Perbedaan SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama Polri yang Harus Kamu Tau

Perbedaan SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama – Dalam seleksi penerimaan anggota Kepolisian Republik Indonesia, ada beberapa jalur yang dibuka dengan kualifikasi ketentuan yang berbeda-beda. Nantinya masing-masing akan memiliki tugas dan wewenang yang berbeda. Saat ini ada 4 jalur pendidikan untuk menjadi calon Polri, di antaranya ada SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama.

Tentunya bagi orang awam, jalur-jalur tersebut masih banyak yang belum tahu. Jadi, yuk simak penjelasan selengkapnya di sini!

Perbedaan SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama

perbedaan SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama
Sumber: Humas Polri Bukittinggi

Setiap jalur penerimaan calon anggota kepolisian memiliki persyaratan yang berbeda-beda. Berikut perbedaan antara SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama:

1.    SIPSS

Jalur ini merupakan singkatan dari Sekolah Inspektur Polisi Sumber Sarjana, yang diperuntukkan bagi lulusan Sarjana yang ingin menjadi anggota Polri. Lulusan D4, S1, S2 dan Profesi diperbolehkan untuk mendaftarkan diri pada jalur ini.

Pendaftar yang lolos jalur SIPSS ini nantinya akan menjalani masa pendidikan selama kurang lebih 6 bulan.  Lalu lulusannya akan mendapatkan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA). Untuk tempat pendidikannya ada di Akpol Lemdiklat Polri, Semarang, Jawa Tengah.

Lalu setelah selesai pendidikan, lulusannya akan ditugaskan sesuai dengan keahlian dan kompetensi keilmuannya masing-masing, yang sesuai dengan jurusan yang didaftarkan. Jalur SIPSS ini menerima lulusan dari berbagai latar belakang pendidikan, seperti jurusan hukum, kedokteran, psikologi, teknik, pendidikan,

2.    Akpol

Untuk yang kedua ini pasti sudah banyak yang paham, Akademi Kepolisian atau Akpol ini menjadi salah satu yang populer. Peserta yang lolos seleksi Akpol akan menjadi Taruna/Taruni dan menjalani pendidikan dan pelatihan dalam jangka waktu 4 tahun. Lulusannya akan menjadi Perwira Pertama (Pama) Polri dengan pangkat Inspektur Polisi Dua (IPDA).

Dalam pendaftarannya, Akpol menerima lulusan SMA/MA/Sederajat dengan ketentuan yang berlaku. Salah satu persyaratannya adalah berusia paling rendah 16 tahun dan maksimal 21 tahun saat pembukaan pendidikan.

3.    Bintara

Jalur ketiga adalah Bintara, yang menerima lulusan SMA/Sederajat, serta terbuka juga bagi lulusan perguruan tinggi untuk jenjang D1 sampai dengan S1. Bintara sendiri merupakan tulang punggung operasional kepolisian di lapangan, peran Bintara strategis dalam berbagai operasi kepolisian.

Lulusannya akan mendapatkan pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda). Masa pendidikannya agak berbeda dengan pendidikan Akpol, karena masa pendidikannya hanya menempuh waktu kurang lebih 5 bulan saja.

Bintara ini juga memiliki 5 jenis yang nantinya bisa dipilih oleh pelamar, yaitu Bintara Polisi Tugas Umum (PTU), Bintara Kompetensi Khusus Tenaga Kesehatan (Nakes), Bintara Kompetensi Khusus Hukum, Bintara Kompetensi Khusus Kehumasan/Ti hingga Bintara Kompetensi Khusus Pariwisata.

4.    Tamtama

Jalur terakhir adalah Tamtama, yang menerima lulusan SMP/sederajat dan juga SMA/sederajat dengan usia maksimal 22 tahun. Tamtama merupakan posisi awal dalam struktur kepolisian, jadi tingkat ini berada di bawah Tamtama.

Untuk fokusnya adalah pelaksanaan tugas teknis dan operasional dasar, dengan gelar yang akan didapatkan adalah Bhayangkara Dua (Bharada) setelah lulus pendidikan selama 5 bulan. Lalu tempat pendidikannya akan berada di Pusdik Brimob dan Pusdik Polair.

Itulah perbedaan SIPSS, Akpol, Bintara dan Tamtama Polri yang bisa kamu pahami jika ingin menjadi anggota Kepolisian. Tertarik masuk jalur yang mana? Yuk persiapkan diri kamu untuk lolos semua tahap seleksi penerimaan Polri dengan ikut bimbel di Indonesia College. Kamu akan dapat materi lengkap akurat dengan pengajar yang profesional di bidangnya. Ribuan siswa sudah berhasil, dapatkan informasi selengkapnya di sini yuk.

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *