Kenalan dengan Kampus Industri Polifurneka Kendal: Program Studi dan Keunggulannya

Polifurneka Kendal – Sudah pernah dengar soal Polifurneka? Politeknik Industri Furnitur dan Pengolahan Kayu (Polifurneka) merupakan perguruan tinggi di bawah Kementerian Perindustrian yang menyelenggarakan pendidikan yang menyelenggarakan program pendidikan tinggi vokasi di rumpun ilmu pengetahuan dan teknologi seputar sektor industri furnitur dan pengolahan kayu.

Tujuan didirikannya kampus ini adalah untuk memenuhi kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang industri sesuai dengan UU Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2014 pasal 18, yakni  tentang Pembangunan tenaga kerja industri untuk menghasilkan tenaga kerja industri yang mempunyai kompetensi kerja di bidang industri sesuai Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Perguruan tinggi vokasi ini sudah mendapat akreditasi Baik oleh BAN-PT dengan SK No. 895/SK/BAN-PT/Akred/PT/X/2021. Untuk lokasinya, kampus ini berada di Jalan Wanamarta Raya No. 20, Kawasan Industri, Tambak, Wonorejo, Kaliwungu, Kendal Regency, Central Java 51371.

Pilihan Program Studi Polifurneka Kendal

Polifurneka membuka 3 pilihan program studi, di antaranya:

1.    D III Manajemen Bisnis Industri Furnitur

Jurusan ini akan mempelajari administrasi perkantoran, personalia, umum, pemasaran, logistik dan keuangan. Mahasiswa jurusan ini akan dibekali dengan ilmu marketing, ekspor-impor, dan pemanfaatan transformasi digital untuk industri furnitur.

Jurusan Diploma III MBIF ini sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT dengan No. SK 358/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/I/2021.

Kompetensi khusus lulusannya adalah mampu melaksanakan kegiatan administrasi personalia, umum dan keuangan, mampu merencanakan, mengelola dan menganalisis kegiatan administrasi personalia dan umum, mengelola dan mengevaluasi kegiatan manajemen, mampu menyusun program perbaikan sistem manajemen pada lingkup pemasaran, logistik dan keuangan, mampu menganalisis perencanaan dan pengelolaan manajemen perusahaan industri furnitur, dan mampu menganalisis kelayakan bisnis industri furnitur.

2.    D III Desain Furnitur

Jurusan ini akan mempelajari seputar gambar dan estetika bentuk, konstruksi furnitur, ergonomi, dan antropometri. Sesuai namanya, mahasiswa jurusan ini akan belajar membuat gambar, merancang furnitur multifungsi, membuat mock up, dan desain interior.

Jurusan Desain Furnitur ini sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT No. SK 9258/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VII/2021.

Kompetensi khusus lulusan jurusan ini adalah mampu mendesai produk furnitur dalam bentuk gambar kerja, mampu memilih konstruksi furnitur, membuat bill of material, menerapkan prinsip-prinsip estetika, semiotika, ergonomi dan sosial budaya, membuat sketsa dasar desain produk furnitur, membuat prototype, mengevaluasi produksi furnitur dengan pengujian dan pengukuran sesuai prosedur dan standar yang berlaku, menggunakan teknologi terkini dalam merancang dan mendesain produk furnitur.

Baca juga: Jangan Sampai Ketinggalan, Poltekbang Palembang Jalur Mandiri Gelombang 2 Masih Dibuka!

3.    D III Teknik Produksi Furnitur

Terakhir adalah jurusan TPF yang akan mempelajari seputar gambar kerja, pembahanan, pembuatan dan perakitan komponen furnitur. Mahasiswa jurusan ini akan dibekali kemampuan untuk pemeliharaan peralatan dan mesin produksi serta kualitas dan biaya produksi.

Jurusan ini sudah terakreditasi Baik oleh BAN-PT No. SK 1639/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/III/2021.

Kompetensi khusus lulusannya adalah bisa membaca gambar kerja, melakukan pembahanan, membuat komponen/elemen furnitur, dan melakukan assembling, melakukan pekerjaan finishing furnitur, melakukan pemeliharaan peralatan dan mesin produksi, mengendalikan kualitas, melakukan supervisi, menyusun rencana produksi, menghitung biaya produksi, mengendalikan persediaan.

Keunggulan Pendidikan Polifurneka Kendal

Ada beberapa keunggulan yang bisa dijadikan pertimbangan bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Polifurneka, antara lain:

1.    Sistem Pendidikan Dual System

Pendidikan dual sistem ini ditujukan untuk memberikan kemampuan praktik pada mahasiswa sehingga bisa lebih siap untuk terjun ke dunia kerja.

2.    Fasilitas Praktikum Modern

Workshop dengan fasilitas permesinan modern supaya mahasiswanya bisa up to date dengan kemajuan teknologi.

3.    Penyaluran Kerja

Penyaluran lulusan Polifurneka kepada puluhan mitra industri furnitur yang telah bekerja sama.

Demikianlah perkenalan singkat dengan Polifurneka Kendal. Dari 3 pilihan program studi tadi, kira-kira kamu tertarik masuk ke program studi mana?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “Kenalan dengan Kampus Industri Polifurneka Kendal: Program Studi dan Keunggulannya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *