Sekolah Perkeretaapian Madiun: Kenalan dengan PPI Madiun, Jurusan, Syarat dan Jalur Masuknya

Sekolah Perkeretaapian Madiun – Pernahkah kamu bertanya-tanya orang yang bekerja di stasiun kereta api kira-kira lulusan sekolah apa? Ternyata ada sekolah khusus perkeretaapian loh yang berlokasi di Madiun, Jawa Timur tepatnya di Jl. Tirta Raya, Pojok, Nambangan Lor, Kec. Manguharjo, Kabupaten Madiun, Jawa Timur. Sekolah tersebut bernama Politeknik Perkeretaapian Indonesia (PPI) yang berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan.

PPI Madiun ini menjadi sekolah kedinasan perkeretaapian yang membuka pendidikan vokasi di bidang teknis perkeretaapian berbasis teknologi global. Lulusan PPI Madiun berkesempatan untuk menjadi ASN atau PNS setelah lulus. Kira-kira ada jurusan apa di PPI Madiun?

Jurusan Sekolah Perkeretaapian PPI Madiun

Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun memiliki 4 jurusan, di antaranya:

1.    DIII Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian

Taruna jurusan ini dipersiapkan untuk menjadi SDM yang berkompetensi di bidang transportasi perkeretaapian, khususnya Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T).

Syarat masuk jurusan ini antara lain:

  • SMU/MA Jurusan IPA
  • SMK Jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Geomatika dan Geospasial

2.    DIII Teknologi Elektro Perkeretaapian

Jurusan selanjutnya ini akan mempersiapkan Taruna/Taruninya untuk menjadi SDM di bidang transportasi perkeretaapian khususnya Teknologi Elektro Perkeretaapian, dengan gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T).

Untuk syarat pendaftarannya antara lain:

  • Lulusan SMU/MA Jurusan IPA
  • Lulusan SMK jurusan Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Elektronika, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Instrumentasi Industri

Baca juga: Jadwal SKD Hampir Selesai! Bagaimana Cara Cek Hasil SKD Sekolah Kedinasan 2024?

3.    DIII Manajemen Transportasi Perkeretaapian

Lulusan jurusan ini dipersiapkan sebagai SDM di bidang transportasi perkeretaapian, khususnya Manajemen Perkeretaapian bergelar Ahli Madya Transportasi (A.Md.Tra).

Untuk syarat pendaftarannya antara lain:

  • Lulusan SMU/MA Jurusan IPA
  • Lulusan SMK Jurusan Teknologi Konstruksi dan Properti, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Mesin, Teknik Industri, Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Telekomunikasi, Teknik Komputer dan Informatika, Teknik Instrumentasi Industri

4.    DIII Teknologi Mekanika Perkeretaapian

Jurusan terakhir adalah Teknologi Mekanika Perkeretaapian, yang akan mempersiapkan lulusannya untuk menjadi SDM yang ahli di bidang transportasi perkeretaapian khususnya Teknologi Mekanika Perkeretaapian yang memiliki gelar Ahli Madya Teknik (A.Md.T).

Kualifikasi lulusan yang bisa mendaftar jurusan ini:

  • Lulusan SMU/MA Jurusan IPA
  • Lulusan SMK Jurusan Teknik Otomotif, Teknik Elektronika, Teknik Mesin, Teknik Ketenagalistrikan, Teknik Industri

Jalur Penerimaan PPI Madiun

Dalam seleksi penerimaan taruna baru, PPI Madiun membuka 2 jalur pendaftaran antara lain:

1.    Jalur Pola Pembibitan

Jalur pola pembibitan ini biasanya dibuka setiap tahun dan dilaksanakan serentak bersama dengan sekolah kedinasan lainnya, dengan program ikatan dinas yang menawarkan banyak keuntungan. Pola Pembibitan ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat yang sudah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi dan dinyatakan lolos. Hak yang dapat diterima yaitu:

  • Bebas uang semester
  • Bebas laundry
  • Bebas Madatukar (Kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) tahap awal dari rangkaian diklat bagi para Calon Taruna yang lolos dalam Seleksi Penerimaan Calon Taruna (Sipencatar) Kementerian Perhubungan).

2.    Jalur Reguler

Sedangkan untuk jalur reguler dilaksanakan langsung oleh masing-masing pihak sekolah kedinasan, jadi prosedur dan jadwalnya akan diumumkan langsung oleh PPI Madiun itu sendiri. Jalur ini diperuntukkan bagi lulusan SMA/SMK/MA/MAK/Sederajat yang telah mengikuti seluruh rangkaian proses seleksi dan dinyatakan lolos. Hak yang dapat diterima yaitu:

  • 50 persen uang semester
  • Bebas laundry

Bagaimana, tertarik untuk masuk sekolah perkeretaapian madiun atau Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun ini? Yuk maksimalkan persiapan seleksi masuk PPI Madiun maupun sekolah kedinasan lainnya dengan Indonesia College! Kamu akan mendapat materi lengkap prediktif, bahkan untuk Kesamaptaan/Binjasnya juga akan kamu dapatkan dengan pengajar profesional. Ribuan siswa sudah lolos sekdin impian, kamu kapan? Yuk konsultasi dengan CS kami di sini dan ambil promo menariknya!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDN, POLTEKIM, POLTEKIP, PKN STAN, STIN, POLSTAT STIS, STMKG, POLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id, indonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *