9 Sekolah Kedinasan untuk Perempuan, Pendidikan Gratis dan Lulus Jadi CPNS!

Sekolah Kedinasan untuk Perempuan – Sekolah kedinasan seringkali dianggap lebih cocok untuk laki-laki. Mungkin hal ini disebabkan karena sebagian sekolah kedinasan menerapkan pendidikan semi militer. Namun tenang saja, pendidikan militer di sekolah kedinasan bermaksud untuk pendisiplinan dan membentuk karakter taruna/mahasiswa/prajanya.

Kalau kamu perempuan dan ingin masuk sekolah kedinasan setelah lulus nanti, ada 9 rekomendasi sekolah kedinasan untuk perempuan yang bisa kamu pertimbangkan. Ada apa saja?

9 Sekolah Kedinasan untuk Perempuan

Berikut sekolah kedinasan yang bisa kamu pilih untuk melanjutkan pendidikan dengan program ikatan dinas:

1.    Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PKN STAN menjadi salah satu sekolah kedinasan terfavorit, dengan pendaftar yang membludak di setiap tahunnya. Perguruan Tinggi Kedinasan di bidang Akuntansi Negara ini tidak menerapkan persyaratan fisik bagi pendaftarnya. Untuk tahapan seleksinya juga tidak ada tes fisik.

Prospek kerjanya, lulusan PKN STAN bisa langsung diangkat menjadi CPNS dan ditempatkan di lingkungan pemerintahan. Bahkan banyak juga yang ditempatkan langsung di Kementerian Keuangan.

2.    Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

Selanjutnya ada STMKG yang bisa kamu coba. Dalam pendaftarannya, STMKG menerapkan syarat tinggi badan minimal 155 cm untuk perempuan, tidak boleh buta warna, dan untuk kamu yang menderita minus/silinder/plus diperbolehkan dengan syarat bersedia menjalani operasi lasik jika dinyatakan lulus seleksi (dengan biaya pribadi).

3.    Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Sekolah kedinasan ini merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). STIN ini membebaskan biaya pendidikan bagi para Taruna/Taruninya sampai lulus, dan lulusannya pun akan langsung diangkat menjadi CPNS. Untuk persyaratannya, peserta perempuan yang mau mendaftar di STIN diharuskan memenuhi syarat tinggi badan minimal 160 cm.

Baca juga: Segera Berakhir! Berikut Informasi Jalur dan Syarat Pendaftaran Polbangtan Yoma 2024

4.    Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Selanjutnya, Poltekip ini akan mempersiapkan lulusan yang siap ditempatkan di Kementerian Hukum dan HAM terutama di jajaran pemasyarakatan. Untuk biaya pendidikannya akan ditanggung oleh pemerintah dengan biaya Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

5.    Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Masih satu naungan dengan Poltekip, Sekolah kedinasan Poltekim ini merupakan milik Kemenkumham. Taruna Poltekim akan menempuh pendidikan selama 4 tahun dengan jenjang Sarjana Terapan (D4). Untuk lulusannya nanti akan diangkat menjadi CPN dengan penempatan di jajaran keimigrasian.

6.    Politeknik Perkeretapian Indonesia (PPI)

Ingin melanjutkan pendidikan di bidang perkeretaapian? PPI Madiun ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu. Sekolah kedinasan ini menerapkan program ikatan dinas, dan berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Untuk lulusannya akan mengabdi di pemerintahan sebagai PNS atau juga bekerja di perusahaan bidnag perkeretaapian nasional maupun internasional.

7.    Politeknik Statistika STIS (Sekolah Tinggi Ilmu Statistik)

Suka statistik? STIS merupakan sekolah kedinasan yang recommended bagi kamu kalau kamu suka statistik. Kamu akan belajar di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS), dan tentu akan ada jaminan lulusannya pun akan ditarik untuk berkontribusi di BPS. Persyaratannya kalau kamu pengguna kacamata minus/silinder/plus masih diberikan toleransi di bawah ukuran 6 dioptri.

8.    Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI)

PTDI STTD juga berada di bawah naungan Kementerian Perhubungan, yang sama-sama membuka program ikatan dinas. Sekolah kedinasan yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat ini mempersiapkan Taruna/Taruninya untuk memiliki keterampilan di bidang Transportasi Darat. Lulusannya mempunyai prospek kerja di Dinas Perhubungan, Simulator kendaraan bermotor, Pengawas Lalu Lintas Kota, Engineer Lalu Lintas Kota.

9.    Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Terakhir ada Poltek SSN, yang merupakan sekolah kedinasan di bawah Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). Untuk pendaftarannya, peserta perempuan diharuskan memenuhi syarat tinggi badan minimal 150 cm dengan berat badan yang seimbang (dibuktikan dengan melampirkan surat hasil pemeriksaan dari Puskesmas/fasilitas kesehatan setempat).

Demikianlah rekomendasi sekolah kedinasan untuk perempuan yang bisa kamu pertimbangkan. Bingung dengan persiapannya? Bimbel Kedinasan Indonesia College bisa jadi pilihan bagi kamu untuk memiliki persiapan yang maksimal. Kamu akan dapatkan soal-soal prediktif akurat dan diajarkan oleh tentor profesional di bidangnya. Ribuan siswa sudah membuktikan, yuk ambil giliran kamu!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “9 Sekolah Kedinasan untuk Perempuan, Pendidikan Gratis dan Lulus Jadi CPNS!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *