Apa Saja Tes Fisik Akpol? Cek Di Sini Biar Lebih Maksimal!

Apa Saja Tes Fisik Akpol – Bercita-cita untuk menjadi anggota Polri? Itu artinya kamu harus bisa melanjutkan pendidikan di Akademi Kepolisian untuk bisa memiliki persiapan menjadi Polisi. Untuk bisa masuk Akademi Kepolisian, kamu harus mengikuti seleksi masuk dengan melalui tahapan-tahapan yang tidak mudah. Setiap tahapannya menggunakan sistem gugur, yang jika di satu tahapan tidak lolos berarti tidak bisa lanjut ke tahapan selanjutnya.

Dalam semua tahapan seleksi Akpol, salah satu tahapannya adalah tes fisik yang banyak menggugurkan peserta. Nah, apa saja tes fisik yang harus dilewati saat tes Akpol?

Apa Tujuan Tes Fisik Akpol?

apa saja tes fisik akpol
Sumber: akpol.ac.id

Tes fisik Akpol atau biasa disebut tes kesamaptaan merupakan salah satu tahapan penting yang harus dipenuhi oleh calon Taruna Akademi Kepolisian. Tentunya tes ini bukan tanpa tujuan, karena bisa menjadi penilai seberapa baik kondisi fisik setiap calon Taruna.

Hal ini sangat penting dan berguna karena sebagai calon anggota kepolisian di masa depan, Taruna harus memiliki kondisi fisik prima dan harus mampu menjaga kesehatan tubuh. Maka dari itu kesamaptaan atau tes fisik dalam seleksi masuk akpol ini akan menjadi penentu untuk menilai apakah calon Taruna mampu untuk menjalankan tugas-tugas Kepolisian nantinya.

Baca juga: Sekolah Kedinasan Kemenhub Apa Saja? Ini 22 Daftar Kampus dan Lokasinya

Untuk lebih jelasnya, berikut rincian tujuan dari tes fisik Akpol, antara lain:

  • Untuk menilai kondisi fisik Taruna dalam menjalankan tugas-tugas kepolisian di masa depan
  • Untuk mengukur sejauh mana Taruna mampu menjaga kesehatan dan kebugaran fisiknya
  • Untuk mengidentifikasi potensi masalah kesehatan yang dimiliki oleh Taruna dan memberikan tindakan pencegahan sebelum masalah tersebut semakin parah.
  • Untuk menjamin keamanan dan keselamatan Taruna selama menjalani pendidikan di Akademi Kepolisian.

Apa Saja Tes Fisik Akpol

Kesamaptaan Akpol memiliki beberapa jenis tes yang harus bisa dilalui oleh para peserta, di antaranya adalah:

1.    Tes Lari

Setiap peserta akan dihadapkan dengan lari untuk mengukur seberapa cepat kemampuan berlari dalam jangka pendek. Tes ini merupakan tes awal yang dilakukan untuk mengevaluasi kondisi fisik dasar setiap peserta.

Calon anggota Polri juga harus bisa berlari terukur tidak hanya soal kecepatan, melainkan juga jarak tempuhnya. Dalam tesnya nanti akan diuji untuk berlari selama 12 menit, jadi pastikan untuk berlatih dan membiaskan diri untuk berlari. Untuk calon peserta pria usahakan untuk bisa mencapai 2400 meter selama 12 menit tadi, dan calon peserta wanita setidaknya bisa mencapai 5 kali atau 2000 meter.

 

2.    Tes sit up

Tes sit up ditujukan untuk mengukur kekuatan otot perut bagi para Taruna, yang juga sangat penting untuk menjalankan tugas-tugas kepolisian. Dalam tesnya, peserta laki-laki harus bisa mencapai 35 kali dan untuk peserta perempuan harus mencapai 30 kali dengan waktu 1 menit.

3.    Tes Push Up

Jenis tes selanjutnya adalah push up, yang bertujuan mengukur kekuatan otot lengan dan dada Taruna. Tesnya nanti setiap peserta akan diberikan batas waktu 1 menit, bagi peserta laki-laki harus bisa mencapai setidaknya 35 kali dan untuk peserta perempuan harus mencapai 30 kali.

4.    Tes Pull Up

Selanjutnya ada tes pul lup untuk peserta laki-laki dan chinning untuk perempuan. Tes ini akan mengukur kekuatan otot lengan, bahu dan punggung Taruna.

5.    Tes Renang

Tes selanjutnya yang tidak kalah penting adalah kemampuan berenang peserta. Nantinya setiap peserta akan dites kemampuan berenangnya sejauh 25 meter. Maka dari itu berlatihlah dari jauh-jauh hari, karena tes renang tidak hanya mengukur kemampuan berenang saja tapi juga kekuatan bernapas kamu.

Jadi sudah terjawab kan pertanyaan apa saja tes fisik Akpol? Tidak sanggup untuk belajar sendirian? Yuk gabung dan belajar bersama teman seperjuangan di bimbel Akpol Indonesia College. Kamu akan belajar materi lengkap akurat dan ada kesamaptaannya juga yang dilatih langsung oleh pengajar profesional di bidangnya. Ribuan siswa sudah berhasil, yuk ambil giliranmu di sini.

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *