9 Daftar Sekolah kedinasan yang Ada di Jakarta dan Sekitarnya

Sekolah Kedinasan yang Ada di Jakarta – Jakarta rasanya masih menjadi pusat dari negara Indonesia. Banyak sekali segala sesuatu yang berlokasi di Jakarta, termasuk sekolah kedinasan yang menjadi tujuan bagi para lulusan baru SMA sederajatnya.

Namun, sekolah kedinasan tidak hanya berlokasi di Jakarta saja, karena banyak juga sekolah kedinasan yang tersebar di banyak wilayah di Indonesia, dari Aceh sampai Papua. Nah untuk kamu yang berlokasi di Jakarta dan sekitarnya, ini 9 sekolah kedinasan yang bisa jadi pilihan kamu.

Daftar Sekolah Kedinasan yang Ada di Jakarta dan Sekitarnya

Setidaknya ada 9 pilihan sekolah kedinasan yang berada di Jakarta dan sekitarnya. Berikut di antaranya:

1.    Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

Lokasi PKN STAN memang tidak tepat di kota Jakarta, namun masih bisa dijangkau karena berlokasi di Tangerang, tepatnya di Sektor V, Jl. Bintaro Utama 5, Jurang Manggu Tim., Kec. Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.

PKN STAN sendiri adalah sekolah kedinasan di bidang Akuntansi Negara, yang berada di bawah tanggung jawab Kementerian Keuangan. Lulusannya sudah banyak yang bekerja di lingkungan Kemenkeu dan instansi pemerintah lain, yang pasti jaminan menjadi CPNS setelah lulus nanti.

2.    Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) – Kampus Jakarta

IPDN, sering dikenal sebagai institusi pendidikan kedinasan yang berbasis di Jatinangor, Jawa Barat, ternyata memiliki keberadaan di berbagai kota, termasuk di DKI Jakarta. Salah satunya berlokasi di Jalan Ampera Raya No 1 RW 6, Cilandak, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Sebagai institusi pendidikan favorit di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), IPDN bertugas mendidik calon-calon pelayan negara dalam bidang kepamongprajaan dengan pendekatan ilmu pemerintahan yang bersifat teoritis dan empiris.

Baca juga: Minder Karena Tinggi Badan? Ini 2 Alternatif Sekolah Kedinasan Tanpa Syarat Tinggi Badan

3.    Politeknik Imigrasi (Poltekim)

Poltekim, sebuah lembaga pendidikan kedinasan di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), terletak di Jalan Raya Gandul, Cinere, Depok, Jawa Barat. Poltekim memiliki tiga Program Studi Diploma IV, yakni Hukum Keimigrasian, Administrasi Keimigrasian, dan Manajemen Teknologi Keimigrasian, dan satu Program Studi Diploma III di bidang Keimigrasian.

4.    Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)

Masih di bawah naungan Kemenkum HAM, dan lokasinya berada di lingkungan yang sama dengan Poltekim, Poltekip berlokasi di Jalan Raya Gandul No. 4, RT.07 / RW.08, RT.5/RW.6, Gandul, Kec. Cinere, Kota Depok, Jawa Barat. Sekolah kedinasan ini sudah berdiri sejak 1964, dan sudah memiliki tiga program studi yaitu Manajemen Pemasyarakatan, Teknik Pemasyarakatan, dan Bimbingan Kemasyarakatan. Semua program studinya di jenjang Diploma IV.

5.    Politeknik Siber dan Sandi Negara (Poltek SSN)

Selanjutnya ada Poltek SSN yang berlokasi di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat. Poltek SSN adalah sekolah kedinasan di bidang siber dan sandi negara yang mendidik Taruna dan Taruninya untuk bisa berkontribusi dalam membantu keamanan informasi rahasia negara.

6.    Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG)

STMKG berlokasi di Jalan Perhubungan I No 5, Pondok Betung, Bintaro, Tangerang Selatan. Sekolah kedinasan ini berada di bawah naungan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BKMG). Tentunya lulusannya akan dijamin untuk menjadi CPNS yang ditempatkan di unit-unit BMKG di seluruh wilayah Indonesia nantinya.

7.    Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

Selanjutnya adalah sekolah tinggi intelijen negara, yang berada di bawah naungan Badan Intelijen Negara (BIN). Perannya sendiri adalah menjaga keamanan negara seperti aparat pertahanan dan keamanan lain seperti Polri dan TNI. Untuk lokasi sekolah kedinasannya berada di Sumur Batu, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat.

8.    Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta

STIP Jakarta merupakan sekolah kedinasan di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Lokasi STIP Jakarta ini berada di Jalan Marunda Makmur, Cilincing, Jakarta Utara. Untuk pilihan program studinya ada 3 pilihan, yakni Nautika, Teknika dan Ketatalaksanaan Angkutan Laut dan Kepelabuhan.

9.    Politeknik Statistika STIS Politeknik Statistika

Pilihan terakhir adalah Sekolah Kedinasan Statistika STIS yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistika. Lokasi Polstat STIS sendiri ada di Jalan Otto Iskandardinata No 64 C, Jakarta Timur. Lalu program studinya antara lain: DIII Statistika, Program Studi DIV Statistika, dan Program Studi DIV Komputasi Statistika.

Demikianlah 9 pilihan sekolah kedinasan yang ada di Jakarta dan sekitarnya. Dari 9 sekolah kedinasan tadi, kira-kira kamu tertarik untuk masuk di sekolah kedinasan mana? Yuk persiapkan diri untuk seleksinya dengan ikut Bimbel Kedinasan di Indonesia College. Kamu akan dapat soal-soal prediktif akurat dengan pembelajaran yang seru. Ribuan siswa sudah lolos di sekolah kedinasan impian mereka, yuk jangan sampai ketinggalan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “9 Daftar Sekolah kedinasan yang Ada di Jakarta dan Sekitarnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *