10 Kampus yang Punya Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia, Ada yang Bisa Langsung CPNS!

Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia – Memiliki ketertarikan untuk belajar di jurusan statistika? Jurusan ini akan belajar mengumpulkan, menganalisis, dan juga menginterpretasikan data yang sangat dibutuhkan dalam dunia kerja nantinya. Dalam perkuliahannya, kamu akan belajar kalkulus, aljabar linier, dan probabilitas dengan koneksi dan relevansinya dengan statistik.

Lulusannya akan banyak dibutuhkan baik di lingkup perusahaan, pemerintahan, perbankan maupun keuangan. Untuk beberapa profesi yang banyak membutuhkan lulusan statistika antara lain: analis riset pasar, spesialis pemasaran, analisis kontrol kualitas, peneliti survei, ahli statistik, ahli biostatistik, aktuaria, analis anggaran dan banyak lagi lainnya. Bahkan kamu berpeluang lulus langsung menjadi CPNS.

Jurusan Statistika Terbaik di Indonesia

kedinasan yang boleh mata minus

Jurusan statistika sudah banyak dijumpai di berbagai kampus, namun berikut 10 kampus jurusan statistika terbaik di Indonesia yang bisa jadi referensi untuk kamu:

1.    DIV Statistika POLSTAT STIS

Pertama ada sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Pusat Statistika (BPS) yang menerapkan program ikatan dinas. Lulusannya nanti bisa langsung diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di lingkungan BPS di berbagai wilayah di Indonesia. Berdasarkan Keputusan LAMSAMA Nomor 052/SK/LAMSAMA/Akred/STr/VI/2024, Program Studi D-IV Statistika terakreditasi dengan peringkat Unggul.

2.    S1 Statistika Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada juga memiliki jurusan statistika dengan kualitas unggulan,  berdasarkan Keputusan LAMSAMA Nomor 078/SK/LAMSAMA/Akred/S/VII/2023 Memutuskan bahwa Program Studi Statistika UGM sudah terakreditasi Unggul sampai dengan tahun 2028.

Baca juga: 3 Pilihan Jurusan Sekolah Kedinasan STIS, Apa Saja yang Dipelajari?

3.    S1 Statistika IPB University

Kampus pertanian ternama di Indonesia ini juga memiliki program studi Sarjana Statistika IPB yang sesuai SK BAN-PT No. 12193/SK/BAN-PT/AK-ISK/S/XI/2021 sudah terakreditasi Unggul, berlaku mulai dari tanggal 3 November 2021 sampai dengan tanggal 7 April 2025.

4.    S1 Statistika Universitas Islam Indonesia

Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 3909/SK/BAN-PT/Akred/S/VII/2020, menyatakan bahwa Program Studi Statistika, Pada Program Sarjana Universitas Islam Indonesia, Kabupaten Sleman memenuhi syarat peringkat Akreditasi A yang berlaku sampai tahun 2025 mendatang.

5.    S1 Statistika Universitas Bina Bangsa

Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 2681/SK/BAN-PT/Akred/S/V/2021, menyatakan bahwa Program Studi Statistika, pada Program Sarjana Universitas Bina Bangsa sudah terakreditasi Baik.

6.    S1 Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember

ITS menjadi salah satu kampus terbaik yang berada di Surabaya, Jawa Timur. Kampus ini memiliki banyak pilihan program studi unggulan, termasuk salah satunya adalah Statistika. Berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 7339/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/S/XI/2020, menyatakan bahwa program studi Sarjana Statistika Institut Teknologi Sepuluh Nopember sudah terakreditasi A sampai dengan 2025.

7.    S1 Statistika Universitas Brawijaya

Berdasarkan keputusan LAMSAMA No. 021/SK/LAMSAMA/K-Akred/S/VIII/2023 memutuskan bahwa program studi Statistika Universitas Brawijaya sudah terakreditasi Unggul dan berlaku sampai 2027 mendatang.

8.    S1 Statistika Universitas Padjadjaran

Jurusan Statistika Unpad berdasarkan Surat Keputusan Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT No. 1089/SK/BAN-PT/Ak.Ppj/PT/XII/2023, sudah terakreditasi Unggul yang berlaku sampai 2028 nanti.

9.    S1 Statistika Universitas Diponegoro

Selanjutnya adalah PTN yang berlokasi di ibu kota Jawa Tengah. Sebelumnya jurusan Sarjana Statistika ini sudah terakreditasi A pada tahun 2018 lalu, dan saat ini sudah diperbarui dengan terakreditasi Unggul dengan SK No. 092/SK/LAMSAMA/Akred/S/IX/2023.

10. S1 Statistika Universitas Airlangga

Berdasarkan Keputusan LAMSAMA No.038/SK/LAMSAMA/Akred/S/V/2023, Program studi Statistika UNAIR sudah terakreditasi Unggul dan berlaku sampai 2028 mendatang.

Demikianlah rekomendasi kampus jurusan statistika terbaik di Indonesia yang bisa jadi referensi untuk kamu yang ingin memperdalam ilmu statistika. Kalau kamu tertarik menjadi CPNS, POLSTAT STIS jadi pilihan tepat yang bisa kamu ambil. Yuk klik di sini untuk bisa belajar persiapan seleksi kedinasan POLSTAT STIS bersama bimbel Indonesia College. Kamu akan dapat materi lengkap akurat dan try out progresif. Ribuan siswa sudah berhasil, jangan sampai ketinggalan!

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *