5 Sekolah Kedinasan Indonesia: Profil, Alamat, Jurusan, dan Prospek Kerjanya

Sekolah Kedinasan di Indonesia – Tertarik masuk sekolah kedinasan setelah lulus SMA? Jika iya, kamu perlu mempersiapkan diri dari sekarang.

Selain PTN dan PTS, kamu juga menjadikan sekolah kedinasan sebagai pilihan. Dengan memasuki perguruan tinggi yang ada di bawah naungan lembaga pemerintahan, kamu bisa diangkat menjadi pegawai negeri sipil atau bekerja di instansi pemerintah setelah lulus pendidikan.

Lantas, apa saja sekolah kedinasan di Indonesia yang bisa dijadikan sebagai pilihan? Yuk, cek daftarnya dalam ulasan berikut ini.

Sekolah Kedinasan di Indonesia

Berikut ini adalah daftar sekolah kedinasan di Indonesia beserta pilihan jurusannya yang bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan studi setelah lulus Sekolah Menengah Atas:

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN)

IPDN merupakan sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Kampus IPDN tersebar di beberapa daerah di Indonesia seperti Jakarta, Sumatera Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Utara, NTB, Papua, Kalimantan Barat, dan Riau.

Di IPDN, ada dua fakultas yang bisa dituju oleh lulusan SMA, antara lain:

  • Fakultas Politik Pemerintahan, menyediakan Program Studi Kebijakan Pemerintahan dan Program Studi Politik Pemerintahan.
  • Fakultas Manajemen Pemerintahan, menyediakan Program Studi Manajemen Sumber Daya Manusia, Program Studi Manajemen Keuangan, Program Studi Manajemen Pembangunan, Program Studi Manajemen Pemerintahan, dan Program Studi Kebijakan Pemerintahan.

Lulusan IPDN punya peluang besar untuk tergabung dalam birokrasi pemerintahan yang ada di seluruh Indonesia.

Lulusan kampus IPDN Indonesia punya peluang besar untuk tergabung dalam birokrasi pemerintahan yang ada di seluruh Indonesia.

2. Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN)

Sekolah Tinggi Sandi Negara adalah sekolah kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) RI.

STSN menjadi satu-satunya pendidikan tinggi persandian di Indonesia. lokasi kampus STSN terletak di Jalan Raya H. Usa, Putut Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

STSN menyediakan program studi, yakni

  • D-IV Manajemen Persandian
  • D-IV Teknik Persandian (Program Studi Teknik Kripto dan Program Studi Teknik Rancang Bangun Peralatan Sandi).

Pembagian program studi di sekolah kedinasan ini dilakukan pada semester 1, sementara peminatan ada pada semester 3 pada program studi Teknik Persandian.

Durasi kuliah di STSN yakni selama 4 tahun. lulusan STSN hampir pasti diangkat menjadi bagian dari BSSN atau lembaga pemerintah lainnya yang memerlukan keahlian kriptologi.

3. Politeknik Pemasyarakatan (Poltekip)

Sekolah kedinasan yang satu ini berada di bawah naungan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) RI.

Lulusan SMA yang ingin masuk Poltekip dapat memilih salah satu dari tiga program studi di Poltekip.

Adapun program studi yang dimaksud, yakni:

  • Teknik pemasyarakatan
  • Manajemen pemasyarakatan
  • Bimbingan pemasyarakatan.

Poltekip didirikan lantaran ada perubahan perlakuan terhadap pelanggar hukum menjadi pemasyarakatan. Oleh sebab itu, dibutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas yang dilatih melalui Poltekip.

Politeknik Pemasyarakatan terletak di Jalan Raya Gandul Nomor 4, RT 5/RW 6, Gandul, Kecamatan Cinere, Kota Depok, Jawa Barat.

4. Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN

PKN STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah Kementerian Kuangan RI. PKN STAN memiliki empat jurusan, antara lain:

  • Jurusan Akuntansi: D-III Akuntansi dan D-IV Akuntansi
  • Jurusan Pajak: D-III pajak, D-III PBB/Penilai, dan D-1 Pajak
  • Jurusan Kepabeanan dan Cukai: D-III Kepabeanan dan Cukai, D-I Kepabeanan dan Cukai.
  • Jurusan Manajemen Keuangan: D-III Kebendaharaan Negara, D-III Manajemen Aset, dan D-I Kebendaharaan Negara.

PKN STAN terletak di Sektor V, Jalan Bintaro Utama 5, Jurang Manggu Tim., Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan, Banten.

5. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Sekolah Tinggi Ilmu Statistika merupakan perguruan tinggi kedinasan yang berada di bawah naungan Badan Pusat Statistik (BPS) RI.

Perguruan tinggi ini dulunya bernama Akademi Ilmi Statistik (AIS). STIS terletak di Jalan Otto Iskandar Dinata Nomor 64C, RT 1/RW4, Bidara Cina, Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur.

STIS menawarkan tiga program studi, yakni:

  • D-III Statistika
  • D-IV Statistika
  • D-IV Komputasi Statistik

Lulusan STIS akan ditempatkan di kantor-kantor BPS seluruh Indonesia.

Apabila kamu ingin ketika di sekolah kedinasan di atas, kamu perlu mempersiapkan diri dari sekarang. Salah satu persiapan yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengikuti bimbingan belajar di Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteran, Sekolah Kedinasan, dan IUP UGM. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online. Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *