Informasi Lengkap Seputar Sekolah Kedinasan Cyber Security Politeknik SSN

Sekolah Kedinasan Cyber – Mau belajar cyber security dan lulus langsung bekerja di Badan Siber dan Sandi Negara Republik Indonesia? Sekolah kedinasan cyber Politeknik SSN jadi pilihan yang tepat untuk kamu. Kamu bisa mempelajari ilmu seputar keamanan jaringan komputer, intelijen, kriptografi, dan cara membuat hardware yang aman untuk menjaga kerahasiaan data negara. Yuk ketahui selengkapnya seputar Politeknik SSN ini.

Sejarah Singkat Politeknik SSN

sekolah kedinasan cyber

Poltek SSN berasal dari pendidikan sandi yang dimulai pada tahun 1946 bersamaan dengan pembentukan organisasi sandi di Kementerian Pertahanan. Pada tahun 1950, pendidikan disempurnakan dengan pendirian Djawatan Sandi, dan selanjutnya dikembangkan menjadi Akademi Sandi Negara (AKSARA) pada tahun 1973.

AKSARA kemudian ditingkatkan menjadi Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) pada tahun 2003, dengan kurikulum yang mengalami empat revisi hingga 2016. Pada tahun 2019, STSN berubah menjadi Politeknik Siber dan Sandi Negara (POLTEK SSN) untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di bidang siber dan sandi.

Perubahan ini berdasarkan surat Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 03/M/I/2018 dan berdasarkan persetujuan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor B/1007/M.KT.01/2019.

Politeknik Siber dan Sandi Negara ini terletak di Jl. Raya H. Usa, Putat Nutug, Kec. Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat 16120.

Baca juga: 3 Pilihan Jalur Masuk PKN STAN dan Syarat Masuknya, Wajib Diperhatikan!

Sekolah Kedinasan Cyber POLTEK SSN

Perguruan Tinggi Kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara ini membuka beberapa pilihan program studi di jenjang Diploma IV dengan sistem paket yang harus diselesaikan dalam 8 semester atau selama 4 tahun. Berikut beberapa pilihannya:

1.    Program Studi Rekayasa Keamanan Siber

Program studi ini memiliki komposisi 40% teori dan 60% praktik/responsisi, dengan kurang lebih 2434 jam praktikum untuk mencapai kompetensi keahlian atau keterampilan khusus lulus program studi. Kurikulumnya juga sudah disusun berdasarkan perkembangan terkini dalam keamanan siber, sehingga diyakini bisa menjawab tantangan tugas BSSN di ranah keamanan siber.

2.    Program Studi Rekayasa Kriptografi

Prodi Rekayasa Kriptografi ini memiliki 2 bidang minat, yaitu:

  • Bidang Minat Rekayasa Sistem Kriptografi
  • Bidang Minat Rekayasa Perangkat Lunak Kriptografi

3.    Program Studi Rekayasa Perangkat Keras Kriptografi

Prodi ini berfokus melakukan pengembangan ilmu spesifik berkaitan dengan Embedded System Computer Engineering, Cyber Phisical System, dan Cryptographic Hardware Engineering.

Fasilitas Penunjang Pendidikan Poltek SSN

Taruna Poltek SSN disediakan fasilitas-fasilitas yang bisa digunakan sebagai penunjang pendidikan, berikut di antaranya:

  • Asrama
  • Poliklinik
  • Lapangan Olah Raga
  • Ruang Ibadah
  • Audiotorium
  • Ruang Kelas
  • Perpustakaan
  • Bahasa
  • Komputer
  • Elektro
  • Perangkat Lunak
  • Perangkat Keras
  • Perangkat Keamanan Siber

Persyaratan Pendaftaran Poltek SSN

  1. Warga Negara Indonesia (WNI);
  2. Pria/Wanita, dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 21 tahun pada tanggal 31 Desember tahun pendaftaran;
  3. Siswa Kelas XII, lulusan tahun pendaftaran dan 2 tahun sebelumnya:
    • SMA/MA Jurusan IPA
    • SMK Teknik Elektronika, jurusan: Teknik Audio Video, Teknik Elektronika Industri, Teknik Elektronika Daya dan Komunikasi, Teknik Robotik
    • SMK TI Bidang Keahlian Teknologi Informasi dan Komunikasi, jurusan: Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Komputer dan Jaringan, Sistem Informatika, Jaringan dan Aplikasi;
  4. Sehat jasmani dan rohani, tidak cacat fisik dan mental, serta tidak memiliki penyakit bawaan dan/atau menular;
  5. Tidak buta warna (parsial maupun total) dibuktikan dengan Surat hasil pemeriksaan buta warna dari dokter Puskesmas setempat/dokter unit pelayanan kesehatan pemerintah yang diterbitkan tahun pendaftaran;
  6. Tinggi badan minimal Pria 160 cm atau Wanita 150 cm dengan berat badan seimbang, dibuktikan dengan surat hasil pemeriksaan dari dokter Puskesmas setempat/unit pelayanan kesehatan pemerintah yang diterbitkan pada tahun pendaftaran;
  7. Tidak bertato atau bekas tato dan tidak bertindik atau bekas tindik (wanita boleh ditindik sepasang di telinga) kecuali yang disebabkan ketentuan agama/adat;
  8. Belum menikah, dibuktikan dengan surat keterangan dari Lurah atau Kepala Desa dan bersedia tidak menikah selama pendidikan di Poltek SSN;
  9. Belum pernah melahirkan (bagi wanita) dan belum pernah punya anak biologis (bagi pria);
  10. Tidak pernah putus studi/drop out (DO) dari Poltek SSN dan/atau Perguruan Tinggi Kedinasan Kementerian/Lembaga lainnya;
  11. Tidak sedang menjalani Ikatan Dinas dengan Instansi lain;
  12. Bersedia menyerahkan sertifikat hasil UTBK-SNBT;
  13. Setelah lulus pendidikan, bersedia ditempatkan di seluruh wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan bersedia bekerja selama 1×24 jam dengan sistem shift;
  14. Setelah lulus, bersedia menjalani Ikatan Dinas pertama selama 10 tahun.

Demikianlah perkenalan singkat dengan sekolah kedinasan cyber Poltek SSN. Tertarik masuk sekolah kedinasan ini? Yuk maksimalkan persiapan kamu masuk Poltek SSN dengan belajar seru di bimbel kedinasan Indonesia College! Materinya super lengkap, prediktif akurat, dengan pembelajaran aktif. Ribuan siswa sudah berhasil lolos, ambil giliranmu di sini sekarang, yuk.

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *