Menarik! Ini 6 Alasan Memilih Sekolah Kedinasan untuk Melanjutkan Pendidikan

Alasan Memilih Sekolah Kedinasan – Sekolah kedinasan menjadi pilihan yang banyak dicari para lulusan baru selain melanjutkan di Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta. Sekolah kedinasan memiliki perbedaan dengan PTN dan PTS, karena masing-masing sekolah kedinasan berada di bawah naungan Kementerian atau Instansi Pemerintah, sementara PTN dan PTS berada di bawah naungan Kemendikbudristek.

Sekolah kedinasan sendiri memiliki banyak sekali jenisnya, namun yang paling ramai diminati ada 8 yakni: IPDN, PKN STAN, Polstat STIS, Poltekim, Poltekip, STMKG, Kemenhub, dan Poltek SSN. Setiap tahunnya daftar sekolah kedinasan ini akan membuka pendaftaran serentak melalui portal resmi Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Alasan Memilih Sekolah Kedinasan

Nah, apakah kamu sudah tahu kira-kira alasan apa yang membuat banyak lulusan baru memilih untuk menjadi Taruna/Praja/Mahasiswa sekolah kedinasan? Ini jawabannya:

1.    Jaminan Langsung Kerja Setelah Lulus

Sekolah kedinasan yang tadi, menerapkan program ikatan dinas yang menjadi salah satu alasan utama banyak sekali yang tertarik untuk masuk sekolah kedinasan. Program ikatan dinas ini memberi jaminan kepada Taruna/Praja/Mahasiswa-nya untuk langsung bekerja setelah lulus nanti, bahkan sudah menjadi CPNS tanpa tes lagi di instansi yang menaunginya.

Tentu ini sangat menjanjikan, karena banyak sekali lulusan yang belum bisa langsung bekerja bahkan banyak lulusan yang tidak bekerja sesuai dengan bidangnya.

2.    Biaya Pendidikan Gratis

Keunggulan dari sekolah kedinasan selanjutnya ada di biaya pendidikannya yang gratis, karena biaya pendidikan akan ditanggung oleh Kementerian atau Lembaga Pemerintah yang menaunginya. Biaya pendidikan gratis ini akan berlaku bagi peserta yang lolos di jalur pola pembibitan yang dilaksanakan serentak dalam satu tahun sekali.

3.    Memiliki Jaringan Luas

Sekolah kedinasan rata-rata akan menerapkan pendidikan semi-militer, yang ditujukan untuk membentuk kedisiplinan Taruna/Praja/Mahasiswanya. Biasanya sekolah kedinasan masih menerapkan senioritas, yang memiliki tujuan baik yakni membentuk jaringan yang luas. Para kandidat berasal dari latar belakang dan asal daerah yang berbeda-beda dari seluruh wilayah di Indonesia. Dengan begitu, jaringan pertemanan dan relasi dalam dunia pekerjaan pun akan lebih luas.

Baca juga: Politeknik Elektronika Satu-satunya! Yuk Kenalan dengan Sejarah dan Jurusan Politeknik Elektronika Negeri Surabaya

4.    Pendidikan yang Sudah Pasti Berkualitas

Pendidikan di sekolah kedinasan bisa dikatakan sudah pasti unggul kualitasnya. Sekolah kedinasan akan menerapkan komposisi pendidikan yang lebih menekankan pada praktik dibandingkan teorinya. Hal ini ditujukan agar lulusannya bisa menjadi SDM yang kompeten dan siap terjun dalam pengabdian.

5.    Memiliki Beragam Pilihan Jurusan dan Fasilitas Lengkap

Masing-masing sekolah kedinasan memiliki beragam pilihan jurusan yang sesuai dengan bidangnya. Contohnya Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, yang pilihan jurusannya akan mempelajari seputar cuaca dan fenomena alam. Contoh lagi Institut Pemerintahan Dalam Negeri, pilihan jurusannya akan berfokus pada bidang pemerintahan.

Masing-masing sekolah kedinasan juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap, mulai dari gedung utama, lapangan olahraga, tempat ibadah, sampai dengan ruangan praktik untuk masing-masing jurusannya.

6.    Mendapat Fasilitas Asrama

Sekolah kedinasan umumnya memiliki asrama yang menjadi tempat tinggal bagi Taruna/Praja/Mahasiswanya. Nah, asrama ini biasanya juga tidak akan dipungut biaya alias gratis, dan bahkan mereka akan disediakan makanan setiap harinya. Tentu ini jadi sesuatu yang sangat membantu untuk meringankan biaya hidup.

Namun ada juga yang tidak menyediakan asrama, atau disediakan namun untuk biaya hidup tetap harus membayar biaya bulanan ke pengelola asrama.

Jadi demikianlah beberapa alasan memilih sekolah kedinasan untuk melanjutkan pendidikan. Ingin lolos sekolah kedinasan impian? Indonesia College menjadi bimbel recommended untuk kamu pilih. Kamu akan dapat materi lengkap akurat, bahkan dapat Binjas atau Kesamaptaan yang diajar oleh pengajar profesional. Sudah berpengalaman sejak 1993 dan ribuan siswa sudah berhasil lolos. Yuk konsultasi dulu dengan CS kami di sini untuk dapat penawaran menarik sebelum kehabisan!


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDN, POLTEKIM, POLTEKIP, PKN STAN, STIN, POLSTAT STIS, STMKG, POLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.id, indonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *