Ingin Kerja di Dunia Pertambangan? Yuk Kenalan dengan Jurusan PEP Bandung

Jurusan PEP Bandung – Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung berlokasi di Jl. Jend. Sudirman No. 623 Bandung 40211. Politeknik Energi dan Pertambangan Bandung tercetus pada masa Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) merancang Revitalisasi Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (RPPV) dalam kurun waktu 2015-2019.

Kelahirannya sendiri adalah pada 9 September 2019, dan membuka 3 program studi di jenjang Diploma 3. Masing-masing program studi akan menempuh waktu 2 tahun kuliah teori dan 1 tahun magang di industri pertambangan. Untuk komposisi pembelajarannya 70% praktik dan 30% teori. Nah, kira-kira jurusan PEP Bandung akan mempelajari apa saja?

Jurusan PEP Bandung

PEP Bandung membuka 3 pilihan jurusan. Ketiganya merupakan penggabungan dari kegiatan pertambangan di Indonesia yang kaya akan mineral dan batu bara, berwawasan lingkungan dan memiliki nilai tambah. Sehingga ketiga jurusan yang berada di bawah PEP Bandung menjadi unik dan khusus.

1.    D-III Teknologi Geologi

Jurusan yang pertama akan mengeksplorasi Geologi, Geofisika, Geokimia dan pemetaan untuk eksplorasi mineral yang sangat mendukung industri pertambangan. Selain itu jurusan ini juga mengkhususkan pada Hidrogeologi yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Syarat masuk jurusan ini, peserta harus lulusan SMA jurusan IPA dengan ketentuan tidak boleh buta warna total. Sementara untuk kurikulumnya akan diberikan secara system yang terbagi menjadi 2 tahap:

  • Tahun pertama dan kedua: 4 Semester, 80 SKS, Pembelajaran dilakukan di Kampus
  • Tahun ketiga: 2 Semester, 36 SKS, melaksanakan Magang di Industri Pertambangan dan Proyek Akhir

Mata kuliahnya terdiri dari mata kuliah wajib dasar umum dan mata kuliah wajib. Jumlah SKS total adalah 116 SKS dan sudah yang sudah mengikuti dinyatakan lulus kolokium, ujian komprehensif dan sidang ujian Diploma III sebagai tahap akhir pekerjaan Tugas Akhirnya.

Baca juga: Mau Masuk Akpol? Ketahui Urutan Pangkat Polisi dari Tertinggi Sampai Terendah Ini

2.    D-III Teknologi Pertambangan

Jurusan ini berfokus pada eksplorasi, penambangan, dan pengolahan bahan galian. Jurusan ini juga mengedepankan pertambangan yang berwawasan lingkungan, sehingga porsi mata kuliah lingkungannya juga terdapat mata kuliah pengawasan lingkungan dan reklamasi.

Untuk ketentuan pendaftaran di jurusan ini, peserta harus merupakan lulusan SMA/MA jurusan IPA, tidak boleh buta warna (baik total maupun parsial). Untuk kurikulum 2018, jurusan D3 Teknologi Pertambangan ini terdiri dari 6 semester, dan total SKS sebanyak 116 SKS.

3.    D-III Teknologi Metalurgi

Jurusan ini berfokus pada pengolahan, pemurnian mineral, dan pemanfaatan batu bara. Metalurgi ekstraktif akan membuat hasil tambang yang diperolah dari aktifitas penambangan, diproses lanjut dengan pengolahan mineral, lalu diproses ekstraksi melalui pirometalurgi, hidrometalurgi dan elektrometalurgi untuk menghasilkan logam dengan kemurnian tinggi yang harganya dapat mencapai 500 kali harga bijih mentah.

Jurusan ini jadi satu-satunya jurusan dengan jenjang diploma 3 di Indonesia yang sangat diharapkan mendukung kebijakan hilirisasi mineral dan mendukung peningkatan nilai tambah mineral.

Untuk syarat masuknya, peserta harus merupakan lulusan jurusan IPA dan SMK di bidang Kimia dan Keteknikan (Mesin, Listrik) dan tidak boleh buta warna (baik total maupun parsial). Untuk kurikulum 2018, terbagi atas 4 tahap, yakni:

  • Tahap Kelas Teori : 48 SKS
  • Tahap Praktikum dan Ekskursi: 32 SKS
  • Tahap Magang Industri: 34 SKS
  • Proyek Akhir: 2 SKS; Total : 116 SKS

Demikianlah pengenalan singkat 3 jurusan PEP Bandung. Sebagai informasi, PEP Bandung bukan merupakan sekolah kedinasan yang menerapkan program ikatan dinas. Namun mahasiswa yang menempuh pendidikan di PEP Bandung ini dipersiapkan dengan matang untuk siap terjun dalam dunia kerja nantinya.


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “Ingin Kerja di Dunia Pertambangan? Yuk Kenalan dengan Jurusan PEP Bandung”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *