4 Daftar Jurusan Politeknik STTT Bandung dan Fasilitas Kampusnya

Jurusan Politeknik STTT Bandung – Warga Bandung dan sekitarnya pasti sudah tidak asing dengan Politeknik STTT Bandung, kan? Berdirinya Politeknik STTT Bandung diawali dengan berdirinya Textiel Inrichting Bandoeng (TIB) pada 1 April 1922 di Bandung yang didirikan oleh Pemerintahan Hindia Belanda.

Setelah itu karena kebutuhan pasar yang tinggi, didirikanlah Kursus Tekstil Tinggi dan dikembangkan menjadi perguruan tinggi dengan nama Sekolah Tekstil Tinggi (STT) pada 11 Juli 1956. Kampus ini dikelola oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, dan menjadi kampus vokasi di bidang industri tekstil yang sudah berakreditasi A berdasarkan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) melalui SK BAN PT No. 13/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2019.

Jurusan Politeknik STTT Bandung

Kampus ini memiliki fokus studi untuk menguasai teknologi tekstil maju, termasuk menggunakan medical textiles, smart textiles, dan juga nanoteknologi yang berwawasan berkelanjutan. Jadi dalam fokus pendidikannya sendiri adalah aspek rekayasa pembuatan serat, benang, dan juga kain sampai proses pakaian jadi. Untuk jurusannya, Politeknik STTT Bandung sudah ada 3 jurusan D4 dan 1 Magister Terapan:

1.    Diploma 4 Teknik Tekstil

Jurusan ini akan berhubungan dengan proses memintal, menenun, merajut, dan juga melakukan evaluasi tekstil dan proses lain yang terkait dengan teknologi tektil. Dalam perkuliahannya, baik teori maupun praktikumnya, jurusan ini memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang siap bekerja dan berkompetensi SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) di level 6.

SDM dengan kompetensi tersebut bisa diartikan memiliki kemampuan dalam mengelola industri dengan baik, mampu memecahkan permasalahan industri tekstil, dan bisa menilai kinerja suatu proses industri. Lulusannya akan mendapatkan gelar Sarjana Terapan Teknik (S.Tr.T).

2.    Diploma 4 Kimia Tekstil

Jurusan ini mempersiapkan mahasiswanya untuk bisa memiliki pengetahuan dan keterampilan teknis seputar proses penyempurnaan tekstil, yang berguna untuk meningkatkan fungsi dan nilai estetika serat, benang, kain dan produk tekstil lainnya dengan menerapkan konsep ilmu kimia.

Lulusan Program Studi Kimia Tekstil akan memperoleh gelar Sarjana Terapan Sains (S.Tr.Si.) Program studi Kimia Tekstil pada tahun 2019 telah mendapat akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT No. 4805/SK/BAN-PT/Akred/ST/XII/2019.

Lulusan Program Studi Kimia Tekstil memiliki peluang untuk bekerja di berbagai sektor industri tekstil, termasuk pencelupan, pengecapan, dan penyempurnaan kain dalam proses produksi, perawatan, dan pemeliharaan, serta di bidang riset dan pengembangan. Mereka juga dapat terlibat dalam perencanaan dan pengendalian produksi, serta pengendalian mutu.

Baca juga: 7 Jurusan di Poltekpar Medan dan Profil Lulusannya, Tertarik?

Lulusannya juga berkesempatan untuk berkarir di bidang industri non woven, serta industri zat warna dan zat pembantu tekstil, dan terlibat dalam penjualan teknis dan pemasaran di perusahaan-perusahaan yang terkait. Posisi awal yang dapat mereka tempati dalam tiga tahun setelah lulus termasuk sebagai teknisi, dengan kemungkinan naik ke posisi penyelia atau manajemen tingkat menengah bawah.

3.    Diploma 4 Produksi Garmen

Jurusan ini berfokus mempelajari rekayasa proses produksi garmen. Untuk keahlian yang akan diperoleh mahasiswa jurusan ini adalah teknik pembuatan pola manual dan Computer Assisted Design (CAD), grading pola, analisa pemotongan & pemanfaatan bahan, teknik menjahit dan analisa pemilihan mesin garmen, termasuk ilmu tentang studi gerak dan waktu.

Untuk prospek karirnya, lulusan ini bisa bekerja di bidang dan jabatan teknisi di level middle management di industri tekstil pemintalan, perajutan, pertenunan, non woven di bagian Produksi dan Lembaga Pengujian Tekstil, Pemeliharaan Mesin, Research and Development, PPIC dan Quality Control.

4.    S2 Rekayasa Tekstil dan Apparel

Terakhir, jurusan S2 Rekayasa Tekstil dan Apparel ini merupakan pertama dan satu-satunya di Indonesia. Kurikulumnya dirancang berdasarkan kebutuhan pengembangan industri tekstil Indonesia di asa depan, dengan fokus pada penguasaan teknologi tekstil maju seperti smart textiles, medical textiles dan nanoteknologi yang berwawasan keberlanjutan (sustainable).

Fasilitas Pendidikan Politeknik STTT Bandung

Kampus ini sudah menyediakan fasilitas lengkap untuk menunjang pendidikan dan penyerapan pengetahuan mahasiswanya. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya:

  1. Ruang Auditorium
  2. Sarana Olahraga
  3. Sarana Publik
  4. Laboratorium Produksi Garmen
  5. Laboratorium Teknik Tekstil
  6. Laboratorium Kimia Tekstil
  7. Laboratorium Magister RTA
  8. Showcase PIDI 4.0
  9. Smart Factory 1
  10. Smart Factory 2

Demikianlah informasi seputar kampus dan jurusan Politeknik STTT Bandung. Bagaimana, tertarik untuk mendaftar di kampus ini?


Raih impian masuk kampus pilihanmu bersama Indonesia College. Tersedia bimbingan khusus PTNKedokteranSekolah KedinasanIUP UGM, dan KKI UI. Belajar juga makin mudah dengan adanya layanan Bimbel Online.

Dapatkan informasi terkini dunia perkuliahan di blog indonesiacollege.co.id. Cek juga halaman kami lainnya di bimbelkedokteran.id dan indonesia-college.com – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “4 Daftar Jurusan Politeknik STTT Bandung dan Fasilitas Kampusnya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *