Mau Lanjut Kuliah di Surabaya? Ini 3 Pilihan Sekolah Kedinasan di Surabaya

Sekolah Kedinasan di Surabaya – Surabaya menjadi salah satu kota besar yang ada di Indonesia, dan pasti memiliki banyak pilihan lembaga pendidikan, termasuk untuk sekolah kedinasan. Melanjutkan ke sekolah kedinasan juga menjadi pilihan yang banyak dipilih lulusan baru, dengan memandang prospek kerja nantinya yang jelas, dan mendapatkan kemampuan praktik yang unggul.

Sekolah kedinasan sendiri rata-rata menerapkan program pendidikan di jenjang vokasi, dengan mengedepankan praktik untuk mempersiapkan Taruna/Taruninya supaya menjadi SDM yang berkompeten dan siap untuk berkontribusi dalam dunia kerja nantinya.

Nah, perguruan tinggi kedinasan di Surabaya ini ada beberapa pilihan dan disediakan dengan kualitas pendidikan unggul. Bidangnya pun beragam mulai dari penerbangan sampai maritim. Kira-kira apa saja sekolah kedinasan di Surabaya?

3 Sekolah Kedinasan di Surabaya

Ada setidaknya 3 sekolah kedinasan yang ada di Surabaya yang menerapkan program ikatan dinas dan menjamin lulusannya menjadi ASN. 3 sekolah kedinasan tersebut di antaranya:

1.    Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya

Pilihan pertama ada Politeknik Penerbangan Surabaya, yang merupakan sekolah kedinasan di bawah tanggung jawab Kementerian Perhubungan. Untuk lokasinya, sekolah kedinasan Poltekbang ini ada di Jalan Jemur Andayani I No. 73 Surabaya 60236.

Poltekbang Surabaya ini memfasilitasi para Taruna dan Taruninya untuk menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) setelah lulus nanti, khususnya di bidang aviasi di Indonesia.  Selama proses pendidikan pun Taruna dan Taruninya tidak dibebankan biaya pendidikan, karena akan ditanggung oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) untuk yang masuk lewat jalur Pola Pembibitan.

Baca juga: Materi Tes, Nilai Ambang Batas dan Jadwal SKD Sekolah Kedinasan 2024

Untuk program studi yang disediakan di antaranya: Lalu Lintas Udara, Komunikasi Penerbangan, Manajemen Transportasi Udara, Teknik Listrik Bandar Udara, Teknik Navigasi Udara, Teknik Bangunan dan Landasan, dan Teknik Pesawat Udara. Semuanya di jenjang Diploma 3.

2.    Akademi Angkatan Laut (AAL) Surabaya

AAL Surabaya berlokasi di komp TNI AL Bumi More, Bumi Moro, Morokrembangan, Kec. Krembangan, Surabaya, Jawa Timur. AAL sendiri merupakan sekolah kedinasan yang menerapkan program ikatan dinas yang biaya pendidikannya ditanggung oleh negara. Pendidikan Kadetnya dijalankan selama 4 tahun, dan lulusannya akan menyandang predikat Sarjana Terapan Pertahanan (S.ST.Han).

Selain itu, setelah lulus nanti akan dilantik langsung menjadi Perwira Pertama dengan pangkat Letnan Dua. Dalam pendidikannya, AAL menyediakan beberapa program studi yakni Manajemen Logistik dan Keuangan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut, Manajemen Pertahanan Matra Laut Aspek Darat, Teknik Mesin Kapal Perang, serta Teknik Elektronika Kapal Perang.

3.    Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya

Polpekpel Surabaya merupakan salah satu PTK yang berada di bawah tanggung jawab Kementerian Perhubungan. Politeknik Pelayaran (Poltekpel) Surabaya memiliki dua kampus yang terletak di dua lokasi yang berbeda. Kampus I berada di Jalan Raya Hang Tuah Nomor 5 Surabaya, sementara Kampus II terletak di Jalan Gunung Anyar Boulevard Nomor 1 Surabaya.

Lulusan dari Poltekpel Surabaya diharapkan untuk memenuhi kebutuhan profesional di bidang pelayaran kapal niaga, seperti Ahli Nautika, Ahli Teknika, dan Ahli Elektro Pelayaran.

Poltekpel Surabaya menyediakan pendidikan jenjang D3 dan D4. Pada jenjang D3, terdapat program studi Nautika, Teknika, dan Elektro Pelayaran. Sedangkan pada jenjang D4, tersedia program studi Transportasi Laut, Teknologi Rekayasa Operasi Kapal, Teknologi Rekayasa Permesinan Kapal, dan Teknologi Rekayasa Kelistrikan Kapal.

Demikianlah 3 pilihan sekolah kedinasan di Surabaya yang memiliki prospek kerja menjanjikan. Mau masuk salah satunya? Yuk persiapkan diri dengan ikut bimbel Kedinasan di Indonesia College, kamu akan dapat persiapan maksimal dengan materi prediktif akurat. Ribuan siswa sudah lolos sekolah kedinasan impian mereka, kamu kapan?


Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

One Reply to “Mau Lanjut Kuliah di Surabaya? Ini 3 Pilihan Sekolah Kedinasan di Surabaya”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *