Kampus di Bidang Minyak dan Gas: Cek 5 Pilihan Jurusan dan Syarat Masuk Akamigas Cepu

Syarat Masuk Akamigas Cepu – PEM Akamigas atau Politeknik Energi dan Mineral Akademi Minyak dan Gas Bumi adalah kampus kedinasan di bawah naungan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia. Kampus ini juga akan berfokus di bidang perminyakan, gas bumi, panas bumi dan juga petrokimia.

Namun meskipun kampus kedinasan ini dikelola oleh pemerintah, kampus ini tidak menerapkan sistem kedinasan lagi saat ini, yang berarti tidak ada juga program ikatan dinas. Jadi nantinya mahasiswa lulusan PEP Akamigas tidak ada jaminan untuk diangkat menjadi PNS (pegawai Negeri Sipil) atau ASN.

Meskipun dikelola oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia, Politeknik Energi dan Mineral Akamigas tidak lagi menerapkan sistem kedinasan. Akibatnya, lulusan dari Politeknik Energi dan Mineral Akamigas tidak mendapat jaminan diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini dikenal.

Jurusan PEM Akamigas Cepu

Lulusan jurusan di PEM Akamigas akan berkesempatan berkarir di industri  yang bergerak di bidang energi, migas, panas bumi, tambang, konstruksi, dan manufaktur serta industri supportingnya.

1.    Teknik Produksi Migas

Jurusan ini akan mempelajari proses eskplorasi dan eksploitasi energi dan sumber daya mineral. Profil lulusannya akan memiliki kemampuan analisis, evaluasi, melaksanakan, merancang dan mengawasi operasi produksi dan perawatan sumur di lapangan minyak dan gas.

2.    Teknik Instrumentasi Kilang

Jurusan ini mempelajari instrumentasi dan kelistrikan dalam penguasaan teknologi instrumentasi lapangan, meliputi instalasi, operasi maupun maintenance di industri sektor energi dan mineral.

Baca juga: Berapa Skor yang Harus Didapatkan Saat Seleksi Kesamaptaan Sekolah Kedinasan?

3.    Teknik Pengolahan Migas

Jurusan ini akan mempelajari proses pengolahan energi migas, bioenergi dan juga petrokimia.

4.    Teknik Mesin Kilang

Jurusan ini akan berkaitan dengan bidang operasi, pemeliharaan, evaluasi dan juga optimalisasi unjuk kerja, quality control, perancangan dan juga konstruksi peralatan mekanik yang berada di kilang migas, petrokimia, lapangan migas, dan pembangkitan.

5.    Logistik Migas

Terakhir adalah jurusan logistik migas, yang mempelajari pengelolaan logistik dan rantai pasok, untuk produk maupun material di industri sektor energi dan sumber daya mineral.

Baca juga: 6 Sekolah Kedinasan Yang Masih Buka Pendaftaran di Bulan Agustus 2024

Syarat Masuk Akamigas Cepu

Meskipun tidak menerapkan sistem ikatan dinas, namun kampus ini tetap memiliki peminat yang tinggi. PEM Akamigas akan menerapkan beberapa persyaratan masuk untuk calon mahasiswanya, yakni:

  • Belum pernah menikah, berusia maksimal 21 tahun saat pendaftaran;
  • Lulus SMA/MA atau SMK Teknik/Sederajat;
  • Memiliki Nomor Induk Siswa nasional (NISN);
  • Memiliki nilai rapor untuk mata pelajaran matematika, fisika, kimia dan bahasa inggris dan rata-rata mata pelajaran dari kelompok muatan peminatan kejuruan untuk lulusan SMK;
  • Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita;
  • Melampirkan fotokopi Kartu Keluarga/Kartu Tanda Penduduk;
  • Tidak buta warna (parsial maupun total) yang dibuktikan dengan Surat Keterangan dari Dokter Spesialis mata dari Fasilitas Kesehatan;
  • Berbadan sehat, tidak cacat fisik dan mental, tidak bertato dan bertindik atau bekas tindik (bagi pria), bebas HIV/AIDS serta bebas narkoba;
  • Tes kesehatan pemeriksaan mandiri dan fisik apabila telah lolos seleksi akademik (mekanisme tes kesehatan diatur selanjutnya);
  • Mengikuti Tes Potensi Akademik (TPA) bagi semua skema jalur yang diselenggarakan oleh PEM Akamigas;
  • Setiap peserta hanya dapat mendaftarkan diri pada satu jalur di setiap gelombang.

Jadi itu dia informasi jurusan dan syarat masuk Akamigas Cepu yang bisa menjadi persiapan kamu. Bagaimana, kira-kira kamu mau mendaftar di jurusan apa? Kalau butuh persiapan masuk sekolah kedinasan, kamu bisa intip di sini. Selain bisa dapat materi lengkap, kamu juga akan dapat try out progresif yang mirip dengan aslinya. Segera hubungi CS kami di sini untuk dapatkan harga spesial terbatas!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *