3 Pilihan Jurusan di Sekolah Kedinasan AAU, Sudah Tau?

Sekolah Kedinasan AAU – Akademi Angkatan Udara atau AAU merupakan lembaga pendidikan di bidang kemiliteran udara yang berada di bawah naungan TNI AU. Sekolah kedinasan ini tidak membebankan biaya pendidikan bagi setiap Karbol/taruna AAU, karena sudah ditanggung oleh pemerintah, mulai dari biaya pendaftaran, biaya pendidikan sampai dengan biaya hidup di asrama selama masa pendidikan.

Setelah lulus nanti, Karbol akan menjadi Perwira AU dengan pangkat Letnan Dua dan diarahkan untuk Korps/jurusan Penerbang/Navigator, Teknik Pesawat Terbang, Elektronika, Pembekalan, Administrasi, Pasukan, Pomau dan Khusus.

Jurusan yang Ada di Sekolah Kedinasan AAU

sekolah kedinasan AAU

Masih banyak yang belum tahu pendidikan di AAU ada jurusan apa saja. Berikut 3 pilihannya:

1.    D-IV Teknik Aeronautika Pertahanan

Jurusan pertama adalah Teknik Aeronautika yang berfokus pada kompetensi keahlian di bidang perawatan mesin dan rangka pesawat udara. Teknik Aeronautika Pertahanan ini sekarang sudah berakreditasi A berdasarkan pada SK Badan Akreditasi Nasional Nomor 2552/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/IX/2018 tanggal 12 September 2018.

2.    D-IV Teknik Elektronika Pertahanan

Jurusan Teknik Elektronika ini akan mempelajari seputar dasar-dasar teknik elektronika dan pengembangan perangkat lunak serta perangkat keras. Teknik Elektronika Pertahanan ini sekarang sudah terakreditasi A berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Nomor 3137/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/XI/2018 tanggal 22 November 2018.

3.    D-IV Teknik Manajemen Industri Pertahanan

Jurusan ketiga adalah sarjana terapan Teknik Manajemen Industri Pertahanan yang akan mempelajari seputar Sistem Manufaktur, Manajemen Industri serta Sistem Industri dan Tekno-Ekonomi. Jurusan ini sudah terakreditasi A berdasarkan SK Badan Akreditasi Nasional Nomor 2735/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/X/2018 tanggal 2 Oktober 2018.

Baca juga: 3 Jurusan Politeknik Industri Petrokimia Banten, Belajar Apa Saja?

Tujuan Program Studi

Tujuan diadakannya program studi atau jurusan AAU selaras dengan tujuan pendidikan AAU itu sendiri yaitu mendidik, membekali Karbol untuk menjadi Perwira Pertama TNI AU berpangkat Letnan Dua yang berkemampuan manajerial tingkat dasar, berkepribadian Prajurit Saptamarga, pengetahuan dan teknologi matra udara, dan juga kesamaptaan jasmani dan kemiliteran (Kep/37/V/2012, Bujuknis Gardik AAU), maka tujuan program studi Departemen Teknik Aeronautika Pertahanan adalah:

  1. Menghasilkan perwira aeronautika yang bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak, berbudaya Indonesia, bersemangat tinggi, tanggap, berkinerja tinggi, mampu menerapkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni, dan mampu mengembangkan kemampuan diri.
  1. Meningkatkan kualitas pendidikan dengan kapasitas intelektual yang tinggi dalam pengetahuan, keahlian, kreativitas, kesehatan jasmani, moral dan karakter.
  2. Menghasilkan perwira aeronautika yang menguasai dasar-dasar teknik elektronika dan mampu mengembangkan perangkat lunak dan perangkat keras, serta mampu mengembangkan diri seiring kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Menghasilkan perwira aeronautika yang mampu menganalisis masalah dan selalu berupaya menyelesaikan secara logis, sistematis dan praktis yang didukung oleh metode yang tepat guna.
  4. Menghasilkan penelitian-penelitian yang berkualitas yang berkontribusi dalam pengembangan ilmu kerekayasaan dan teknologi.

Baca juga: Mengenal Kampus: Visi Misi, Jurusan Politeknik Negeri Sriwijaya, dan Fasilitasnya

Fasilitas Penunjang Pendidikan AAU

Akademi Angkatan Udara sebagai sekolah kedinasan yang memiliki pendaftar tinggi setiap tahunnya memiliki kualitas pendidikan yang sangat unggul. Fasilitas pendidikannya pun sangat mumpuni dan memadai. Nah, berikut fasilitas-fasilitas yang tersedia di Akademi Angkatan Udara Yogyakarta:

  • Asrama
  • Laboratorium
  • Perpustakaan
  • Aula besar
  • Ruang kelas
  • Ruang makan
  • Kantin
  • Stadion Sasana Krida
  • Auditorium

Lulusan AAU akan menjadi TNI AU dengan posisi menjadi penerbang, teknisi, tenaga kesehatan bahkan keamanan. Jadi sudah jelas bukan penjelasan mengenai sekolah kedinasan AAU? Mau punya persiapan maksimal untuk jadi Karbol AAU? Bimbel kedinasan Indonesia College sangat recommended untuk jadi pilihan kamu. Kamu akan dapat materi lengkap mirip aslinya, dan try out progresif mirip aslinya. Dapatkan informasi selengkapnya di sini yuk.

Indonesia College menyediakan layanan bimbingan belajar untuk kamu yang ingin lolos seleksi Kedinasan. Tersedia bimbingan belajar khusus kedinasan seperti: IPDNPOLTEKIMPOLTEKIPPKN STANSTIN,  POLSTAT STISSTMKGPOLTEK SSN, serta AKPOL & AKMIL.

Dapatkan informasi terkini kuliah kedinasan di blog bimbel-kedinasan.com. Cek juga laman lainnya milik kami di indonesiacollege.co.idindonesia-college.com dan bimbelkedokteran.id – Indonesia College sudah berpengalaman sejak tahun 1993.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *