7 Jurusan di Poltekpar Medan dan Profil Lulusannya, Tertarik?

Jurusan di Poltekpar Medan – Politeknik Pariwisata Medan adalah lembaga pendidikan dan latihan di bidang pariwisata yang membuka program pendidikan vokasi. Poltekpar Medan ini awalnya berdiri dengan nama Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BLBP) Medan, pada 29 Oktober 1991 dan diresmikan oleh Menteri Pariwisata Pos dan Telekomunikasi yang saat itu menjabat.

Kampus ini sudah mendapatkan akreditasi “Baik Sekali” oleh BAN-PT dengan SK No. 579/SK/BAN-PT/Ak/PT/VIII/2022. Politeknik Pariwisata Medan sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pariwisata, dan secara teknis akademisnya dibina oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Pilihan Jurusan di Poltekpar Medan

Politeknik Pariwisata Medan sudah memiliki beberapa pilihan jurusan di jenjang Diploma dan Sarjana Terapan. Berikut pilihan jurusannya:

1.    D4 Pengelolaan Perhotelan (PPH) / Hotel Management

Jurusan PPH ini ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang kompeten dalam mengelola usaha perhotelan. Masa studi mahasiswanya adalah 8 semester dengan beban studi 140-160 SKS. Sedangkan untuk gelar yang akan didapatkan setelah lulus nanti adalah Sarjana Sains Terapan Pariwisata (S.Tr.Par).

Profil Lulusannya: Operational Manager

2.    D3 Divisi Kamar (DIK)

Jurusan DIK dibuka dengan tujuan untuk menghasilkan lulusan berkompeten dalam melakukan pembinaan dalam operasional, di bagian Divisi Kamar. Untuk masa studinya bisa ditempuh dalam 6 semester dengan beban studi 110-120 SKS. Sedangkan untuk gelar yang akan didapatkan setelah lulus nanti adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par).

Profil Lulusannya: Housekeeping Supervisor, Front Office Supervisor, Pengelola Laundry, Pemasar produk/Jasa Laundry

3.    D3 Tata Hidang (TAH)

Jurusan Tata Hidang ini ditujukan untuk menghasilkan SDM yang mampu melakukan pembinaan usaha di bagian penyajian makan dan minuman. Untuk masa studi yang ditempuh adalah 6 semester, dengan beban studi 110-120 SKS. Dan untuk gelar yang akan didapatkan adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par).

Profil Lulusannya: Restaurant Supervisor / Head Waiter , Bartender dan Pengelola Usaha Minuman

Baca juga: Kenalan dengan Kampus Industri Polifurneka Kendal: Program Studi dan Keunggulannya

4.    D3 Seni Kuliner (SKU)

Untuk jurusan SKU ini ditujukan untuk menghasilkan SDM yang berkompeten dalam melakukan pembinaan usaha di bagian pengolahan makanan. Waktu studinya karena D3 akan ditempuh dalam 6 semester dengan bebas studi 110-120 SKS. Dan untuk gelar yang akan didapatkan pun adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par).

Profil Lulusannya: Chef de Party, Food Supervisor, Pengelola Usaha Makanan dan Pemasar Produk Makanan

5.    D3 Seni Pengolahan Patiseri (SPP)

Selanjutnya jurusan SPP yang ditujukan untuk menghasilkan SDM yang bisa mengelola bidang Pastry dan bakery. Masa studinya adalah 6 semester dengan beban studi 110-120 SKS, dan gelar yang akan didapatkan pun masih sama dengan yang sebelumnya yakni Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par).

Profil Lulusannya: Baker, Chef de party/supervisor, Marketing Food Solution, Pengelola Usaha Roti dan Kue

6.    D3 Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata (MPPP)

Jurusan D3 MPPP ini bertujuan untuk menghasilkan SDM di bidang perencanaan dan pemasaran wisata. Untuk masa studinya 6 semester, dan beban studinya 110-120 SKS. Lalu untuk gelar yang akan didapatkan adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par).

Profil Lulusannya: Asisten Konsultan Perencanaan Destinasi Pariwisata, Tenaga Pemasar Destinasi Pariwisata, Tenaga Muda Peneliti Pariwisata , Pengelola Usaha Jasa Informasi Pariwisata

7.    D3 Perjalanan Wisata (PEW)

Terakhir ada jurusan Perjalanan Pariwisata, yang ditujukan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengelola kegiatan manajemen dan operasional di bidang usaha perjalanan. Untuk waktu perkuliahannya bisa ditempuh dalam 6 semester dengan beban studi 110-120 SKS. Dan untuk gelar akhir yang akan didapatkan adalah Ahli Madya Pariwisata (A.Md.Par).

Profil Lulusannya: Travel Consultant, Ticketing Manager, Tour Manager, Pemasar Paket Wisata

Demikianlah perkenalan seputar kampus dan jurusan di Poltekpar Medan. Bagaimana, apakah kamu cocok dengan salah satu jurusan yang ada di Poltekpar Medan?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

 

One Reply to “7 Jurusan di Poltekpar Medan dan Profil Lulusannya, Tertarik?”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *