5 Sekolah Kedinasan Perhubungan Darat dan Pilihan Jurusannya

Sekolah Kedinasan Perhubungan Darat – Dari sekian banyaknya sekolah kedinasan yang dinaungi oleh kementerian dan lembaga pemerintah non kementerian, Kementerian Perhubungan membuka sekolah kedinasan yang paling banyak dengan pembagian di matra darat, laut dan udara. Nah, pada pembahasan kali ini kita akan mengulik seputar sekolah kedinasan perhubungan di matra darat. Ada pilihan apa  saja?

Sekolah Kedinasan Perhubungan Darat

sekolah kedinasan perhubungan darat

Perguruan tinggi kedinasan atau sekolah kedinasan yang dikelola oleh Kementerian Perhubungan menerapkan program ikatan dinas, yang nantinya lulusannya akan ditempatkan di lingkup Kementerian Perhubungan. Untuk pilihan sekolah kedinasannya antara lain:

1.    Politeknik Transportasi Darat Indonesia (PTDI STTD)

Pertama ada PTDI yang dahulu bernama Sekolah Tinggi Transportasi Darat yang berlokasi di Jl. Raya Setu No.89, Cibuntu, Kec. Cibitung, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17520.

Sekolah kedinasan PTDI STTD ini menyelenggarakan pendidikan yang berbasis vokasi dan akademik di bidang transportasi darat yang ada di Indonesia. Untuk pilihan program studinya sendiri antara lain:

  • D-IV Transportasi Darat
  • D-III Manajemen Transportasi Jalan
  • D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  • D-IV Teknologi Rekayasa Otomotif
  • S2 – Pemasaran, Inovasi, dan Teknologi
  • S2 – Teknik Keselamatan dan Risiko

Baca juga: Pendaftaran TNI Perwira Karier 2024 Dibuka Sampai Akhir Oktober, Cek Kebutuhan dan Syaratnya

2.    Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan (PKTJ)

Sekolah kedinasan matra darat selanjutnya adalah PKTJ Tegal yang berlokasi di Jl. Perintis Kemerdekaan No.17, Slerok, Kec. Tegal Tim., Kota Tegal, Jawa Tengah 52125. Politeknik Keselamatan Transportasi Jalan memiliki 3 Program Studi yaitu:

  • DIV Rekayasa Sistem Transportasi Jalan
  • DIV Teknologi Rekayasa Otomotif
  • DIII Teknologi Otomotif.

PKTJ Tegal ini berfokus pada keselamatan transportasi jalan, dan dahulunya menggunakan nama Balai Pendidikan dan Latihan Transportasi Jalan Raya (Balai Diklat Trans Jaya).

3.    Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun

Sekolah kedinasan PPI berlokasi di Jalan Tirta Raya Kota Madiun, Jawa Timur. Sekolah kedinasan perkeretaapian ini membentuk SDM yang berkualitas, yang siap mengabdi di pemerintahan maupun berkontribusi di perusahaan-perusahaan bidang perkeretaapian nasional dan internasional.

Terdapat 4 pilihan program studi di jenjang Diploma III, berikut pilihannya:

  • D-III Teknologi Bangunan dan Jalur Perkeretaapian
  • D-III Teknologi Elektro Perkeretaapian
  • D-III Manajemen Transportasi Perkeretaapian
  • D-III Teknologi Mekanika Perkeretaapian

Baca juga: Apa Itu STMKG? Ini Profil, Jurusan dan Keunggulannya yang Sangat Menjanjikan

4.    Politeknik Transportasi Darat (Bali)

Sekolah Kedinasan yang biasa disebut Poltrada Bali ini berlokasi di Jl. Batuyang No.109X, Batubulan Kangin, Kec. Sukawati, Kabupaten Gianyar, Bali 80582. Selain itu ada juga yang berlokasi di Tabanan, Bali.

Untuk fokus pembelajarannya, masing-masing program studi mempelajari hal yang berbeda di bidang transportasi. Untuk pilihan program studinya, antara lain:

  • D-III Manajemen Transportasi Jalan: berfokus di bidang manajemen transportasi, mulai dari perencanaan transportasi darat, keselamatan transportasi darat, manajemen sistem kinerja lalu lintas, serta manajemen angkutan umum.
  • D-IIII Teknologi Otomotif: berfokus di bidang pengujian kendaraan bermotor.
  • D-III Manajemen Logistik: berfokus di bidang manajemen logistik, mulai dari perencanaan rute logistik, manajemen angkutan logistik, pengawasan, serta keselamatan dalam bidang logistik.

5.    Politeknik Transportasi Sungai, Danau dan Penyeberangan (Palembang)

Sekolah kedinasan terakhir ada Poltektrans SDP yang berlokasi di Jl. Sabar Jaya No.116, Mariana, Kec. Banyuasin I, Kab. Banyuasin, Sumatera Selatan 30962. Pilihan program studinya ada 3 yang berada di jenjang Diploma III, antara lain:

  • D-III Permesinan Kapal
  • D-III Nautika
  • D-III MTPD

Demikianlah 5 sekolah kedinasan perhubungan darat di bawah Kemenhub yang mungkin bisa jadi pilihan kamu. Persaingan masuknya yang super ketat membuat kamu harus memiliki persiapan matang supaya bisa lolos. Yuk maksimalkan persiapanmu dengan bimbel Kedinasan Indonesia College. Materi yang akan didapatkan super lengkap dan diajarkan oleh tentor profesional di bidangnya. Yuk ambil kesempatannya di sini.

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *