Ingin Lanjut Pendidikan di Semarang? Ini 5 Pilihan Sekolah Kedinasan di Semarang

Sekolah Kedinasan di Semarang – Semarang menjadi salah satu kota besar di pulau Jawa yang memiliki banyak pilihan lembaga pendidikan, termasuk sekolah kedinasan. Sekolah kedinasan sendiri menjadi salah satu incaran lulusan baru selain PTN dan PTS. Melanjutkan pendidikan di sekolah kedinasan, bisa dibilang memiliki masa depan yang lebih menjanjikan karena untuk yang menyediakan program ikatan dinas akan diangkat langsung jadi CPNS.

Sekolah kedinasan sendiri adalah lembaga pendidikan yang berada di bawah tanggung jawab Kementerian/Lembaga Non Kementerian Republik Indonesia. Nah, kira-kira di Semarang ada sekolah kedinasan apa saja?

4 Pilihan Sekolah Kedinasan di Semarang

Setidaknya ada 4 sekolah kedinasan ternama yang berlokasi di Semarang, Jawa Tengah. Berikut daftar sekolah kedinasannya:

1.    Akademi Kepolisian (Akpol)

Sekolah kedinasan pertama adalah Akademi Kepolisian (Akpol) yang berlokasi di Jalan Sultan Agung No. 131, Candi Baru, Kecamatan Gajahmungkur, Semarang. Akpol ini merupakan pelaksana pendidikan pembentukan Perwira Kepolisian RI, yang berada di bawah Lemdiklat Polri (Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Polri) dengan jenis pendidikan Vokasi Diploma 4 (D4).

Pendidikan di Akpol akan berjalan selama 4 tahun dengan menempuh 8 semester pendidikan, dan output pangkat yang didapatkan adalah Inspektur Polisi Dua (Ipda). Lalu untuk pendekatan pendidikannya sendiri menggunakan metode pembelajaran, pelatihan dan pengasuhan.

2.    Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang

Kedua ada Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang, yang merupakan sekolah kedinasan pelayaran di bawah naungan Kementerian Perhubungan. Sekolah kedinasan ini menerapkan program ikatan dinas, yang menjamin lulusan jalur pola pembibitan diangkat menjadi CPNS nantinya.

Sementara itu untuk pilihan jurusan yang dibuka adalah DIV Nautika, DIV Teknika, dan DIV Tatalaksana Angkatan Laut dan Kepelabuhan (TALK). Untuk lokasinya, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang berada di Jalan Singosari Raya No.2A, Wonodri, Kecamatan Semarang Selatan.

Baca juga: 9 Sekolah Kedinasan untuk Perempuan, Pendidikan Gratis dan Lulus Jadi CPNS!

3.    Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kemenkes Semarang

Selanjutnya adalah Poltekkes Kemenkes Semarang yang berada di bawah naungan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Pada mulanya, Poltekkes Semarang ini berdiri karena penggabungan dari 11 akademi kesehatan, dan berdiri pada 2001.

Poltekkes Semarang membuka program pendidikan vokasi, dengan 8 pilihan jurusan yang bisa kamu pilih, yakni: Keperawatan, Kebidanan, Gizi, TRR (Teknik Radiodiagnostik dan Radioterapi), Keperawatan Gigi, Kesehatan Lingkungan, Analisis Kesehatan dan RMIK (Rekam Medis dan Informasi Kesehatan).

Untuk lokasinya, Politeknik Kesehatan Kemenkes Semarang memiliki beberapa cabang di kota-kota di Jawa Tengah. Namun untuk yang berada di Semarang, lokasinya ada di Jl. Tirto Agung, Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah 50268.

4.    Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Semarang

Terakhir ada Politeknik Pekerjaan Umum (PU) Semarang yang merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian PUPR (Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat). Namun sekolah kedinasan ini tidak menerapkan program ikatan dinas, yang menjamin lulusannya diangkat menjadi ASN.

Poltek PU Semarang ini memiliki kualitas pendidikan yang mengedepankan praktik, dengan sistem pembelajarannya menerapkan 70% Praktik dan 30% teori. Lalu untuk pilihan program studinya ada 3, yakni DIII yaitu Teknologi Konstruksi Bangunan Gedung, Teknologi Konstruksi Bangunan Air, dan Teknologi Konstruksi Jalan dan Jembatan. Lulusannya nanti akan berkesempatan bekerja di sektor pembangunan tol, pembangunan waduk dan irigasi, bahkan mengurus pemindahan IKN.

Lokasi Politeknik PU Semarang ada di 2 tempat, yakni kampus 1 di Jl. Prof Soedarto, SH No. 15 – Tembalang Semarang 50275. Lalu untuk kampus 2ada di Jl. Soekarno Hatta No.100 Semarang 50275.

Demikianlah rekomendasi sekolah kedinasan di Semarang yang mungkin bisa jadi referensi untuk kamu. Kalau kamu butuh bimbel untuk masuk sekolah kedinasan, Indonesia College jadi pilihan tepat untuk kamu. Pembelajarannya menyenangkan, dan kamu akan dapat soal-soal prediktif akurat. Ribuan siswa sudah berhasil lolos sekdin impian mereka, kamu kapan?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “Ingin Lanjut Pendidikan di Semarang? Ini 5 Pilihan Sekolah Kedinasan di Semarang”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *