3 Pilihan Jalur Masuk PKN STAN dan Syarat Masuknya, Wajib Diperhatikan!

Jalur Masuk PKN STAN – PKN STAN menjadi sekolah kedinasan di bidang akuntansi negara yang dibina langsung oleh Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Prospek kerjanya sangat menjanjikan, bisa langsung jadi CPNS dan banyak dicari oleh perusahaan-perusahaan besar termasuk Kementerian dan lembaga pemerintahan negara.

Di seleksi masuknya ada beberapa pilihan jalur yang bisa kamu sesuaikan dengan kualifikasi kamu. Simak penjelasan selengkapnya untuk tahu perbedaannya, yuk!

Jalur Masuk PKN STAN

jalur masuk PKN STAN

Nah jadi jalur masuk STAN apa saja? Ini beberapa pilihan jalur yang bisa kamu sesuaikan dengan kualifikasi lulusan:

1.    Jalur Reguler

Jalur reguler terdiri dari jalur reguler A dan jalur reguler B:

  • Jalur reguler A diperuntukkan bagi lulusan sekolah menengah atas di bawah pembinaan Kemendikbudristek atau Kemenag (SMA/SMK/MA sederajat).
  • Jalur reguler B diperuntukkan bagi lulusan sekolah menengah atas yang tahun sebelumnya menjadi finalis di lomba Olimpiade APBN atau Bedah Data APBD yang diselenggarakan oleh Kemenkeu/kementerian/lembaga lainnya.

2.    Jalur Afirmasi Kewilayahan

Ditujukan khusus bagi lulusan SMA sederajat di bawah binaan Kemendikbudristek//Kemenag/pemerintah daerah/kementerian maupun lembaga lainnya yang berasal dari wilayah yang ditetapkan sebagai wilayah afirmasi.

Baca juga: 10 Kampus yang Punya Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia, Ada yang Bisa Langsung CPNS!

3.    Jalur Pembibitan

Menjadi jalur yang dikhususkan bagi peserta lulusan sekolah menengah atas di bawah naunga Kemendikbudristek/Kemenag yang melalui mekanisme kerja sama PKN STAN dengan pemerintah daerah. Nantinya setelah lulus, alumni PKN STAN yang masuk melalui jalur ini akan ditempatkan di instansi pemerintah daerah asal.

Khusus untuk jalur reguler dan jalur afirmasi kewilayahan, diwajibkan mendaftar UTBK dan SKD Kedinasan sekaligus. Karena PKN STAN sudah menggunakan aturan ini untuk menggunakan nilai UTBK di seleksi administrasi.

Syarat Pendaftaran PKN STAN

Untuk pendaftarannya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh setiap peserta, di antaranya:

1.    Syarat Umum

  • Peserta merupakan calon lulusan/lulusan 2 tahun sebelumnya di jenjang SMA/sederajat di bawah naungan Kemendikbidristek atau Kemenag.
  • Berusia maksimal 22 tahun pada 1 Oktober dan usia minimal 14 tahun pada tanggal 1 Oktober tahun pendaftaran
  • Sehat jasmani, rohani, dan bebas dari narkoba
  • Pria tidak bertato/bekas tato atau bertindik/bekas tindik pada telinga atau anggota badan lainnya, kecuali jika dikarenakan ketentuan adat setempat.
  • Wanita tidak bertato/bekas tato atau bertindik/bekas tindik pada anggota badan selain telinga (sepasang), kecuali karena ketentuan adat setempat.
  • Belum pernah menikah dan bersedia untuk tidak menikah selama menjalani pendidikan
  • Belum pernah lolos dalam SPMB PKN STAN tahun-tahun sebelumnya.

2.    Syarat Khusus

  • Pendaftar jalur Afirmasi Kewilayahan untuk peserta Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Papua dan Papua Barat melampirkan bukti surat keterangan dari SMA/sederajat asal dan mempunyai orang tua kandung kelahiran asli provinsi afirmasi dibuktikan dengan akta kelahiran/KTP/kartu keluarga.
  • Pendaftar jalur Afirmasi Kewilayahan peserta Non Afirmasi Pendidikan Menengah (Non ADEM) dengan kuota per kabupaten/kota merupakan lulusan SD, SMP, dan SMA/sederajat di sekolah di kabupaten/kota afirmasi yang dipilih dan memiliki orang tua yang lahir di kabupaten/kota di wilayah afirmasi terpilih dibuktikan akta kelahiran/KTP/kartu keluarga.
  • Pendaftar jalur Afirmasi Kewilayahan peserta Non Afirmasi Pendidikan Menengah (Non ADEM) dengan kuota per provinsi lulusan SD, SMP, dan SMA/sederajat di sekolah di provinsi yang dipilih dan memiliki orang tua yang lahir di provinsi di wilayah afirmasi terpilih dibuktikan akta kelahiran/KTP/kartu keluarga.
  • Pendaftar jalur pembibitan harus berdomisili di provinsi/kabupaten/kota pembibitan dibuktikan KTP/kartu keluarga, dan mempunyai orang tua kandung kelahiran asli provinsi/kabupaten/kota di wilayah dibuktikan akta kelahiran peserta dan KTP/kartu keluarga ayah/ibu kandung peserta.

Untuk persyaratan setiap jalur masuk PKN STAN lebih lengkap bisa cek di laman resmi SPMB di sini. Bagaimana, sudah siap untuk jadi mahasiswa PKN STAN? Maksimalkan persiapan seleksi kamu dengan bimbel kedinasan Indonesia College, dengan fasilitas lengkap dan materi prediktif akurat mirip BKN. Ribuan siswa sudah berhasil jadi mahasiswa PKN STAN, ambil giliranmu sekarang! Segera daftar bimbingan di sini yuk.

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *