang ada di STMKG sudah menerapkan kurikulum khusus di bidang meteorologi, klimatologi, geofisika, dan instrumentasi yang sesuai dengan kebutuhan BMKG.

9.    Program Ketarunaan dan Pengembangan Karakter

Setiap Tarunanya akan mendapatkan program ketarunaan dengan sistem semi militer yang berfokus pada pengembangan karakter, disiplin, kepemimpinan dan tangguh.

Demikianlah penjelasan mengenai apa itu STMKG, jurusan dan keunggulannya. Tertarik untuk masuk STMKG dan jadi ASN? Bimbel kedinasan Indonesia College bisa membantu kamu untuk lolos STMKG, dengan persiapan ikut seleksi yang matang. Kamu akan dapat materi lengkap dan akurat, serta pengajar yang profesional di bidangnya. Raih impianmu bersama kami di sini dan jadi salah satu dari ribuan alumni kami yang sudah berhasil, yuk!

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *